Daftar Nama & Alamat Perusahaan Penipuan Lowongan Kerja Palsu

alamat lowongan kerja penipuan
Image from iStock

Akhir-akhir ini mulai banyak berkembang informasi lowongan kerja yang dibagikan melalui email, situs cari kerja, atau WhatsApp langsung dari pihak perusahaan. Sayangnya ada pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan nama, email, nomor telepon, dan alamat perusahaan penipuan untuk mendapatkan uang dari pelamar kerja. 

Kamu sebagai jobseeker harus tetap waspada, ya. Salah satu cara untuk mencegah kamu menjadi korban adalah dengan mengenali daftar nama, nomor telepon, email, hingga alamat perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja. Cek informasi lengkapnya pada artikel berikut!

Table of Contents

Ciri Penipuan Lowongan Kerja

Buat Sobat Cakap yang saat ini sedang menjadi jobseeker, kamu harus lebih hati-hati dan pahami ciri-ciri lowongan penipuan sebagai berikut: 

1. Adanya pungutan biaya

Penipuan lowongan kerja akan meminta sejumlah uang untuk ditransfer sebelum proses hiring dilanjutkan. Biasanya, mereka akan menggunakan alasan bahwa dana dibutuhkan untuk biaya administrasi, uang muka, psikotes, pelatihan, dan seminar. 

Bahkan banyak alasan-alasan lain yang tidak relevan dengan proses perekrutan kerja. Jika kamu menemukan perusahaan seperti ini, kemungkinan besar lowongan yang mereka sebarkan adalah penipuan. 

2. Identitas perusahaan yang tidak jelas

Cari tahu dengan teliti di bidang apa perusahaan tersebut berjalan, alamat kantor serta nomor telepon kantor. Informasi tersebut bisa kamu cari di internet dengan mudah. Pastikan untuk melihat laman review yang ada, informasi tersebut juga bisa jadi faktor pendukung apakah perusahaan itu fiktif atau tidak. 

Jangan lupa untuk mengecek alamat email yang tertera. Jika perusahaan menggunakan domain email gratis seperti gmail/yahoo/hotmail.com, kemungkinan besar perusahaan itu fiktif. Perusahaan resmi biasanya akan menggunakan domain email yang resmi. 

3. Secara langsung meminta data pribadi

Kamu perlu waspada jika perusahaan langsung meminta data pribadi kamu seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga, fotokopi ijazah, NPWP, atau transkrip nilai saat masih di tengah proses rekrutmen atau bahkan sebelum wawancara. 

Berkas-berkas penting yang kamu miliki baru bisa diberikan ke perusahaan setidaknya setelah melewati tahap wawancara. Jika belum wawancara saja kamu sudah dimintai data macam-macam, besar kemungkinan bahwa kamu ditipu! 

4. Tawaran gaji dan deskripsi pekerjaan tidak logis

Lowongan pekerjaan penipuan biasanya memberikan informasi lowongan dan kualifikasi pekerjaan yang terlalu umum. Informasi yang biasanya mereka berikan lebih berfokus terhadap keuntungan yang akan jobseeker dapatkan. 

Perusahaan akan secara gamblang menawarkan gaji yang fantastis untuk kualifikasi pekerjaan yang terlalu mudah. Hal itu tentu menggiurkan bukan? Jadi pastikan untuk menghindari lowongan pekerjaan semacam ini karena tawaran gaji biasanya akan diberitahu saat sesi wawancara. 

5. Informasi lowongan tidak jelas

Perhatikan brosur atau informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan dengan seksama! Jika terdapat banyak typo, bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan EYD, informasi yang disampaikan tidak punya poin yang jelas, maka kemungkinan besar informasi tersebut adalah lowongan kerja penipuan. 

Usahakan untuk mencari lowongan pekerjaan di platform yang kredibel untuk meminimalisir penipuan, Sobat Cakap! Jadi perhatikan juga dari mana informasi lowongan kerja kamu dapatkan. 

