Relative Clause: Memahami Pengertian, Jenis, dan Penggunaanya

relative clause

Setiap kalimat memiliki unsur pembentuknya, mulai dari kata hingga klausa. Klausa memiliki ragam dan jenis yang cukup heterogen. Setelah sebelumnya membahas mengenai adjective clause, sekarang saatnya membahas mengenai relative clause.

Relative clause sangat erat kaitannya dengan nomina. Ia memiliki kedudukan yang cukup penting, dalam kalimat, relative clause berfungsi sebagai pemberi keterangan tambahan. Lantas, apa sebenarnya pengertian dari relative clause? Ada berapa jenis dan bagaimana penggunaanya? Yuk cari tahu sama-sama!

Relative Clause 

source: giphy.com

Dalam bahasa Indonesia, relative clause dikenal sebagai klausa relatif, yaitu klausa yang mengacu pada informasi tambahan dari nomina atau pronominal yang disebutkan sebelumnya. Biasanya didahului kata ‘yang’.

Relative clause adalah jenis dari dependent clause atau klausa terikat yang tidak dapat berdiri sendiri. Fungsinya dalam kalimat ialah memberikan keterangan tambahan pada noun (yang meliputi orang, benda, atau hewan). Dalam Bahasa Inggris, relative clause selalu didahului dengan relative pronoun (relative pronoun ini digunakan sebagai ganti noun, noun phrase, dan pronoun).

Terdapat beberapa relative pronoun atau kata ganti relatif yang biasa digunakan dalam relative clause. Kata ganti ini diletakan di depan relative clause. Fungsinya adalah untuk menunjuk kata benda yang ada pada kalimat. Anggota yang termasuk ke dalam relative pronoun adalah who, which, whom, that, dan whose. Berikut klasifikasi penggunaannya!

Who

Kata ganti untuk orang (he, we, she)

Whom

Kata ganti untuk orang (him, her, us)

Which

Kata ganti untuk benda, tempat, dan waktu

That

Kata ganti untuk orang atau benda

Whose

Kata ganti untuk menunjuk kepemilikan

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Jenis-jenis Relative Clause

Relative clause dibagi menjadi dua jenis, yaitu defining relative clause dan non defining relative clause. Keduanya digunakan untuk memberikan informasi dengan klasifikasi yang berbeda. Defining relative clause dan non defining relative clause memiliki esensi yang berbeda dalam sebuah kalimat. Apa saja ya kira-kira perbedaannya? Langsung saja, simak penjelasan di bawah ini!

Defining Relative Clause

Defining relative clause digunakan untuk memberi informasi penting tentang noun yang berupa orang atau benda. Informasi yang diberikan adalah informasi yang dapat memberi pemahaman yang jelas tentang seseorang atau benda. Dalam defining relative clause, relative pronoun yang digunakan adalah ‘that’ atau ‘which’ (digunakan sebagai kata ganti nomina yang bukan orang), sedangkan untuk kata ganti noun yang berupa ‘orang’ menggunakan relative pronoun ‘that’ dan ‘who’

Contoh Defining Relative Clause:

  • These are the books that I want to buy. (Ini adalah buku yang ingin saya beli).
  • I just saw the girl whom you called last night. (Aku baru saja melihat Amira Perempuan yang kamu telpon semalam)
  • Diana like the clothes which hanging in the upper wardrobe.(Diana menyukai pakaian yang tergantung di lemari atas).

Keterangan: Pada kalimat di atas defining relative clause terletak pada klausa yang diberi tanda bold. Jika klausa tersebut dihilangkan, maka informasi yang diterima oleh lawan bicara tidak akan utuh. Lawan bicara tidak akan mengerti siapa ‘the girl’ dan mana ‘the books’ yang dimaksud.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Non Defining Relative Clause

Non defining relative clause digunakan sebagai informasi tambahan. Esensinya dalam kalimat tidak begitu mutlak atau tidak begitu penting. Jika non defining relative clause dihilangkan, pembaca atau lawan bicara masih dapat memahami apa yang dimaksud. Dalam non defining relative clause, relative pronoun ‘that’ tidak bisa digunakan.

Contoh Non Defining Relative Clause:

  • Pasya, whose house is next to mine, gave me a birthday cake.  (Pasya, yang rumahnya di samping rumahku, memberikan kue ulang tahun).
  • My camera, which I always kept well, is now broken. (Kameraku, yang selalu aku rawat dengan baik, sekarang sudah rusak).

Keterangan:Non defining relative clause pada kalimat di atas adalah ‘whose house is next to mine’ dan ‘which I always kept well’. Jika kedua relative clause itu dihilangkan, orang/lawan bicara masih bisa memahami apa yang dimaksud. Pada contoh pertama jelas bahwa ‘Pasya’ adalah orang yang sudah memberi ‘aku’ kue ulang tahun. Sedangkan pada contoh kedua, jelas bahwa benda yang rusak adalah ‘my camera’.

Gimana? Penjelasan di atas sangat lugas dan jelas bukan? Sekarang kamu sudah tahu apa itu relative clause, jenis-jenis relative clause, dan kedudukannya dalam kalimat.

Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang eksistensinya sangat tinggi. Cakap hadir memberikan solusi, menyediakan kursus Bahasa Inggris online yang benar-benar fun dan fresh. Cocok banget loh buat kamu yang baru mulai belajar Bahasa Inggris atau yang sedang mendalami materi. Tunggu apalagi? Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks