4 Manfaat Kartu Prakerja untuk Generasi Muda

manfaat kartu prakerja

Sudah resmi! Pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka pada minggu kedua April. Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 20 triliun demi menunjang pelatihan kompetensi masing-masing individu. Dengan peresmian tersebut, diharapkan sebanyak 2 juta orang dapat merasakan manfaat Kartu Pra Kerja secara langsung.

Target utama diterbitkan Kartu Prakerja adalah untuk para pencari kerja dengan prioritas untuk pengangguran muda. Mereka yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah atau berkuliah bisa ikut mendaftar. Lulusan SMA/SMK dan perguruan tinggi pun menjadi target yang dikhususkan untuk mengenalkan bibit baru terhadap dunia kerja dan pelatihan skill sebagai persiapannya.

Tentunya, ada banyak keuntungan dari terealisasikannya Kartu Prakerja, khususnya untuk anak muda nih. Apa saja ya?

Bye-bye pengangguran!

Salah satu tujuan dari Kartu Prakerja tak lain adalah untuk mengurangi angka pengangguran! Angka pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak 7 juta orang lebih per 2019 akhir. Maka dari itu, target pemerintah mulai 2020 adalah untuk menekan angka tersebut. Jadi, walaupun belum mendapatkan pekerjaan kamu tetap bisa terus mengasah kemampuan, mendapatkan skill baru yang relevan dengan karier yang kamu inginkan maupun kebutuhan industri, serta meningkatkan kompetensi diri!

Bebas pilih pelatihan

Kamu punya kesempatan untuk memilih jenis pelatihan yang kamu mau secara bebas. Selain online dan offline, ada juga pilihan three in one seperti pelatihan, sertifikasi, serta penempatan kerja di bidang yang kamu kuasai juga bisa jadi pilihan. Namun, karena saat ini sedang mewabah COVID-19, ada baiknya mengikuti pelatihan secara online

Dapat uang saku!

Pemerintah akan kasih kamu tunjangan sebagai modal sekaligus gaji kerja lho. Uang saku akan kamu terima berupa bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan pasca pelatihan. 

Jadi kamu gak perlu pusing memikirkan biaya pelatihan. Ditambah lagi, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari seperti transportasi ataupun pangan. Jadi semakin minat untuk daftar dan mengembangkan skill nih!

Upskilling dan re-skilling

Ini dia manfaat yang paling penting, yaitu mengembangkan dan menambah skill. Untuk kamu yang baru ingin memasuki dunia kerja, masih mencari skill, dan belum menemukan pekerjaan yang tepat, kamu akan dapat keuntungan skilling. Artinya, kamu akan berlatih untuk mendapatkan skill yang bisa diimplementasikan di bidang pekerjaan yang tersedia. 

Selain itu, Kartu Prakerja juga terbuka untuk kamu yang sudah kerja seperti karyawan, buruh, atau pegawai dan pekerja yang di-PHK atau belum mendapat pekerjaan dalam waktu lama. Karena adanya dinamika pekerjaan sesuai zaman, tentunya skill juga harus bisa beradaptasi dengan ini. Maka dari itu, kamu bisa upskilling dan re-skilling mengembangkan skill maupun belajar skill baru yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan, khususnya di tahun ini.

Salah satu skill yang wajib kamu kuasai yaitu berbahasa asing. Dunia kerja semakin kompetitif. Maka itu, kamu harus bisa terus memperlengkapi dirimu dengan berbagai skill, salah satunya kemampuan berbahasa asing. 

Kalau jago bahasa asing, peluang pekerjaanmu akan semakin luas. Tunggu apa lagi? Yuk daftar Kartu Prakerja, latih bahasa Inggrismu, dan raih karier impianmu bersama Cakap!

Baca juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google