Generic Structure: Pengertian, Isi, dan Contoh Lengkapnya

generic structure

Jika sebuah drama dan film dipolakan dan dibentuk dengan alur, maka teks dalam tulisan dibentuk oleh generic structure. Membuat sebuah kalimat tidak hanya sekedar dapat dimengerti saja, lebih jauh dari itu sebuah kalimat harus memiliki generic structure yang jelas. Generic structure akan membantu kalimatmu lebih rapi dan terstruktur.

Generic structure sangat diperlukan, terutama dalam teks yang disajikan dalam konteks formal. Agar kamu lebih mumpuni dalam membuat kalimat atau teks yang terstruktur dengan baik, kamu perlu mempelajari generic structurenya. So, enjoyed and stole your focus here ya!

Table of Contents

Pengertian Generic Structure

Generic structure adalah pola atau alur yang disisipkan dalam tahapan pemetaan gagasan sebuah teks. Singkatnya, generic structure ini dibutuhkan untuk membuat pola kalimat yang disajikan dalam sub bagian. Generic structure disusun dengan tujuan agar sebuah teks dapat meraih tujuannya.

Setiap teks memiliki generic structure yang berbeda. Sebagai contoh, generic structure yang terdapat dalam narrative text berbeda dengan generic structure dalam report text. Generic structure of narrative teks, yaitu orientation, complication, resolution, and reorientation. Sedangkan generic structure dalam report text, yaitu title, generic classification, dan description.  

Istilah Generic Structure

Generic structure memiliki berbagai istilah yang juga bisa disebut sebagai judul/gagasan per sub bagiannya. Apa saja istilah dalam generic structure? Lihat penjelasan di bawah ini!

1. Orientation

Orientation ini bisa  disebut juga sebagai pendahuluan atau struktur awal dalam text. Bagian pendahuluan akan memberikan gambaran pada pembaca mengenai teks apa yang ada di dalamnya. Orientasi ini menjadi awal mula dari sebuah cerita.

2. Event

Event adalah peristiwa yang diangkat dalam sebuah teks.

3. General Classification

General classification atau klasifikasi umum berisi tentang tema atau pembahasan umum dalam peristiwa yang diangkat.

4. Description

Description ini akan menjelaskan dan melengkapi penjelasan dari general classification. Bagian deskripsi ini diharapkan bisa membuat pembaca lebih paham dengan penjabaran penulis.

5. General Statement

General statement adalah pendapat secara umum, biasanya bagian ini ditulis oleh penulis. Jadi, pada bagian ini penulis akan menjelaskan mengenai pendapatnya secara umum tentang tema/tulisan yang ia angkat.

6. Conclusion

Conclusion atau konklusi bisa disebut juga sebagai simpulan. Bagian ini merupakan bagian penutup dari teks yang disajikan.

7. Lainnya

Istilah-istilah lain yang mungkin muncul dalam generic structure adalah abstract, argument, elaboration, explanation, incident, interpretation, Issue, dan reorientation.

Mau Belajar Bahasa Inggris GRATIS di Cakap?

Contoh Generic Structure of Narrative Text

Generic structure of narrative text adalah struktur utama yang membangun teks narrative menjadi teks yang baik dan bisa diterima. Secara spesifik, naratif teks biasanya terdiri dari alur, plot, tema, seting, sudut pandang, dll. 

Sedangkan secara generic, teks naratif memiliki beberapa struktur yang diperlukan untuk menyusunnya. Sebelum membahas mengenai contoh generic structure dalam narrative teks, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu struktur umum yang membangun teks tersebut. Simak penjabaran berikut!

  • Orientation: Bagian pembuka dalam narrative text. Pada bagian ini, penulis akan mengenalkan tokoh, waktu, dan tempat.
  • Complication: Bagian ini terdiri dari paragraf yang menyatakan permasalahan awal dalam alur yang akan berlanjut pada konflik, klimaks, dan antiklimaks.
  • Resolution: Resolution digunakan sebagai bagian akhir cerita, semua permasalahan dalam narrative teks harus ditutup. Penulis menentukan akhir cerita happy atau sad ending.
  • Reorientation: Reorientation biasanya berisi mengenai penutup dan menceritakan keadaan tokoh pada akhir cerita. Tak lupa bagian ini juga biasanya akan menyelipkan pesan moral.

