10 Universitas Islam Terbaik di Dunia Tahun 2022 versi UniRank

universitas islam terbaik di dunia
Image by wayhomestudio on Freepik

Universitas Islam adalah sebuah universitas tempat para mahasiswa mempelajari berbagai disiplin ilmu pengetahuan dengan berlandaskan pada ajaran Islam. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa banyak kaum muslimin yang berlomba untuk masuk ke universitas islam terbaik di dunia. 

Jurusan yang ditawarkan di universitas islam juga berbeda dengan universitas umum, sebab memiliki banyak jurusan yang berfokus mengkaji Islam secara mendalam. Beberapa hal yang membedakan terletak pada istilah perkuliahan yang banyak menggunakan bahasa Arab hingga adanya mata kuliah tambahan yang terkait dengan Islam. 

Sebagai tempat menuntut ilmu, universitas Islam memiliki kualitas yang cukup baik di kancah ilmu pengetahuan dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan tercatatnya berbagai universitas Islam di berbagai lembaga pemeringkatan perguruan tinggi. 

Saat ini universitas Islam tersebar di banyak negara di dunia, terutama di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, termasuk Indonesia. Berdasarkan lembaga pemeringkatan uniRank, berikut daftar 10 universitas Islam terbaik di dunia pada saat ini:

Table of Contents

Shahid Beheshti University of Medical Sciences

Didirikan pada tahun 1960, universitas islam terbaik di dunia selanjutnya terletak di Kota Teheran ini merupakan universitas terbesar kedua di Iran. Shahid Beheshti University of Medical Sciences menawarkan bidang keilmuan yang sangat lengkap terutama yang berkaitan dengan ilmu kedokteran. 

Adapun fasilitas akademik dan non akademik yang ditawarkan antara lain perpustakaan, fasilitas olah raga, serta layanan administrasi. Terdapat juga asrama khusus untuk mahasiswa internasional dan mahasiswa yang sudah menikah. Universitas ini juga memiliki 12 rumah sakit, 5 research institute dan lebih dari 76 research centers.

Umm Al-Qura University

Umm Al-Qura University berlokasi di Makkah, Arab Saudi sehingga menjadikannya sebagai universitas paling bergengsi dalam dunia Islam. Setiap tahunnya ada lebih dari 45.000 calon mahasiswa yang mendaftar di sini dan penerimaannya terbilang ketat, terutama untuk mahasiswa internasional. 

Bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di sini wajib mengikuti kelas Arabic Language for Non Native-Speaker. Apabila lulus barulah yang bersangkutan dapat memilih jurusan yang ingin dipelajari di salah satu universitas islam terbaik di dunia yang satu ini. Siap-siap belajar bahasa Arab dari sekarang, ya! 

Jordan University of Science and Technology

Jordan University of Science and Technology baru didirikan pada tahun 1986 dan terletak di pinggiran Kota Irbid, Yordania. Seleksi penerimaan mahasiswanya didasarkan pada nilai akademik. Tingkat penerimaannya yang tergolong ketat yakni hanya sekitar 30-40% dari 20.000-25.000 pendaftar tiap tahunnya. 

Ada pun Biaya perkuliahan per tahunnya untuk mahasiswa internasional adalah 2.500-5.000 USD untuk program sarjana. Sedangkan untuk program pascasarjana dibutuhkan dana sebesar 10.000-12.500 USD. Apakah kamu tertarik untuk melanjutkan studi di salah satu universitas islam terbaik di dunia yang satu ini?

Isfahan University of Medical Science

Berdiri sejak tahun 1946, Isfahan University of Medical Science merupakan salah satu universitas terbaik di Iran yang berlokasi di kawasan Kota Isfahan. Setiap tahunnya universitas ini diincar oleh 10.000-15.000 orang.

Universitas yang terkenal dalam bidang ilmu kedokterannya ini juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa internasional untuk menuntut ilmu di sini. 

Karadeniz Teknik Universitesi

Terletak di kawasan Kota Trabzon, setiap tahunnya salah satu universitas terbaik di Turki ini diincar oleh sekitar 45.000 calon mahasiswa. Mahasiswa internasional yang berminat berkuliah di sini per tahunnya harus mempersiapkan dana sekitar 1.000-2.500 USD (sarjana) atau 7.500-10.000 USD (pascasarjana).

Proses penerimaan mahasiswa didasarkan pada ujian masuk dengan tingkat penerimaan mencapai 10-20% saja. Fasilitas yang disediakan berupa perpustakaan, fasilitas olahraga, bantuan keuangan dan/atau beasiswa, belajar di luar negeri dan program pertukaran, serta layanan administrasi.

Suleyman Demirel Universitesi 

Universitas yang terletak di Kota Isparta, Turki, membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk menuntut ilmu di sini. Penerimaan mahasiswa dilaksanakan lewat ujian masuk dengan tingkat penerimaan mencapai 80-90% dari 45.000 lebih pendaftar.

Suleyman Demirel Universitesi memiliki 19 fakultas, 20 sekolah kejuruan, 6 institusi, 46 pusat aplikasi dan penelitian, fasilitas olahraga bertaraf olimpik. Universitas terbesar kedua di turki ini juga terkenal dalam bidang Riset Pertanian, Kedokteran, Teknik dan Ilmu Bisnis.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia merupakan salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1945. Universitas yang terletak di Sleman ini tergolong amat selektif dalam menerima mahasiswa dengan tingkat penerimaan mencapai 10-20% dari 6.000-7.000 pendaftar.

Mahasiswa di sini dapat menikmati berbagai fasilitas seperti perpustakaan dan fasilitas olah raga. Selain itu, ada pula layanan akademik seperti belajar di luar negeri dan program pertukaran, hingga pembelajaran jarak jauh. Kualitas pendidikan dan juga pembelajarannya membuat UII menjadi salah satu universitas islam terbaik di dunia. 

University of the Punjab

University of the Punjab merupakan universitas tertua dalam daftar ini yang sudah berdiri sejak tahun 1882. Universitas yang berada di Kota Lahore, Pakistan ini merupakan salah satu universitas yang paling selektif dalam menerima mahasiswa.

Di sini penerimaan mahasiswa didasarkan pada ujian masuk dan nilai akademik. Tingkat penerimaan sangat ketat yakni 10-20% dari 30.000-35.000 pendaftar. Adapun biaya kuliah tahunan bagi mahasiswa internasional adalah 1.000 USD untuk program sarjana dan pascasarjana.

Kuliah di luar negeri mungkin kerap jadi pilihan bagi yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas sekaligus pengalaman tinggal di luar negeri. Pengalaman tersebut tentu saja akan berguna bagi kehidupan dan juga karier di masa mendatang. 

Demikianlah daftar universitas Islam terbaik di dunia 2022 versi uniRank. Apakah Sobat Cakap ada yang berencana untuk melanjutkan studi di salah satu universitas terbaik di dunia di atas? 

Referensi:

  • 4icu.org
  • Umm.ac.id

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap