Adjective Clause: Arti, Rumus, dan Contoh Kalimat tiap Jenisnya

adjective clause adalah

Adjective seperti yang kita ketahui merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris. Namun, sudah pernahkah kamu mendengar adjective clause? Secara garis besar, adjective clause adalah klausa digunakan untuk mengubah Noun (kata benda) atau Pronoun (kata ganti).

Apakah adjective clause sama dengan kalimat adjective biasa? Apa itu adjective clause dan bagaimana contoh adjective clause? Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk lebih mengenal adjective clause secara mendalam.

Table of Contents

 

Apa itu Adjective Clause?

Adjective clause adalah sebuah rangkaian kata (clause) yang termasuk ke dalam dependent clause dan biasa juga disebut sebagai relative clause. Klausa ini, dalam bahasa Inggris, merupakan elemen penting dalam menyempurnakan sebuah kalimat bahasa Inggris baik berupa lisan maupun tulisan.

Adjective clause atau relative clause adalah dependent clause yang memiliki peran untuk menerangkan noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti) pada main clause suatu kalimat yang terdiri dari independent clause dan satu atau lebih dependent clause atau biasa disebut sebagai complex sentence.

Ciri-ciri Adjective Clause

Adjective clause ini tidak dapat berdiri sendiri. Ciri dari adjective clause adalah harus digabungkan dengan relative pronoun dan relative adverb yang terdiri dari: that, where, when, who, whom, whose, which. Tidak seperti namanya, adjective clause ini tidak selalu mengandung kata adjective umum. Membuat kalimat adjective clause memang gampang-gampang susah, berikut Cakap berikan rumus untuk kamu lebih mengerti cara membuat kalimatnya.

Baca Juga: Noun (Kata Benda): Pengertian, Jenis, dan Contoh

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

Rumus Adjective Clause

Rumus untuk adjective clause dapat terbagi menjadi dua jenis. Dalam membuat kalimat adjective clause, kamu perlu mengerti dan menghafal rumus-rumus berikut.

Relative Pronoun +/- S + V

Relative pronoun (which, who, that) dapat juga berfungsi menjadi subject jika tidak ada subject lainnya. Posisi adjective clause dalam kalimat Bahasa Inggris selalu mengikuti noun dan pronoun yang diterangkan.

Noun atau pronoun di dalam main clause bisa berfungsi sebagai subject, object, atau subject complement dalam kalimat. Adjective clause yang berada dalam kalimat digunakan untuk mengubah atau memberikan informasi tambahan mengenai noun ataupun pronoun.

Baca Juga: Relative Pronoun: Pengertian, Jenis, dan Contoh Kalimat

Relative Adverb + S + V

Selain relative pronoun, ada juga relative adverb (when, where, why) yang bisa digabungkan dalam penggunaan sebuah kalimat adjective clause. Relative adverb berfungsi untuk menerangkan atau menjelaskan noun sebagai keterangan tempat, keterangan waktu, dan juga alasan.

Grammar yang digunakan dalam penggunaan adjective clause bisa disesuaikan dengan kondisinya. Sama juga dengan verb yang digunakan – verb 1, 2 , maupun 3 dapat digunakkan sesuai dengan konteks yang ingin dibicarkan.

Jangan bingung melihat rumus yang ada, berikut contoh adjective clause yang bisa kamu pahami.

Psst, Sudah tau Level bahasa Inggris Kamu?

Contoh Kalimat Adjective Clause

Berikut adalah contoh adjective clause yang bisa kamu simak untuk kamu pahami struktur kalimat adjective clause secara lebih baik.

Contoh Kalimat Adjective Clause: Relative Pronoun

  • He is the man whom I always tell about my day.
    (Dia adalah lelaki yang selalu aku ceritakan mengenai hariku.)
  • He doesn’t like a girl who doesn’t love herself.
    (Dia tidak suka seorang gadis yang tidak mencintai dirinya sendiri.)
  • She works at a restaurant whose name I can’t remember.
    (Dia bekerja di sebuah restoran yang namanya saya tidak ingat.)
  • Our home, which has a new vase, looks much more beautiful.
    (Rumah kami, yang memiliki vas baru, terlihat jauh lebih indah.)
  • We wondered whom they were talking about
    (Kami bertanya-tanya siapa yang mereka bicarakan.)
 

Contoh Kalimat Adjective Clause: Relative Adverb

  • My grandpa likes to tell stories when he still becomes an army during World War II.
    (Kakekku suka bercerita ketika dia masih menjadi tentara selama Perang Dunia II.)
  • The town where she lives was collapsed by the earthquake.
    (Kota tempat dia tinggal runtuh akibat gempa.)
  • We have to know why she decided to leave the company.
    (Kita harus tahu mengapa dia memutuskan untuk meninggalkan perusahaan.)
  • She doesn’t know how to paint a realistic painting.
    (Dia tidak tahu cara melukis lukisan realistis.)
  • The day when I came to this place was the best day I ever had.
    (Hari ketika saya datang ke tempat ini adalah hari terbaik yang pernah saya alami.)

Mempelajari adjective clause tidak terlalu susah untuk dipahami. Namun, kamu butuh untuk mengetahui rumus serta struktur kalimat yang harus disusun. Untuk mengetahui bagaimana membuat kalimat adjective clause yang baik dan benar, kamu bisa mengikuti belajar bahasa Inggris online bersama Cakap. 

Di Cakap, kamu akan dibantu memahami materi-materi bahasa Inggris dengan teacher professional. Daftarkan dirimu sekarang dan kuasai materi bahasa Inggris yang masih membuatmu bingung.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat