ECCO Indonesia Dukung Karyawan Lebih Komprehensif Berbahasa Inggris Bersama Cakap

Industry
Fashion

Number of employees
200+

Company HQ
Denmark

Establish Since
1990 (Indonesia)

Elevate People’s Lives With Cakap

0
Learning Period in months
0
Students
0 %
Satisfied with the quality of teachers

PT. ECCO Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di industri penyamakan kulit, yang khusus memproduksi kulit-kulit berkualitas premium. Perusahaan ini berkembang secara progresif di berbagai wilayah di dunia, khususnya Eropa dan seluruh wilayah di Asia, termasuk South East Asia dan Far East.

Dalam proses perluasan dan pengembangan bisnisnya, PT. ECCO memiliki inovasi mutakhir yang diwujudkan melalui kolaborasi berkelanjutan dengan desainer dan merek paling inspiratif & terkenal di industrinya. Operasi produksi dan layanan PT. ECCO telah mendapatkan reputasi internasional sebagai produk yang bersih, aman, responsif, dan terintegrasi penuh.

Ketika produk dipasarkan di pasar internasional dan terus berkembang pesat diminati banyak orang di berbagai negara, PT. ECCO ingin memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang baik. Hal ini bertujuan untuk menciptakan proses jual beli dan kerja sama dengan klien internasional berjalan dengan baik. Untuk mencapai hal ini, PT. ECCO memberikan dukungan kepada karyawannya dengan memberikan kelas kursus bahasa Inggris di Cakap selama lebih dari setengah tahun.

Challenge

Dalam setiap upaya pengembangan bisnis ke ranah internasional, sangat diperlukan banyak strategi, salah satunya adalah strategi komunikasi untuk membangun kerja sama yang lebih baik. PT. ECCO menyadari bahwa mereka perlu mendukung keahlian berbahasa Inggris para karyawan untuk memenuhi kebutuhan klien yang berasal dari berbagai negara.

Mengingat bahasa Inggris menjadi hal yang sangat krusial untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, perusahaan menyadari bahwa diperlukan peningkatan soft skill bahasa Inggris untuk para karyawan.

“Hal yang mendorong untuk mengikuti program belajar bahasa Inggris di Cakap adalah karena tuntutan pekerjaan, 80% conversation user berbahasa inggris, dan keperluan soft skill untuk melayani customer dan user.” Ujar Rona Depatra, salah satu karyawan IT di perusahaan ECCO Indonesia.

PT. ECCO memberikan program belajar bahasa Inggris for Corporate Student sebagai fondasi untuk mengembangkan bisnis ke ranah internasional.

“Kemampuan bahasa inggris team sudah bagus, tapi perlu kemampuan di soft skill bahasa Inggris yang lain untuk pengembangan bisnis ke ranah internasional. Program belajar bahasa Inggris ini diharapkan sebagai peningkatan skill dari kemampuan dasar dari para pekerja.”

Namun, di antara tantangan-tantangan belajar soft skill berbahasa Inggris, salah satu karyawan PT. ECCO, Patra juga mengungkapkan tantangan lainnya yang mungkin dihadapi karyawan, yaitu kendala mengatur waktu kerja dan waktu belajar.

“Kendala yang dihadapi untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris adalah kendala waktu. Untuk mengikuti training tetap harus menyisihkan waktu. Sempat break selama 1 bulan.”

PT. ECCO menggandeng Cakap untuk memberikan kelas kursus bahasa Inggris bagi karyawan-karyawannya. Cakap telah menjadi fondasi yang sempurna yang akan membantu menjawab dan memberikan solusi terbaik dari tantangan-tantangan utama yang disebutkan di atas.

Solution

Untuk meningkatkan soft skill berbahasa Inggris, diperlukan konten dan kurikulum pembelajaran yang berkualitas. Hal tersebut diwujudkan dengan pemberian materi-materi pelajaran yang dapat diimplementasikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan para karyawan PT. ECCO.

Tim dan teacher-teacher Cakap mendesain kurikulum khusus untuk keperluan Corporate Student. Dalam hal ini mereka mengedepankan kompetensi pembelajaran yang lebih spesifik pada ranah customer service.
“Kurikulum dan materi yang disampaikan sangat sesuai dengan tujuan yang diinginkan dan bisa diimplementasikan sesuai dengan pekerjaan. Program pembelajaranny baik, teacher dari Cakap bagus, konten dan teori yang diajarkan tepat sasaran. Kompetensi bahasa Inggris yang diajarkan lebih spesifik pada ranah customer service.” Ungkap Patra pada kesempatan interview yang dilakukan bersama tim Cakap.

Mengenai kendala waktu antara bekerja dan belajar, Cakap memberikan solusi produktivitas belajar bahasa Inggris jarak jauh secara online menggunakan link Zoom yang disediakan. Sehingga produktivitas karyawan dalam pekerjaan tidak terganggu dan fleksibilitas mereka dalam belajar tetap terlaksana dengan baik. Seperti yang dijelaskan Patra “Kendala untuk mengikuti training, yaitu tetap menyisihkan waktu, tapi dari Cakap bisa fleksibel untuk program belajarnya.”

Meskipun pembelajaran dilakukan melalui panel online, Cakap telah mengupayakan fitur-fitur terbaik untuk menunjang kualitas audio dan video yang bagus. “Secara fitur aplikasi, tidak ada kendala, kualitas audio dan video bagus.” Ujar Patra.

Result

Program pelatihan yang diberikan Cakap membantu meningkatkan performance dan skill bahasa Inggris karyawan di tempat kerja. Dan tim dari PT.ECCO sudah menyatakan hasil pelatihan yang dilakukannya.

“Performance bahasa Inggris dalam implementasi di pekerjaan sangat bagus, berhubungan dengan kasus nyata yang dihadapi perusahaan. Kami puas dengan Cakap, performance teacher, customer support admin, dan aplikasinya juga bagus.”

Para karyawan telah menyelesaikan program belajar yang dimulai pada bulan April – November 2023. Secara keseluruhan mereka puas terhadap peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan rasa kepercayaan diri saat menggunakannya.

“Cakap memberikan pengaruh terhadap kepercayaan diri saat menggunakan bahasa Inggris, terutama di pembiasaan manner dan kosakata bahasa Inggris.”
Bersama dengan Cakap, PT. ECCO percaya bahwa memberikan dukungan bagi para karyawan untuk belajar bahasa asing adalah sebuah investasi tak ternilai untuk masa depan perusahaan.

“Performance bahasa Inggris dalam implementasi di pekerjaan sangat bagus, berhubungan dengan kasus nyata yang dihadapi perusahaan. Kami puas dengan Cakap, performance teacher, customer support admin, dan aplikasinya juga bagus.”
Rona Depatra
IT - ECCO Indonesia

Dukung Tim Anda dengan Pelatihan untuk Karyawan di Cakap!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.