Yes No Question: Pengertian, Rumus, dan Contoh Lengkapnya

Orang Menulis di depan Laptop

Yes no question? Bagi kamu yang sudah memahami dengan detail seputar interrogative sentence, pasti ada sedikit gambaran tentang yes no question. Mengapa demikian? Karena yes no question ini termasuk ke dalam jenis interrogative sentence.

Mari kembali me-refresh dan menengok ke belakang, pernahkah kamu menemukan kalimat yes no question di kehidupan sehari-hari? Lalu, mungkinkah jawaban “pasti” yang kamu berikan sudah tepat?  Yuk, cari tahu selengkapnya tentang yes no question dan jawaban pasti seperti apa yang harus kamu pilih lewat artikel berikut!

Apa Itu Yes No Question

yes no question
Photo from Pixabay

Sesuai dengan namanya, yes no question ini merupakan kalimat tanya dengan jawaban yang sangat dikerucutkan menjadi sebuah jawaban pasti, hanya ada “yes” atau “no” saja. Sederhananya, jika kamu dihadapkan dengan sebuah pertanyaan yang jawabannya hanya “ya” atau “tidak” maka jenis kalimat tanya itulah yang dimaksud dengan yes no question.

Jika dilihat sepintas dari pengertiannya, sepertinya mudah ya belajar tentang yes no question. Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa hal yang harus kamu tahu, yakni tentang bagaimana menyusun kalimat yes no question dan bagaimana memberikan respons yang tepat terhadap pertanyaan tersebut. Untuk itu, kamu bisa belajar memahami rumus dan contoh kalimatnya.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Rumus Kalimat Yes No Question

yes no question
Photo from Freepik

Setelah mengetahui pengertian yes no question, maka hal selanjutnya yang mesti kamu tahu adalah rumus. Bagaimana sih cara menyusun sebuah kalimat yes no question? Ada dua rumus yang bisa digunakan untuk menyusun kalimat yes no question, yaitu:

Pada dasarnya, pola rumus yang tidak boleh dilewatkan adalah Verb (auxiliary/modal verb) + Subject.

Tingkatkan Peluang Kuliah di Eropa dengan Kursus Bahasa Inggris di Cakap

Contoh Kalimat Yes No Question

yes no question
Photo from Pixabay

Di sini akan disediakan dua jenis contoh berdasarkan rumus yang berbeda, yaitu contoh yes no question menggunakan rumus auxiliary verb dan contoh kalimat yes no question menggunakan rumus modal verb.

Contoh kalimat yes no question (auxiliary verb)

  • Do you like ice cream? (Apakah kamu suka es krim)?
  • Have you gone to bed? (Apakah kamu sudah tidur)?
  • Isn’t that Yuna’s phone? (Bukankah itu ponsel Yuna)?
  • Do you still love her? (Apakah kamu masih mencintainya)?
  • Did they study Philosophy? (Apakah dia belajar Filsafat)?

Contoh kalimat yes no question (modal verb)

  • May I bring this apple? (Bolehkah saya membawa apel ini)?
  • Can we move to Bali? (Bisakah kita pindah ke Bali)?
  • Should we buy this book ? (Haruskah kita membeli buku ini)?
  • Can you take my bag? (Bisakah kamu mengambil tasku)?
  • Will Rama come to school? (Apakah Rama datang ke sekolah)?

Itu dia pengertian, rumus, dan contoh kalimat yes no question. Jika kamu mendapatkan kalimat tanya berupa yes no question, kamu bisa merespons jawaban dengan yes/no atau bisa juga memberikan keterangan tambahan pada jawaban yang akan kamu berikan.

Materi tentang interrogative sentence dan jenisnya udah, enaknya belajar materi apa lagi, ya? Buat kamu yang penasaran dan ingin belajar materi bahasa Inggris yang lebih lengkap lagi, Cakap adalah tempat belajar yang tepat! Yuk, segera bergabung dan jadi bagian dari kursus bahasa Inggris online di Cakap! Akan ada banyak materi baru dan pengalaman belajar yang seru hanya di Cakap.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat