5 Tips Mengembangkan Skill Agar Kamu Bisa Sukses

tips mengembangkan skill

Ingin mahir sesuatu? Salah satu caranya adalah dengan belajar, bukan? Karena dengan itu, kamu akan mencapai apa yang diinginkan. Misalnya pekerjaan idaman di masa depan. Mengembangkan kemampuan menjadi kunci agar bisa mahir atau ahli di satu bidang. Tapi apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kita?

Salah satu tips yang sering disebut-sebut orang adalah sering berlatih dan melakukannya secara terus-menerus. Misalnya, jika kamu ingin jadi penulis, usahakan untuk menulis setiap hari. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk mencari ide sebagai bahan tulisan dan membuat skill menulismu bertambah.

Namun, apa hanya itu saja caranya? Tentu masih banyak! Simak yuk tips mengembangkan skill dari Cakap berikut ini.

Kepo itu gak masalah!

Kepo demi mengembangkan skill itu sangat bagus! Semakin besar rasa ingin tahu, semakin kamu rajin untuk mengulik kemampuan dirimu. Melakukan sesuatu sesuai dengan rasa penasaran akan membuatmu semakin enjoy dalam proses belajar. Ditambah lagi, kamu tidak akan cepat bosan lho.

Perbanyak referensi seputar skill

Sering-seringlah baca artikel, mendengarkan podcast, atau nonton film yang berhubungan dengan kemampuanmu! Hal ini bisa menambah pengetahuan. Misalnya, kamu ingin makin mahir memasak. Bacalah tulisan tentang tips memasak dengan kreatif, cara memasak sesuatu yang unik, ataupun menonton film tentang dunia kuliner. Siapa tahu bisa bantu kamu jadi makin semangat belajar!

Gabung komunitas atau jadi volunteer

Manfaatkan teknologi untuk bergabung ke dalam klub atau komunitas yang berkaitan dengan skill yang ingin kamu kembangkan. Selain menambah teman baru, kamu bisa bertukar pengetahuan ketika sedang berkumpul dengan mereka. Orang dengan hobi yang sama denganmu besar kemungkinan akan membuat pikiranmu fresh!

Selain itu, coba cari event yang membutuhkan relawan yang sesuai dengan skill-mu. Bagi kamu yang suka bermusik, jadilah relawan untuk event musik! Kamu bisa mendapat pengetahuan seputar musik sembari mengembangkan skill di tengah lingkungan yang juga pecinta musik lho.

Cari motivator

Punya idola atau role model? That’s awesome! Misalnya, kamu ingin jadi pemain film. Pastinya kamu punya idola yang membuat kamu ingin jadi seperti dia, atau mengikuti jejaknya kan? Hal itu tentu bermanfaat karena dengan mempunyai idola, kamu akan semakin tergerak untuk meningkatkan kemampuan yang kamu punya.

Belajar dengan mentor

Tips yang satu ini juga tak kalah penting. Setelah mulai dari diri sendiri seperti dengan menumbuhkan rasa penasaran hingga punya idola, saatnya mencari mentor atau orang yang dapat membantumu secara langsung. Dengan ini, kamu akan berkesempatan untuk mengasah skill melalui pengetahuan mentor yang lebih berpengalaman. Belajarlah dari ahlinya!

Daftar Kartu Prakerja

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill kamu adalah dengan mengikuti program Kartu Prakerja yang telah resmi ada di Indonesia dan akan segera dibuka pada minggu kedua April. Kartu Prakerja memberi kesempatan lebar untuk kamu para pencari kerja mengikuti berbagai pelatihan dan mempersiapkan diri di dunia kerja nantinya.

Nah, skill bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang paling dicari perusahaan nih! Makanya, yuk gali lebih dalam potensi dirimu dengan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Jadi tunggu apalagi, segera daftar kartu prakerja dan ambil manfaatnya dengan kursus online bahasa inggris di cakap.

Cakap Kartu Prakerja

Karena lewat Cakap, kamu akan belajar bersama pengajar profesional dengan metode dua arah. Join Cakap, kemampuan bahasamu bakalan makin awesome lho!

Bisa Inggris, kerja optimis!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google