6. Menggunakan alamat palsu

Jika kamu mendapatkan panggilan wawancara langsung ke perusahaan, biasakan untuk selalu memastikannya lagi sebelum kamu berangkat ke lokasi, ya! Kamu bisa menggunakan Google Maps untuk memastikan kebenaran alamat yang sudah diberikan. 

Banyak modus penipuan lowongan pekerjaan yang mencantumkan alamat perusahaan lain atau bahkan alamat yang palsu. Jadi kamu harus waspada ya, Sobat Cakap! 

ciri-ciri-lowongan-kerja-penipuan
Image by nakaridore on Freepik

Daftar Alamat Perusahaan Penipuan Lowongan Kerja

Setelah memahami ciri-ciri perusahaan yang terindikasi penipuan, kamu juga harus tahu beberapa alamat-alamat palsu yang seringkali digunakan untuk melaksanakan modus penipuan. Simak sebagai berikut: 

  1. Grand Wisata Marketplace Pintu timur Blok PR5 no:21 Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. (Depan KFC Grand Wisata).
  2. Jl. Baru Cakung, Kelurahan Bintara, Bekasi Barat.
  3. Jl. Bukit Duri no:29A/30A, Tebet, Jakarta Selatan.
    (Dari stasiun Tebet naik angkot 03 & dari terminal Kampung Melayu naik kopaja 61).
  4. Jl. Ciledug Raya no:88A Rt.008/Rw.11 Cipulir, Jakarta Selatan.
    (Perkantoran no:88A dan di bawah fly over halte busway Seskoal).
  5. Jl. Ciputat Raya no:6 / 7 / 8 / 9 (Nomor kadang berubah), Rt.003/Rw.02 Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. (Samping Prima Ahas Motor).
  6. Jl. Cut Mutia no:56/57, Margahayu, Bekasi Timur. (Perempatan lampu merah Rawa Semut dan samping PO. ALS).
  7. Jl. Cut Mutia, Bekasi Timur, Perkantoran Bekasi Town Square [BETOS] Blok G 10.
  8. Jl. Daan Mogot KM 1 no:1, Jelambar, Jakarta Barat. (Seberang RS.Royal Taruma Jelambar dan belakang Indomaret).
  9. Jl. Daan Mogot, Ruko Green, Mansion Blok B no:3 Grogol, Jakarta Barat. (Di bawah jembatan layang / fly over Pesing dan samping dealer Honda).
  10. Jl. Dermaga Raya no:116, Duren Sawit, Jakarta Timur. (Seberang busana Galunggung)
  11. Jl. Jatinegara Barat 1, Gang Banten no:133A / 134 / 135 / 136 (Nomor kadang berubah) Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur.
    (Seberang Aca Syariah, depan Bank Danamon dan dekat halte sekolah Santa Maria).
  12. Jl. Jenderal Ahmad Yani, Perkantoran Mutiara Bekasi Center, Blok C no:2 Kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan. (Belakang kantor Jasa Raharja Bekasi Kota).
  13. Jl. Jenderal Sudirman, Blok C no:17 Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Bekasi. (Komplek Perkantoran Grand Mall Bekasi dan posisi kantor depan pintu timur Grand Mall Bekasi).
  14. Jl. KH. Hasyim Ashari no:17, Rt.017/Rw.08 Kelurahan Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. (Posisi kantor samping Panin Bank).
  15. Jl. Kyai Caringin no:2B atau terkadang pakai nomor 2-10, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Seberang RS. Tarakan dan samping Bank Capital)
  16. Jl. Letjend Suprapto no:30 F/G, Rt.007/Rw.02, Harapan Mulya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Samping Bank BCA Kcp Cempaka Putih dan Spbu Pertamina Galur).
