7 Universitas Seni Terbaik di Jepang untuk Kuliah, Simak Yuk!

7-universitas-seni-terbaik-di-jepang

Kamu pasti tidak asing dengan anime, bukan? Animasi yang berasal dari Jepang tersebut sudah terkenal di seluruh belahan dunia. Selain itu, universitas seni di Jepang juga banyak. Sehingga, tak jarang mahasiswa luar negeri sengaja belajar ke Negeri Sakura, terutama yang tertarik dengan animasi.

Tak hanya itu, Jepang juga memiliki kualitas pendidikan yang baik dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung proses belajar. Jika tertarik kuliah di Jepang, melalui artikel ini kamu bisa menemukan informasi tentang universitas seni terbaik di Jepang yang bisa didatangi sebagai tempat belajar.

Berkuliah di Jepang

Berkuliah di luar negeri, termasuk Jepang tentu saja menjadi impian banyak orang. Namun, untuk mencapainya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, bukan berarti tidak mungkin. Nyatanya, sudah banyak orang yang berusaha keras dan mampu untuk menggapai impiannya tersebut.

Jepang sendiri merupakan negara yang menjadi tempat perusahaan teknologi berdiri. Pasti kamu sudah akrab dengan beberapa brand, seperti Canon, Nikon, Mitsubishi, Toyota, dan masih banyak lagi. Di samping itu, Negeri Sakura ini juga memiliki budaya yang kuat.

Apalagi jika kamu adalah penggemar manga dan anime serta ingin mempelajarinya lebih dalam. Maka, kuliah di negara asalnya merupakan pilihan yang tepat. 

Apalagi, tiap tahun mahasiswa internasional yang belajar di Jepang terus meningkat. Sehingga, hal tersebut membuktikan bahwa Jepang adalah negara yang menarik perhatian mahasiswa di berbagai negara.

Pertimbangan Kuliah Seni di Jepang

Memilih Jepang sebagai negara tujuan untuk kuliah tentu bukan tanpa alasan. Sebab, mahasiswa akan mendapatkan berbagai keuntungan jika belajar di sana. Karena itu, tidak mengherankan kenapa jumlah mahasiswa internasional terus bertambah.

Ada yang bilang bahwa, kuliah seni di luar negeri itu mahal. Memang pernyataan tersebut tidak salah, tapi sepenuhnya bisa kamu anggap benar. Sebab, baik pemerintah Jepang maupun pihak universitas menawarkan berbagai beasiswa untuk mahasiswa internasional. Selain itu, biaya hidup di Jepang juga relatif lebih murah daripada negara-negara seperti Amerika Serikat. Belajar seni juga tak akan jauh-jauh dengan yang namanya budaya. Karena Jepang sangat kuat memegang budayanya, kamu juga bisa sekaligus belajar seni di salah satu universitas Jepang.

Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahui Level Bahasa Jepang Kamu!

Universitas Seni Terbaik di Jepang

Untuk memudahkan kamu mencari Universitas seni di Jepang, Cakap sudah siapkan listnya untuk kamu. Berikut ini 7 universitas seni terbaik di Jepang yang bisa kamu jadikan sebagai tempat mencari ilmu seni, yaitu:

1. Tokyo University of Arts

Pertama, Tokyo University of Arts yang terletak di Taito, Tokyo. Sebagai sekolah seni satu-satunya di Jepang, Tokyo University of Arts atau bisa kamu sebut sebagai Geidai telah menghasilkan banyak seniman terbaik. Bahkan, Geidai juga disebut sebagai kampus seni terbaik di dunia.

Jika kamu ingin belajar seni terutama di bidang patung, kerajinan tangan, lukisan, musik, suara, kurasi seni, instrumen tradisional, serta seni global. Maka, kampus ini adalah tujuan yang paling tepat.

Namun, karena ini merupakan kampus bergengsi dan terbaik, Geidai cukup ketat dan selektif saat menerima mahasiswa. Sehingga, apabila kamu tertarik, bersiaplah mulai dari sekarang.

2. Musashino Art University (MAU)

Apabila ingin kuliah seni di Jepang, kamu bisa mempertimbangkan Musashino Art University (MAU). Kampus ini terletak di Kodaira, Tokyo Barat dan menawarkan beberapa jurusan seni.

Beberapa jurusannya, yaitu Painting(Painting, Graphic Arts), Japanese Painting, Interior and Craft Design, Display and Fashion Design, Visual Communication Design, dan masih banyak lagi. Melalui berbagai jurusan seni tersebut, kamu bisa memilihnya sesuai minat dan bakatmu. 

