Masa Berlaku Sertifikat TOEFL iBT, ITP, dan Prediction Test

Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

Sertifikat TOEFL adalah bukti kemampuan berbahasa Inggris yang bisa sangat penting untuk melanjutkan pendidikan maupun melamar beasiswa. Tidak hanya itu, sertifikat TOEFL juga merupakan sertifikat penunjang lamaran kerja yang berharga untuk dimiliki. 

Meskipun ujiannya berbayar cukup mahal, sertifikat TOEFL ternyata tidak berlaku selamanya, lho, Sobat Cakap. Oleh karena itu, kamu perlu tahu berapa lama sertifikat TOEFL berlaku untuk menyesuaikannya dengan berbagai kebutuhanmu. 

Nah, kali ini kita akan membahas kapan sertifikat TOEFL diterbitkan, lama masa berlakunya, hingga bagaimana cara mengetahui masa berlakunya. Selain itu, baca sampai habis untuk mengetahui apakah sertifikat TOEFL bisa diperpanjang, ya! 

Table of Contents

Kapan Sertifikat TOEFL Diterbitkan

TOEFL yang berlaku secara internasional dikelola oleh lembaga bernama Educational Testing Service (ETS) dalam format TOEFL iBT. Kamu akan mengetahui hasilnya secara online melalui email dan akun ETS dalam bentuk Score Report maksimal 14 hari setelah ujian. 

Score Report atau sertifikat TOEFL iBT ini dapat kamu unduh dan cetak sendiri 2 hari setelah hasilnya keluar. Sementara itu, kamu juga bisa meminta versi cetak resmi dari Score Report ini yang akan dikirimkan langsung dari ETS di Amerika Serikat. 

Sobat Cakap yang mengambil ujian TOEFL ITP, maka skor tidak resminya bisa kamu ketahui langsung setelah ujian online selesai. Meski demikian, sertifikat TOEFL ITP resmi (Certificate of Achievement) dalam bentuk cetak akan dikirimkan 14 hari kerja setelah ujian dilaksanakan. 

Jika yang kamu ambil adalah TOEFL Prediction Test, laporan hasil ujian maupun sertifikatnya akan tergantung pada lembaga tempat kamu mengikuti ujian. Kamu bisa mengetahui hasilnya secara langsung setelah ujian atau setelah menunggu beberapa hari/minggu. 

Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

Sertifikat TOEFL memiliki masa berlaku yang berbeda sesuai dengan jenis ujian TOEFL yang kamu ikuti. Setelah masa berlakunya habis, sertifikatnya akan kadaluarsa dan tidak bisa lagi diterima untuk berbagai kebutuhan resmi. 

Cek Kemampuanmu di Simulasi Tes TOEFL GRATIS Sebelum Ujian!

TOEFL iBT

TOEFL iBT adalah ujian kemampuan bahasa Inggris resmi yang penyelenggaraannya diatur secara internasional oleh Educational Testing Service (ETS). Masa berlaku sertifikat TOEFL iBT yang berbentuk Score Report adalah 2 tahun, baik versi cetak maupun versi digitalnya. 

TOEFL ITP

TOEFL ITP adalah TOEFL berbasis akademik yang diselenggarakan oleh lembaga yang sudah bekerja sama resmi dengan ETS. Kamu akan mendapatkan Certificate of Achievement yang berlaku selama 2 tahun jika kamu berhasil mendapatkan skor TOEFL di atas 460. 

TOEFL Prediction Test

TOEFL Prediction Test adalah ujian uji coba yang diadakan oleh lembaga tertentu tanpa harus memiliki kerja sama dengan ETS. Seperti namanya, Prediction Test bertujuan untuk memberikan gambaran hasil ujian TOEFL-mu secara terbatas (hanya Reading dan Listening). 

Hasil dari ujian ini dapat berupa sertifikat dengan masa berlaku sesuai ketentuan lembaga yang mengadakannya. Selain itu, sertifikat ini hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak bisa digunakan untuk kebutuhan resmi seperti pendidikan dan beasiswa. 

Cara Mengetahui Masa Berlaku Sertifikat TOEFL

sertifikat toefl itp

Jika saat ini Sobat Cakap memegang sertifikat TOEFL ITP, kamu bisa mengecek keasliannya dengan mengecek tulisan Silver/Bronze/Gold yang diikuti dengan nomor pada bagian bawah sertifikat. Sementara itu, untuk TOEFL iBT, kamu bisa menemukannya di Appointment Number pada bagian atas Score Report. 

toefl ibt score report

Sertifikat TOEFL asli yang diterbitkan oleh ETS tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa, tapi mencantumkan tanggal sertifikat tersebut diterbitkan. Nah, masa berlaku sertifikat tersebut dihitung 2 tahun sejak tanggal tercantum pada sertifikat tersebut. 

Apakah sertifikat TOEFL bisa diperpanjang?

Sebagai bukan penutur asli bahasa Inggris, kemampuan bahasa Inggris kita bisa saja semakin berkembang atau berkurang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, sertifikat TOEFL yang menunjukkan tingkat kemahiran bahasa Inggrismu memiliki batas waktu. 

Dapatkan Pembahasan Soal TOEFL oleh Teacher Cakap GRATIS Disini!

Hingga saat ini masa berlaku sertifikat TOEFL tidak dapat diperpanjang. Dengan kata lain, jika kamu ingin memperbarui masa berlaku sertifikat TOEFL-mu, kamu harus mengikuti ujiannya kembali. 

Bagi Sobat Cakap yang membutuhkan sertifikat TOEFL untuk kebutuhan seperti pendidikan dan beasiswa, disarankan untuk tidak terburu-buru mengambil ujian TOEFL. Dengan biaya ujian yang terbilang mahal, akan lebih baik jika kamu mempersiapkannya dengan benar-benar matang. 

Selain memperbanyak latihan contoh soal TOEFL, kamu bisa banget mengambil kelas persiapan TOEFL ITP dan persiapan TOEFL iBT di Cakap, lho! Dapatkan pembelajaran terpadu dari Cakap yang akan membantumu untuk mendapatkan skor TOEFL yang kamu harapkan. Yuk, daftar kelasnya sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.