Ingin Lanjut Studi ke Jepang? Ketahui 10 Universitas Terbaik di Jepang

universitas terbaik di jepang

Melanjutkan studi ke luar negeri tentu menjadi mimpi banyak orang, apalagi jika bisa melanjutkan studi di negara maju seperti Jepang. Sudah menjadi rahasia umum jika Jepang memiliki banyak universitas terbaik. 

Meski ujian masuk perguruan tinggi di Jepang terbilang cukup sulit dan ketat, namun itu tidak mengurangi semangat para mahasiswa internasional untuk mengenyam pendidikan di negeri matahari terbit ini.

Kira-kira kenapa ya banyak orang yang ingin melanjutkan studi di Jepang? Apa saja Universitas Terbaik di Jepang? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Lanjut Studi di Jepang

Unggul dalam bidang sains dan teknologinya, tak heran jika negeri bunga sakura ini menjadi salah satu negara yang dituju untuk melanjutkan pendidikan. Selain itu, Jepang juga terkenal dengan kulturnya yang unik sehingga banyak menarik minat mahasiswa internasional untuk belajar di Jepang.

Dalam dunia pendidikan, Jepang termasuk ke dalam destinasi pendidikan terpopuler. Hal ini dikarenakan Jepang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Hal tersebut dibuktikan dengan literacy rate (kesadaran literasi) Negara Jepang yang hampir mencapai 100%. Tak heran jika Jepang menjadi destinasi studi yang cukup populer.

5 Alasan untuk Lanjut Studi di Jepang

Negara Jepang adalah salah satu negara yang maju dan terkenal unggul dalam bidang sains dan teknologinya. Negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Tak heran jika Jepang menjadi salah satu destinasi studi yang memiliki banyak peminat dari berbagai negara. Selain karena sistem pendidikannya yang unggul, berikut ini beberapa alasan untuk lanjut studi di Jepang

  • Memiliki Banyak Universitas Berkualitas

Jepang sebagai salah satu negara maju dengan sistem pendidikan yang sudah maju tentunya banyak memiliki universitas berkualitas dengan berbagai macam bidang studi, khususnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tak heran jika Jepang menjadi destinasi studi yang banyak diincar oleh mahasiswa asing.

  • Memiliki Program Studi Internasional

Melalui program ‘300.000 International Students Plan’ yang dicanangkan oleh Pemerintah Jepang pada tahun 2008, Jepang membuka kesempatan yang lebar bagi para mahasiswa asing untuk menimba ilmu di negeri sakura ini. Bahkan Jepang terus mengembangkan kurikulum program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa internasional.

  • Memiliki Banyak Program Beasiswa

Tak hanya program studi internasional yang besar, Jepang juga memberikan kemudahan bagi mahasiswa Internasional untuk mengenyam pendidikan di Jepang melalui program beasiswa. Salah satu beasiswa yang populer adalah beasiswa monbukagakusho atau MEXT dan Japan Student Services Organization (JASSO).

  • Kesempatan Kerja yang Tinggi

Usaha pemerintah Jepang tidak hanya sebatas menarik mahasiswa asing untuk mengenyam pendidikan di Jepang. Para mahasiswa internasional ini juga menjadi buruan perusahaan di Jepang untuk dipekerjakan. Hal ini diperkuat dengan kebijakan khusus Pemerintah Jepang untuk mahasiswa internasional yakni adanya lowongan kerja dan magang khusus mahasiswa internasional.

  • Budaya dan Kultur yang Unik

Alasan terakhir Jepang dijadikan sebagai destinasi studi adalah karena Jepang memiliki kultur dan budaya yang unik. Salah satu kultur dan budaya yang menonjol di Jepang adalah tentang kedisiplinan dan keteraturan. Kultur ini tentunya membuat Jepang menjadi salah satu negara paling aman dan teratur. Keteraturan ini membuat kondisi lingkungan kondusif untuk belajar. Tak heran jika banyak mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Jepang.

Belajar Bahasa Jepang Untuk Kuliah jadi Lebih Mudah Dengan Cakap

10 Universitas Terbaik di Jepang

Ingin melanjutkan pendidikan di Jepang? Yuk simak berikut ini ada 10 Universitas Terbaik di Jepang

  • University of Tokyo

Mungkin universitas satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, apalagi kalau bukan University of Tokyo yang merupakan universitas terbaik di Jepang. Almamater yang banyak mencetak para ilmuwan peraih nobel ini juga tercatat sebagai peringkat ke 23 berdasarkan World University Rangkings 2022.

Universitas Tokyo memiliki 10 fakultas dan 5 kampus yang terletak di daerah Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano. Universitas ini terkenal dengan fakultas hukum dan sastranya. Kampus ini telah banyak melahirkan politikus hebat, bahkan 5 mantan Perdana Menteri Jepang juga merupakan alumni dari universitas ini.

  • Kyoto University

Universitas terbaik Jepang selanjutnya adalah Kyoto University yang terletak di pusat Kota Kyoto. Sebagai universitas tertua kedua di Jepang, universitas ini memiliki 10 fakultas dan 17 program pasca sarjana. Sejauh ini, kampus ini sudah meraih 5 penghargaan nobel dalam bidang fisika teori, kimia dan biologi molekuler.

Terkenal sebagai kampus penelitian, Kyoto University memiliki 13 institut riset dan 29 pusat riset dan pendidikan. Tentunya kampus ini sudah banyak melahirkan peneliti – peneliti hebat. Kyoto University juga menempati posisi ke 33 di Worlds University Rangkings 2022.

  • Tokyo Institute of Technology (Tokyo Tech)

Beralih ke universitas terbaik di Jepang nomor 3, yaitu Tokyo Institute of Technology atau lebih dikenal dengan Tokyo Tech. Sesuai dengan namanya, pendidikan tinggi ini berfokus di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Berada di peringkat ke 56 berdasarkan Worlds University Rangkings 2022, Tokyo Institute of Technology diakui sebagai universitas terbaik Jepang khususnya pada bidang ilmu alam dan teknik lapangan.

  • Osaka University

Di posisi keempat ada Osaka University yang berlokasi di Kota Osaka. Universitas satu ini masih termasuk ke dalam 100 peringkat teratas Worlds University Rangkings 2022, tepatnya di peringkat 75. Universitas ini memiliki 8 fakultas dan 11 program pasca sarjana. Unggul di bidang riset dan penelitian, universitas ini sudah banyak melahirkan peneliti ternama contohnya Professor Yoichiro Nambu yang memenangkan hadiah Nobel dalam bidang fisika tahun 2008. Osaka University memiliki 4 kampus yang berlokasi di Suita, Toyonaka, Mino dan Nakanoshima.

  • Tohoku University

Universitas terbaik Jepang selanjutnya adalah Tohoku University yang merupakan peringkat ke 82 berdasarkan Worlds University Rangkings 2022. Terletak di Sendai, Kota Tohoku, universitas negeri ini memiliki 10 fakultas dengan 15 program pasca sarjana. Tohoku University adalah sekolah Kedokteran pertama di Jepang yang mengajarkan ilmu kedokteran barat. Selain banyak mencetak ilmuwan dan dokter, universitas ini juga banyak mencetak politisi. Tohoku University memiliki 5 kampus dengan fasilitas yang terbilang lengkap.

  • Nagoya University

Di peringkat ke 6, ada Nagoya University yang berlokasi di Chikusa-ku, Nagoya. Awalnya, Nagoya University adalah sekolah medis, namun sekarang sudah berkembang menjadi universitas yang fokus terhadap penelitian. Tak kalah dengan universitas lainnya, Nagoya University juga banyak meraih penghargaan Nobel khususnya dalam bidang Fisika dan Kimia. Universitas satu ini juga banyak menerima mahasiswa asing. Bahkan, Nagoya University menempati posisi ketiga sebagai kampus dengan mahasiswa asing terbanyak.

  • Kyushu University

Kyushu University adalah salah satu universitas negeri yang termasuk universitas terbaik di Jepang. Berlokasi di Kota Fukuoka, Kyushu University memiliki 31 fakultas untuk program sarjana dan 17 program pasca sarjana. Fakultas Teknik Mineral dan Tambang adalah fakultas paling populer di universitas ini. Memiliki 3 lembaga penelitian dan 1 rumah sakit universitas, tak heran jika universitas ini mampu bersaing di 150 peringkat teratas Worlds University Rangkings 2022.

  • Hokkaido University

Tak hanya universitas swasta, universitas negeri di Jepang juga tidak kalah populer. Inilah Hokkaido University, universitas negeri Jepang yang terletak di daerah Sapporo, Hokkaido. Awalnya, universitas ini adalah Perguruan Tinggi Pertanian Sapporo. Namun, saat ini universitas ini sudah menjadi universitas populer yang menawarkan 12 fakultas untuk program sarjana dan 19 program pasca sarjana. Pendidikan di universitas ini juga didukung dengan 26 institut/pusat riset. Untuk informasi lainnya, kamu bisa mengunjungi situs Hokkaido University di sini.

  • Keio University

Perguruan Tinggi populer di Jepang selanjutnya adalah Universitas Keio yang terletak di Minato, Tokyo. Keio University merupakan Perguruan Tinggi tertua di Jepang. Selain kampus di Minato, Universitas Keio ini juga memiliki 10 kampus lain yang tersebar di berbagai daerah. Meski universitas swasta, Keio termasuk dalam universitas yang prestisius di Jepang dan bersaing dengan Waseda University. Bahkan Keio menduduki peringkat ke 4 universitas terbaik di dunia.

Keio University menawarkan 10 fakultas untuk program sarjana dan 14 program studi untuk program pasca sarjana. Universitas ini juga banyak mencetak tokoh – tokoh penting masyarakat diantaranya Junichiro Koizumi, Ryutaro Hashimoto dan Inukai Tsuyoshi yang merupakan mantan Perdana Menteri Jepang. Kamu bisa cari tahu tentang Universitas Keio di sini.

  • Waseda University

Waseda University ini adalah salah satu universitas swasta yang prestisius di Jepang. Lokasinya berada di ibukota Jepang yaitu Tokyo, tepatnya di Kota Shinjuku. Dengan motto “Independence of Learning”, Waseda University sudah banyak mencetak lulusan berpengaruh baik di bidang politik, sastra, akademis hingga seni. Bahkan, 7 orang alumni kampus ini pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang. Hebat, kan? Informasi lainnya tentang Waseda University bisa kamu dapatkan di sini.

Belajar Bahasa Jepang di Cakap Untuk Kuliah di Jepang

Itulah ulasan mengenai alasan Jepang dijadikan sebagai destinasi studi dan beberapa perguruan tinggi terbaik di Jepang. Bagaimana? Tertarik lanjut studi di Jepang? Ayo belajar Bahasa Jepang di Cakap dimana ada kelas semi-private hingga private yang dapat kamu ikuti untuk memaksimalkan skill berbahasa jepang kamu untuk persiapan kuliah di jepang.

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat