Daftarkan Dirimu & Ajak Temanmu Mengikuti Program Duta Cakap Internship

Blog-Banner-Duta-Cakap-Intern

Program magang adalah salah satu program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, fresh graduate, atau mereka yang ingin belajar banyak hal sebelum masuk ke dunia kerja sesungguhnya. Cakap membuka kesempatan untuk kamu yang ingin mengikuti program magang dan sekaligus menjadi Duta Cakap Internship.

Buat kamu yang penasaran dengan program Duta Cakap Internship dan ingin tahu bagaimana cara mendaftarnya, keep on with this article, ya!

Table of Contents

Program Duta Cakap Internship

Program Duta Cakap Internship adalah program yang bertujuan untuk mencari talent intern terbaik yang nantinya akan mengikuti program magang di Cakap. Program ini diharapkan bisa menjadi wadah untuk mahasiswa, baik S1/S2 untuk bisa terjun langsung bekerja khususnya di startup sembari meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan banyak pihak dan membangun portofolio.

Pendaftaran program ini dibuka sepanjang tahun 2024. Setiap kampus bisa mengirimkan maksimal 10 orang mahasiswanya untuk mendaftar Duta Cakap Internship. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa menjadi Duta Cakap, bisa belajar kerja, mendapat komisi, dan program magangnya bisa dikonversi menjadi SKS. Serta yang terpenting adalah, kamu bisa magang dari mana saja!

Syarat Mengikuti Program Duta Cakap Internship

Apa saja syarat yang harus kamu penuhi untuk mengikuti program duta cakap internship ini? Yuk, cek poin-poin di bawah! 

  • Berstatus mahasiswa S1/S2
  • Fresh graduate juga diperbolehkan mengikuti program ini
  • Direkomendasikan oleh pihak kampus atau mendapat rekomendasi dari kampus (dibuktikan dengan surat rekomendasi)
  • Bersedia untuk menjalani kegiatan magang secara full time (8 jam/hari) atau part time (4 jam/hari)
  • Memiliki komitmen untuk berkembang khususnya di bidang kerjasama, komunikasi, dan pemasaran

Cara Mendaftar Program Duta Cakap Internship

Bagaimana cara mendaftar program Duta Cakap Internship? Cara mendaftarnya sangat mudah dan simple, kamu hanya perlu mengikuti step by step berikut ini:

  • Mintalah surat rekomendasi magang dari pihak kampus
  • Lampirkan surat rekomendasi magang yang sudah ditandatangani pihak kampus
  • Kirimkan ke alamat email [email protected] dengan subject “Nama_Application_Duta Cakap Internship Program”

*Notes: jika ada lebih dari 1 orang yang mendaftar dalam satu kampus yang sama, maka bisa langsung dimasukkan dalam 1 surat rekomendasi yang sama dan cukup mengirimkan email 1 kali saja mewakili nama-nama lainnya.

Mudah sekali bukan cara daftarnya? Yuk, langsung kirimkan lamaranmu dan ajak teman-temanmu mengikuti program Duta Cakap Internship sekarang juga!

Benefit yang Bisa Kamu Dapat saat Mengikuti Program Magang

Kenapa sih kamu harus ikut magang setidaknya sekali seumur hidup? Selain bisa menambah list pengalaman di CV, kamu juga bisa mendapatkan banyak benefit lainnya, seperti:

(1) Menambah Relasi

Relasi dan koneksi sangat dibutuhkan terutama untuk kolaborasi, pengembangan karier, dan networking professional. Ketika kamu memiliki banyak relasi, kamu akan mendapatkan banyak informasi dan insight dari rekan-rekan seprofesi atau senior tentang dunia kerja yang lebih luas. Kamu juga bisa terus keep contact dengan mentor atau supervisor di tempat magang.

(2) Mengetahui Style Kerja di Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki style atau gaya kerja yang berbeda. Misalnya, bekerja di perusahaan corporate akan sangat berbeda dengan bekerja di startup atau kerja lapangan. Baik dari struktur dan fleksibilitas, budaya kerja, kecepatan perubahan, inovasi dan kreativitas, hingga work life balance.

(3) Mengeksplor Banyak Bidang Kerja Lainnya

Ketika kamu memasuki dunia kerja, kamu akan menyadari bahwa ada banyak sekali bidang pekerjaan yang mungkin kamu sukai atau cocok dengan skillmu. Misalnya, kamu mengambil jurusan Jurnalistik saat kuliah, kamu bisa mengeksplor banyak bidang pekerjaan. Tidak hanya menjadi reporter atau jurnalis saja, kamu juga bisa mencoba bekerja di bidang copywriter atau SEO content writer.

(4) Belajar Banyak Hal

Belajar tidak melulu hanya di tempat sekolah atau kampus. Kamu juga bisa belajar di tempat kera. Mulai dari belajar berbagai tools, hingga mengenal cara kerja berbagai channel sosial media. Apa yang belum pernah kamu pelajari di bangku kuliah, bisa kamu pelajari dan latih perlahan pada saat magang.

(5) Membangun Kebiasaan Kerja

Membangun kebiasaan kerja yang baik dan profesional bisa dimulai saat magang. Di sana kamu akan belajar bagaimana melakukan suatu pekerjaan dengan terencana dan tertarget. Jadi, apa yang kamu kerjakan bukan hanya asal-asalan, tapi sesuatu yang memiliki goals dan tujuan.

Gimana? Kamu sudah tahu banyak tentang manfaat atau benefit program magang, bukan? So, tunggu apa lagi, daftar dan jadi bagian dari program Duta Cakap Internship sekarang juga!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.