  17. Jl. Letjend Suprapto no:60/61, Rt.008/Rw.03 Blok A – J, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Samping hotel D’Arcici dan belakang Bank Mega).
  18. Jl. Madrasah 11 no:1.A, Duren Sawit, Jakarta Timur.
  19. Jl. Minang Kabau Barat Rt.002/Rw.10 Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta. (Samping MSA Kargo Minang Kabau).
  20. Jl. Pariaman Dalam no:1A Rt.002/Rw.10 Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta. (Samping MSA Kargo Minang Kabau).
  21. Jl. Raden Inten no:150 atau terkadang memakai nomor lain mulai 100-150, Duren Sawit, Jakarta Timur. (Seberang pom bensin dan samping kantor PPAT Notaris).
  22. Jl. Raya Bekasi KM.19, Blok i no:30 Perkantoran [PTC] Kawasan EJIEP, Pulo Gadung, Jakarta Timur. (Depan kawasan Jiep dan sebelah Bank Capital).
  23. Jl. Raya Bekasi KM.21, Kawasan Pulo Gadung Trade Center (PTC) Di samping Kawasan EJIEP Blok A no:28, Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. (Di samping PT.IMECON ANUGERAH PERKASA).
  24. Jl. Raya Mimosa IX / Siaga Swadaya no:4A/4C, Jakarta Selatan. (Seberang / depan RS.JMC – Rumah Sakit Jakarta Medical Center, samping sate Tegal dan samping kantor Travel Umroh).
  25. Jl. Raya Pekayon no:17, Kp.Poncol, Jaka Setia, Bekasi Selatan.
  26. Jl. Raya Pondok Gede no:18M, Rt.001/Rw.08 Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. (Di Samping Apotik Danson).
  27. Jl. Rusli Hakim no:1A/1C, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Gedung Pena Tour, Samping Duo Fitnes dan belakang Alfamart).
  28. Jl. Suryopranoto No:85A (nomor rumah yang sering dipakai biasanya 82/83/84/86) Petojo Selatan, Harmoni, Jakarta Pusat (Samping Bank Panin dan samping Panorama World)
  29. Jl. Taman Harapan Indah HO1 no:62 Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi.
  30. Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Bintara, Bekasi Barat. (Perkantoran Grand Prima Bintara no:30).
  31. Jl. Warung Buncit Raya / Jl. Warung Jati Barat no:4A/4C, Jakarta Selatan. (Seberang / depan RS.JMC – Rumah Sakit Jakarta Medical Center, samping sate Tegal dan samping kantor Travel Umroh).
  32. KARAWACI OFFICE PARK Blok H no 32 LIPPO KARAWACI, TANGERANG
  33. Komplek perkantoran GRAND GALAXY, Jl. Rose Garden 3 No. 83, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia – 17147
  34. Pasar Modern Bekasi Town Square [BETOS], Blok D no:12 Margahayu, Bekasi Timur.
  35. RT001/RW09 No:25, Cipinang Besar Utara, Rawa Bunga, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur (Di bawah fly over Kampung Melayu dan sebelah Graha Tanjung Bunga Internasional)
  36. Rukan Puri Botanical Junction Blok H Rt.007/Rw.01 no:3 Joglo, Kec.Kembangan, Jakarta Barat. (Di samping PT. DIMAS KARGO INDONESIA).
  37. Jl. Lotus Garden Grand Galaxy R38 (Area Perkantoran) Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi (Samping SPBU BP-AKR grand galaxy)

Cari Lowongan Kerja dari Perusahaan Terpercaya di CareerHub Cakap!

Daftar Nama Perusahaan Terindikasi Penipu Lowongan Kerja

Di bawah ini adalah nama-nama perusahaan yang terindikasi penipuan. Sebagai catatan, ada beberapa perusahaan yang adalah perusahaan resmi dan legal tetapi namanya sering digunakan untuk modus penipuan. Jadi, tetap waspada ya, Sobat Cakap!

  1. Aset Profit
  2. Best Link
  3. Bisnis Cermat Anda
  4. BJ City
  5. CV Kebun Mas Indonesia
  6. One More International
  7. PT Amitex Karya Utama
  8. PT Artha Group Surabaya
  9. PT Artha Sarana Technology
  10. PT Asia Mitra
  11. PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST)
  12. PT Cakra Pelita Investa
  13. PT Circle Indo Tama
  14. PT Cyber Futures
  15. PT East Cape Mining Corporation (ECMC)
  16. PT Eka Pioneer Assetindo
  17. PT Exist Assetindo
  18. PT Globalindo Sarana Perkasa
  19. PT Global Semesta Mandiri
  20. PT Glory Golden Indonesia
  21. PT Golden Bird (Index Golden Bird)
  22. PT Golden Traders Indonesia Syariah
  23. PT Gracia Invexindo
  24. PT High Tech Center
  25. PT Indoboclub
  26. PT Indoglobal Samrey International
  27. PT Inti Global Wijaya
  28. PT Inti Tama Karsa
  29. PT Investasi Mandiri
  30. PT Jabontara Kencana Manufacturing
  31. PT Legion Artha Mulia
  32. PT Marsa Indo
  33. PT Melia Sehat Sejahtera
  34. PT Mitra Alfa Sukses
  35. PT Mitra Company
  36. PT Mitrama Indo
  37. PT Mitra Utama Global
  38. PT Multi Strada Development
  39. PT Otoparts Group Indonesia
  40. PT Pansiga
  41. PT Personal Development
  42. PT Personal Pratama
  43. PT Republik Indonesia Finance
  44. PT Rifan Financindo Berjangka
  45. PT Shanrip Group Tangerang
  46. PT Simbiotik Multitalenta Indonesia
  47. PT Solid Gold Berjangka
  48. PT Tramalindo
  49. PT Trinanda Bayo Perkasa
  50. PT Utama International

Daftar Nomor Telepon Perusahaan Terindikasi Penipuan

Beberapa oknum penipuan lowongan pekerjaan juga mencari sasaran lewat panggilan telepon. Nah, jika Sobat Cakap mendapatkan panggilan masuk dari nomor-nomor telepon di bawah ini, tetaplah waspada dan lebih baik tidak perlu diangkat. 

  1. Airlines Tadika Putri: 087755064331
  2. Asahindo Logistik: 085691735770
  3. Fimel Collection: 081311624402
  4. Kantor Jasa Keuangan Medan: 081268529290
  5. PT Fortis Tissue: 081219642883
  6. PT Indophone Manufacturing: 081398890539
  7. PT Sansan Saudaratex Jaya: 081388641658
  8. PT Wahana Jaya Prima: 083167063583

Daftar Alamat Email Perusahaan Terindikasi Penipuan

Selain alamat perusahaan, kamu juga harus waspada jika menerima kiriman email dari alamat email berikut: 

  1. [email protected]
  2. [email protected]
  3. [email protected]
  4. [email protected]
  5. [email protected]
  6. [email protected]
  7. [email protected]
  8. [email protected]
  9. [email protected]
  10. [email protected]
  11. [email protected]
  12. [email protected]
  13. [email protected]

Mari Lebih Bijak saat Melamar Kerja

Daftar di atas merupakan alamat, nomor telepon, nama perusahaan, dan email perusahaan yang seringkali digunakan untuk menipu seseorang berkedok adanya lowongan pekerjaan. Selain itu, modus terbaru yaitu menggunakan nama perusahaan tertentu tanpa sepengetahuan perusahaan terkait tentang adanya lowongan kerja tersebut. 

Oknum menggunakan nama perusahaan, website, dan mengatasnamakan perusahaan dengan menawarkan lowongan kerja palsu. Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa melakukan double checking ke akun media sosial atau menanyakan secara langsung ke kontak resmi perusahaan tersebut sebelum mengiyakan lowongan kerja yang ditawarkan. 

Kamu sudah memahami apa saja ciri-ciri perusahaan, daftar alamat, alamat email, nomor telepon nama perusahaan yang terindikasi penipuan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah kewaspadaan Sobat Cakap yang saat ini sedang mencari pekerjaan.

Perlu diingat untuk selalu teliti dan cek ulang informasi-informasi apa saja yang sudah kita dapatkan. Selalu pastikan kebenaran informasi sebelum mengambil tindakan ya, Sobat Cakap. Di tengah kemajuan teknologi, kita juga perlu meningkatkan kewaspadaan supaya tidak terjebak dan tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nah, buat Sobat Cakap yang ingin mencari pekerjaan dan mempercantik CV kamu, bisa banget ikutan pelatihan online bersertifikat di Cakap! Banyak banget yang bisa kamu pilih, lho! Yuk segera daftarkan diri kamu, karena #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup