Cerita Shyver Odelia: Belajar Bahasa Mandarin demi Lanjut Studi

testimonial shyver odelia

Bahasa mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan. Meskipun termasuk bahasa yang cukup menantang untuk dipelajari, menguasai bahasa Mandarin dapat menguntungkan banget, lho! Nah, salah satu Sobat Cakap yaitu Shyver Odelia menyadari hal itu dan memutuskan untuk belajar bahasa Mandarin. Simak ceritanya, yuk!

Table of Contents

Menantang Diri Belajar Bahasa Baru

Shyver mengungkapkan alasannya untuk memulai belajar bahasa Mandarin ke tim Cakap di awal perbincangan. Ia mengungkapkan bahwa alasannya belajar bahasa Mandarin selain untuk melanjut kuliah adalah karena merasa tertantang dengan bahasa Mandarin. 

“Banyak orang yang berpikiran bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit, tapi saat aku liat prospek kedepannya, bahasa Mandarin itu salah satu bahasa yang penting untuk dikuasai,” ungkap Shyver. 

Memang, banyak manfaat yang bisa didapat dari belajar bahasa Mandarin. Sebagai salah satu bahasa dengan penutur yang banyak, tentunya bisa memperluas relasi dan juga kariermu.

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Berencana Kuliah di Tiongkok

Saat memperkenalkan diri ke tim Cakap, Shyver mengungkapkan rencananya untuk melanjutkan studinya di Tiongkok. Shyver mengisi aktivitas sehari-harinya untuk fokus mempersiapkan ujian HSK dan kelas-kelas bersertifikat lainnya. 

“Saat ini aku berencana mengambil studi di Tiongkok,” ungkap Shyver. 

Untuk itu, Shyver mempelajari HSK level 4 dan mendalami bahasa Mandarin di Cakap. Serta banyak latihan percakapan dengan laoshi

Punya Laoshi Favorit di Cakap

Shyver mengungkapkan bahwa Cakap memudahkannya dalam proses belajar bahasa Mandarin. Rangkuman materi yang disediakan memudahkannya untuk memahami dan dengan cepat mencapai goal belajarnya. Selain itu, Shyver mengaku punya laoshi favorit, lho! 

“Elvi Laoshi, karena sering mengajak percakapan dalam bahasa Mandarin yang membuat aku tertantang untuk berkomunikasi dalam bahasa Mandarin,” ungkap Shyver.

Shyver juga menjelaskan bagaimana Elvi Laoshi mengajar dengan jelas dan juga bertahap, serta menggunakan contoh kalimat dan penggunaannya sehari-hari. Suasana belajar juga serius dan jelas. 

Terbantu dengan Fitur Student Report

Salah satu hal yang berkesan untuk Shyver adalah saat ia merasakan adanya progres dalam prosesnya mempelajari bahasa Mandarin. Aplikasi Cakap yang memiliki fitur Student Report memudahkan Shyver dalam memantau perkembangan belajarnya setiap selesai sesi kelas. 

“Adanya kemajuan dalam belajar karena ada fitur Student Report di aplikasi Cakap yang bisa aku pantau setiap setelah kelas,” ungkap Shyver. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Kesan Shyver terhadap Cakap

Shyver mengungkapkan bahwa banyak kemajuan yang ia rasakan setelah belajar bahasa Mandarin di Cakap. Sebelumnya, Shyver sering merasa kesulitan setiap menghadapi soal listening. Saat ini, ia bisa lebih cepat dalam menjawab dan memahami soal-soal listening. Shyver juga jadi mengenal banyak kosakata dan penggunaannya.

“Sebagai platform belajar Cakap sudah sangat baik dan banyak membantu aku dalam proses pembelajaran. Terima kasih Cakap, karena sudah membuat platform belajar yang keren dan mudah untuk diikuti,” terangnya mengakhiri percakapan. 

Nah, itulah dia cerita Shyver Odelia yang sedang mempersiapkan dirinya untuk melanjutkan studinya di Tiongkok dengan belajar bahasa Mandarin bersama Cakap. Keberanian Shyver untuk menantang dirinya untuk belajar bahasa Mandarin patut diacungi jempol! Semoga cerita Shyver bisa menginspirasi Sobat Cakap lainnya untuk memulai dan belajar bahasa Mandarin bersama Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup