4 Manfaat Kartu Prakerja untuk Generasi Muda

manfaat kartu prakerja
kartu prakerja punya manfaat besar untuk anak muda

Program Kartu Prakerja telah diluncurkan pada bulan April tahun 2020. Dengan diluncurkannya program ini, pemerintah berharap sebanyak 2 juta orang dapat merasakan manfaat Kartu Prakerja.

Target utama Kartu Prakerja adalah para pencari kerja dengan prioritas untuk pengangguran muda, UMKM, serta pekerja profesional lain yang terdampak pandemi. 

Tentunya, ada banyak keuntungan dari terealisasikannya Kartu Prakerja, khususnya untuk anak muda nih. Apa saja ya kira-kira manfaat Kartu Prakerja?

4 Manfaat Kartu Prakerja

Bye-Bye Pengangguran!

Kamu pasti sudah tahu bukan apa itu Kartu Prakerja? Salah satu tujuan dan fungsi Kartu Prakerja tak lain adalah untuk mengurangi angka pengangguran! Angka pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak 7 juta orang lebih per 2019 akhir. Maka dari itu, target pemerintah mulai 2020 adalah untuk menekan angka tersebut. Jadi, walaupun belum mendapatkan pekerjaan kamu tetap bisa terus mengasah kemampuan, mendapatkan skill baru yang relevan dengan karier yang kamu inginkan maupun kebutuhan industri, serta meningkatkan kompetensi diri! Manfaat Kartu Prakerja yang satu ini sangat membantumu untuk menemukan kegiatan baru yang lebih produktif, bukan?

Bebas Pilih Pelatihan

Manfaat Kartu Prakerja yang bisa membantumu menemukan banyak hal dan pengalaman baru adalah ‘pelatihan’. Kamu punya kesempatan untuk memilih jenis pelatihan Prakerja yang kamu mau secara bebas. Selain online dan offline, ada juga pilihan three in one seperti pelatihan, sertifikasi, serta penempatan kerja di bidang yang kamu kuasai juga bisa jadi pilihan. Namun, karena saat ini sedang mewabah COVID-19, ada baiknya mengikuti pelatihan secara online.

Dapat Uang Saku!

Salah satu manfaat Kartu Prakerja yang bisa kamu rasakan adalah mendapatkan uang saku. Pemerintah akan memberimu tunjangan sebagai modal sekaligus gaji kerja lho. Uang saku akan kamu terima berupa bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan pasca pelatihan. 

Jadi kamu gak perlu pusing memikirkan biaya pelatihan. Ditambah lagi, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari seperti transportasi ataupun pangan. Jadi semakin minat untuk daftar dan mengembangkan skill nih!

Upskilling dan Re-skilling

Ini dia manfaat Kartu Prakerja yang paling penting, yaitu mengembangkan dan menambah skill. Untuk kamu yang baru ingin memasuki dunia kerja, masih mencari skill, dan belum menemukan pekerjaan yang tepat, kamu akan dapat keuntungan skilling. Artinya, kamu akan berlatih untuk mendapatkan skill yang bisa diimplementasikan di bidang pekerjaan yang tersedia. 

Selain itu, Kartu Prakerja juga terbuka untuk kamu yang sudah kerja seperti karyawan, buruh, atau pegawai dan pekerja yang di-PHK atau belum mendapat pekerjaan dalam waktu lama. Karena adanya dinamika pekerjaan sesuai zaman, tentunya skill juga harus bisa beradaptasi dengan ini. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan fungsi Kartu Prakerja untuk menambah dan mengembangkan upskilling dan re-skilling yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, khususnya di tahun ini.
Berbagai pelatihan tentang skill juga bisa kamu dapatkan melalui Cakap Prakerja, loh! 

Salah satu skill yang wajib kamu kuasai yaitu berbahasa asing. Dunia kerja semakin kompetitif. Maka itu, kamu harus bisa terus memperlengkapi dirimu dengan berbagai skill, salah satunya kemampuan berbahasa asing. 

Kalau jago bahasa asing, peluang pekerjaanmu akan semakin luas. Tunggu apa lagi? Yuk daftar Kartu Prakerja, latih bahasa Inggrismu, dan raih karier impianmu bersama Cakap!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.