3. Yokohama Design College

Universitas seni di Jepang berikutnya yaitu Yokohama Design College. Menawarkan jurusan desain, manga, fashion, dan bahasa Jepang, kampus ini memiliki fasilitas pendukung dengan gedung yang bagus. 

Selain itu, banyak juga acara budaya yang bisa kamu saksikan di sini. Menariknya, mereka akan menawarkan potongan biaya untuk mahasiswa yang belajar di sana. 

Di samping itu, banyak mahasiswa internasional yang kuliah di Yokohama Design College. Beberapa di antaranya berasal dari Amerika, China, Vietnam, Eropa, dan Indonesia. Artinya, mereka sudah terbiasa menerima mahasiswa internasional. 

4. Kyoto University of Arts and Design

Berikutnya adalah Kyoto University of Arts and Design, merupakan universitas dengan bidang seni yang lengkap. Mulai dari jurusan bidang seni rupa, kontemporer, desain grafis, animasi, manga, film, busana, desain perhiasan, interior, arsitektur, arsitektur lanskap, teater, hingga sastra ada di sini.

Selain itu, Kyoto University of Arts and Design (KUA) juga menawarkan MEXT Scholarship Program, yaitu beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho). Melalui beasiswa ini, mahasiswa akan mendapatkan tunjangan biaya kuliah dan biaya hidup.

Beasiswa MEXT juga merupakan beasiswa yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, tak sedikit mahasiswa Indonesia yang menyiapkan diri agar lolos beasiswa pemerintah Jepang tersebut.

5. Tama Art University

Selanjutnya, universitas seni terbaik di Jepang yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan kuliah adalah Tama Art University. Kampus swasta di Tokyo ini menawarkan berbagai jurusan seni menarik.

Beberapa di antaranya adalah Graphic Design, Painting, Product and Textile Design, Art Studies, Scenography Design, Drama, and Dance, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengerjakan proyek bersama di luar negeri dan berkolaborasi dengan industri maupun akademisi. Tujuannya adalah agar mereka menjadi seniman yang hebat dan mampu memberikan nilai baru kepada masyarakat.

6. Kyoto Seika University

Buat kamu yang ingin belajar animasi dan ingin membuat anime berkualitas tinggi, maka Kyoto Seika University adalah kampus yang tepat. 

Pasalnya, Kyoto dikenal sebagai kota yang memiliki industri anime terbaik. Selain itu, Kyoto juga merupakan tempat berdirinya universitas seni terutama jurusan animasi. Sehingga, kamu bisa belajar langsung di lingkungan yang mendukung. 

Kamu juga berpeluang mendapat pengakuan dari berbagai lembaga animasi terkemuka. Sebab, di Kyoto Seika University mahasiswa wajib membuat anime sebagai tugas akhir.

7. Osaka University of Arts

Selain Kyoto Seika University, masih ada universitas seni di Jepang yang menawarkan jurusan animasi terbaik yaitu Osaka University of Arts. 

Tak hanya belajar menjadi animator hebat, tetapi mahasiswa akan mempelajari industri bisnis animasi baik di Jepang hingga animasi skala internasional. Sehingga, kamu akan lebih paham bagaimana struktur bisnis animasi. Di samping itu, Osaka University of Arts memiliki berbagai fasilitas yang luar biasa. 

Seperti dome atau ruangan eksperimental, teater seni, perpustakaan dengan koleksi buku dari berbagai sumber, serta koleksi rekaman video dan musik dengan jumlah lebih dari 9000. Masih ada juga aula seni, museum, bioskop, kantin mahasiswa, studio film, galeri gymnasium, ruang olahraga, dan masih banyak lagi.

Persiapan Kuliah di Jepang Bersama Cakap

Nah, dari ketujuh universitas seni di Jepang tersebut, mana yang menjadi incaranmu? Namun, untuk mendapatkan universitas terbaik kamu tentu harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Sebab, persaingannya pasti akan sangat ketat. 

Apalagi, mahasiswa internasional yang berminat untuk kuliah di Jepang terus meningkat setiap tahunnya. Jika kamu ingin melakukan persiapan kuliah di luar negeri termasuk di Jepang, kamu bisa mempersiapkannya bersama Cakap. Sehingga perjalanan menuju universitas impian semakin lancar dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.