Whiteboard: Fitur Belajar Interaktif di Platform Cakap

whiteboard-cakap

Papan tulis atau whiteboard adalah salah satu alat yang kerap digunakan dalam pembelajaran yang interaktif di kelas. Papan tulis memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam pembelajaran yang sedang berlangsung dengan bisa ikut “mencoret-coret”. 

Faktanya, mencoret-coret ternyata dapat membantu belajar dan juga meningkatkan kreativitas, lho. Nah, pengalaman belajar dan interaktif yang sama sekarang bisa kamu dapatkan di platform belajar online di Cakap, nih. Yuk, kenalan dengan fitur Whiteboard di Cakap! 

Table of Contents

Apa Itu Fitur Whiteboard di Cakap? 

Fitur Whiteboard di platform belajar Cakap adalah fitur yang memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dengan papan tulis dalam kelas tatap muka. Fitur ini memungkinkan kamu untuk lebih terlibat dalam kelas online dan cocok untuk gaya belajar yang aktif dan kreatif. 

Manfaat Menggunakan Fitur Whiteboard di Cakap

Fitur Whiteboard di platform Cakap memiliki berbagai manfaat untuk proses belajar online-mu, yaitu: 

  • Belajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan;
  • Pengalaman belajar bertambah dengan “coretan-coretan” kreatif;
  • Makin mudah memahami pelajaran di kelas dengan coretan tertulis.
  • Tanya jawab akan lebih interaktif dan mudah dipahami karena dapat menggunakan gambar dan tulisan

Fitur Whiteboard Cakap Tersedia di Mana?

Fitur Whiteboard tersedia untuk semua kelas bahasa di Cakap, baik Private maupun Semi Private. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur ini di seluruh platform Cakap yang kamu miliki, baik di aplikasi mobile maupun di website.

Bagaimana Cara Menggunakan Whiteboard di Cakap? 

Setelah Teacher mengaktifkan fitur Whiteboard, kamu bisa langsung menggunakan Whiteboard sesuai dengan kursus yang kamu ambil. Selain itu, Teacher juga bisa menunjukkan gambar atau e-book kepada kamu di halaman Whiteboard yang telah aktif tersebut, lho! 

Ada beberapa tools yang tersedia dalam fitur Whiteboard dan bisa kamu gunakan, yaitu:

tampilan whiteboard cakap

  1. Brush (kuas): untuk membuat garis lurus dan shapes seperti persegi, bulat, segitiga, bintang, hingga chat bubble
  2. Text (tulisan): untuk membuat tulisan dengan cara langsung memilih Tools Text → klik di Whiteboard → ketik kata yang ingin ditulis
  3. Arrow (panah): untuk memberikan tanda pada daerah tertentu di Whiteboard
  4. Pointer (penunjuk): Berwarna merah dan akan terlihat oleh Teacher apabila kamu ingin menunjuk bagian yang ingin disorot.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai fitur Whiteboard di platform belajar bahasa asing secara online di Cakap. Belum pernah cobain fiturnya? Yuk, segera ambil kelas bahasa asing di Cakap dan minta gurumu untuk mengaktifkan fiturnya di dalam kelas! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.