Orientation

 

One day on a pier at Mandeh Beach, there lived a beautiful girl named Birna. She lives with her father who is a fish trader. The pier was not too crowded, the residents who lived around it were only tens of people. In such a lonely and quiet place Birna never feels lonely, isn’t it magical? She was always passionate about teaching a small number of children to read and write. Her world lived even in a deserted place that was near death.

Complication

 

One day her father would go to sell his salted fish to the other side, this was both good news and sad news. Happy that her father will come home with some books, and sad that she has to be home alone. Day after day had passed, Birna was looking forward to her father’s return together with used books from the bookstore that he had promised. But her father never came home.

It’s been a month since her father left for business, Birna has not heard from her father. Month after month, but her father still hasn’t come home. Birna had to live her days without her father.

Then suddenly a miracle came, there was news that her father was still alive and would return soon. Her father turned out to have an accident. He was helped by a kind woman named Pristanti.

This incident also brought Birna and Pristanti together, Pristanti was surprised that in a place far from the crowds there was a lamp as bright and smart as Birna.

Resolution

 

Pristanti changed many things In Birna’s life, Pristanti regularly sent books to Birna. Birna also learned many things from Pristanti. Slowly they both made a small school specifically for children and parents who want to learn to read.

Reorientation

 

Destiny and the way of life always run as long as humans live. Destiny brought Pristanti and Birna together to give each other kindness and share knowledge and thoughts

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Generic Structure of Procedure Text

Selain pada narrative text, generic structure juga bisa digunakan pada teks prosedur atau procedure text. Berikut contoh dan penjelasan dari implementasi generic structure di procedure text. 

Generic Structure of Procedure Text:

  1. Tujuan (Aim/Goal): Bagian ini menjelaskan tujuan atau maksud dari teks prosedur.
  2. Bahan dan Alat (Materials/Equipment): Bagian ini mencantumkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melakukan prosedur.
  3. Langkah-langkah (Steps): Bagian ini menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan secara berurutan untuk mencapai tujuan.

Contoh teks dan strukturnya :

StrukturTeks Bahasa Inggris
Tujuan (Aim/Goal)How to Make a Cake
Bahan dan Alat (Materials/Equipment)Bahan:
1. 200 grams of all-purpose flour
2. 100 grams of granulated sugar
3. 50 grams of margarine
4. 2 eggs
5. 1/2 teaspoon of baking powder

Alat:
1. Oven
2. Baking pan
3. Mixer
4. Bowl
Langkah-langkah (Steps)1. Preheat the oven to 180 degrees Celsius.
2. Mix together the flour, sugar, and baking powder in a bowl.
3. Using a mixer, beat the margarine and eggs until light and fluffy.
4. Gradually add the flour mixture to the margarine and egg mixture, and mix until well combined.
5. Pour the batter into a baking pan that has been greased with margarine.
6. Bake the cake for 30 minutes, or until a toothpick inserted into the center comes out clean.
7. Once the cake is baked, let it cool for 30 minutes before removing it to a wire rack to cool completely.
8. The cake is now ready to be served or you can decorate them.

Sekarang sudah pahamkan betapa pentingnya generic structure dalam sebuah kalimat? Kalimat dan teks yang kamu buat akan lebih rapi dan mencapai target yang kamu tujukan dengan tepat.

Ingin lebih mumpuni dalam membuat text bahasa Inggris? Atau ingin kemampuan bahasa Inggrismu naik level? Tenang, kamu bisa memulainya bersama Cakap. Cakap menyediakan kursus Bahasa Inggris yang fleksibel dan interaktif. Kelas ini cocok banget buat generasi milenial yang nggak mau ribet. Yuk daftar Cakap sekarang juga!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat