5 Perpustakaan di Korea yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Book Park Blue Square

Perpustakaan berisi kumpulan buku, majalah, dan dokumen lain yang menjadi sumber pengetahuan. Selain fungsi pendidikan, perpustakaan juga memiliki fungsi rekreasi sebagai destinasi wisata. Nah, kalau kamu sedang liburan ke Korea, jangan lupa mampir ke perpustakaan indah dan menarik berikut ini.

Budaya Literasi di Korea Selatan

Minat baca orang Korea Selatan terbilang tinggi. Pastinya, banyak faktor yang mempengaruhinya. Mulai dari ketersediaan fasilitas yang mumpuni hingga dukungan pemerintah yang kuat.

Pasalnya, perpustakaan tidak hanya berdiri di tempat khusus, tapi juga tersedia dalam ruang publik. Seperti mall atau pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, hingga halte bus.

Di samping itu, buku-buku yang ada dijajar rapi dan terdiri dari buku untuk anak-anak serta dewasa. Sehingga, setiap orang bisa membaca buku yang disediakan.

Tidak berhenti di situ, bahkan setiap tahun semua perpustakaan di Negeri Ginseng ini mengadakan gerakan membaca bersama untuk mendorong minat baca masyarakat.

Selain itu, pemerintah menetapkan 1 buku untuk dibaca warganya. Kemudian, mengadakan lomba resume dengan hadiah yang menggiurkan. Maka dari itu, tidak heran budaya literasi di Korea Selatan sangat baik.

Mengapa Perpustakaan Menjadi Destinasi yang Menarik?

Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai pusat penelitian maupun pendidikan, tetapi juga memiliki fungsi rekreasi. Sehingga, perpustakaan menjadi destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi.

Selain itu, ada beberapa alasan yang membuat perpustakaan menarik untuk kamu datangi, yaitu:

  • Perpustakaan menjadi tempat yang berguna untuk mempelajari hal-hal baru.
  • Kamu bisa menyaksikan sejarah melalui koleksi foto, peta, artefak dan lain sebagainya yang tersedia dalam perpustakaan.
  • Perpustakaan sebagai tempat untuk bertemu teman baru, menyaksikan orang yang sedang belajar untuk ujian, atau sekadar bersantai. Sehingga, memberikan kesempatan bagi kamu untuk bersosialisasi.
  • Perpustakaan adalah tempat yang aman bagi anak-anak serta mendorong mereka untuk menumbuhkan minat baca.
  • Perpustakaan menyediakan akses teknologi yang mudah, seperti e-reader, tablet, atau perangkat lain yang bisa kamu gunakan.

Dengan manfaat berlimpah tersebut, tak ada salahnya kamu mengunjungi perpustakaan saat sedang liburan ke luar negeri. 

Daftar Perpustakaan Menarik di Korea Selatan

Berikut ini 5 daftar perpustakaan menarik di Korea Selatan yang sayang untuk kamu lewatkan, yaitu:

1. Starfield Library

 

Perpustakaan yang terletak di pusat Starfield COEX Mall ini memiliki rak buku raksasa dengan tinggi sekitar 13 meter. Starfield Library menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Korea.

Pasalnya, salah satu perpustakaan terindah di dunia tersebut memberikan pengalaman yang berkesan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Meski terletak di pusat perbelanjaan, Starfield Library sudah dilengkapi fasilitas penunjang, seperti tempat duduk yang nyaman, free wifi, dan komputer untuk memudahkan mencari buku.

Tak hanya menyediakan beragam buku dengan bahasa Korea dan bahasa Inggris, tapi perpustakaan keren ini sering menggelar acara seperti diskusi buku, pembacaan puisi, bertemu penulis, dan masih banyak lagi.

Lokasi Starfield Library

2. National Museum of Korea Library

 

Pada perpustakaan ini, terdapat buku-buku berbahasa asing, Korea, serta media digital mengenai sejarah seni, arkeologi, studi sejarah, dan topik lainnya yang masih berhubungan dengan museum. Cocok bagi kamu yang suka dengan karya seni maupun sejarah masa lalu.

Menariknya, gedung perpustakaan ini juga terdapat ruang auditorium untuk aktivitas pagelaran budaya dan lainnya. Kemudian, ada juga ruang teater yang biasanya akan menampilkan pertunjukan balet, musik klasik, sandiwara panggung, dan lainnya.

Selain itu, terdapat pula 4 buah toko di dalam gedung ini yang menawarkan buku, artikel praktis, dan artefak yang erat kaitannya dengan sejarah dan budaya negara Korea.

Lokasi National Museum of Korea Library

3. Naver Library

 

Selain dua di atas, masih ada perpustakaan yang bisa kamu kunjungi, yaitu Naver Library. Perpustakaan ini terletak di lobi perusahaan Naver. Nah, perlu kamu tahu, Naver adalah Google versi Korea.

Meski terletak di dalam perusahaan, perpustakaan tersebut terbuka untuk umum. Kamu hanya perlu menunjukkan kartu identitas saja. Setelah itu, saatnya kamu menjelajahi buku-buku yang ada di sana.

Naver Library adalah tempat untuk berbagi pengetahuan dan informasi. Setiap pengunjung dapat mengakses buku desain, publikasi pakar TI, majalah, dan publikasi independen.

Koleksi Naver Library diantaranya, yaitu lebih dari 250 majalah Korea dan luar negeri, 17.000 buku desain, lebih dari 1.300 ensiklopedia ahli dari seluruh dunia, 7.000 publikasi TI untuk pengembang, dan juga tersedia fasilitas tambahan seperti kafe.

Lokasi Naver Library

4. Book Park Blue Square

Book Park Blue Square

 

Kamu pernah menonton drama Korea Chicago Typewriter? Nah, perpustakaan Book Park Blue Square terkenal melalui drama tersebut. Uniknya, perpustakaan di Korea yang satu ini memiliki rak buku di atas rak buku lain yang mencapai 3 lantai.

Tidak seramai perpustakaan lain, suasana di Book Park lebih tenang. Selain itu, beberapa sudut terdapat tempat membaca dan persembunyian yang akan mengingatkanmu dengan rumah pohon.

Di samping sudut ruangan, kamu bisa dengan mudah menemukan tempat membaca yang lain, karena tersedia sekitar 200 kursi dan 50 meja. 

Kalau kamu datang bersama keluarga dan membawa anak kecil, tenang saja, karena Book Park menyediakan zona bermain yang juga dipenuhi buku anak-anak.

Jika kamu pecinta fotografi, sebaiknya datang di siang hari. Sehingga, momen kamu di sana dapat terabadikan dengan baik. Sebab, pada siang hari cahaya matahari akan menembus jendela dan mengenai buku-buku yang dipajang.

Lokasi Book Park Blue Square

5. Paju Forest of Wisdom

Paju Forest of Wisdom

 

Perpustakaan yang tak kalah menarik selanjutnya adalah Paju Forest of Wisdom. Suasana yang tercipta dalam perpustakaan ini adalah tenang dan nyaman. 

Mungkin kamu ingat adegan acara penandatanganan buku penting dalam drama It’s Okay to Not be Okay? Atau saat Lee Gon (Lee Min Ho) dan Jeong Tae-eul (Kim Go Eun) sedang melakukan penelitian dalam drama The King: Eternal Monarch?

Nah, perpustakaan dalam adegan tersebut bisa kamu jumpai di  Forest of Wisdom. Desain interior kontemporer yang luas seperti dalam film dengan rak kayu setinggi langit-langit membuat perpustakaan sering dikunjungi oleh warga setempat.

Di samping itu, perpustakaan Forest of Wisdom sering disebut sebagai Instagramable bibliophilia haven. Sehingga, sangat wajib untuk kamu kunjungi saat liburan di Korea dan mengabadikan momen yang mengesankan.

Perpustakaan yang terletak di Paju-si, Gyeonggi-do ini memiliki 500.000 buku yang mencakup berbagai genre, seperti puisi, novel fiksi, dan esai.

Lokasi Paju Forest of Wisdom

Yuk, Tingkatkan Bahasa Korea Agar Lebih Cakap Selama Liburan di Korea!

Itulah 5 rekomendasi perpustakaan di Korea yang wajib kamu kunjungi selama liburan di Negeri Ginseng tersebut. Kira-kira mana nih yang jadi favoritmu?

Supaya kamu bisa menemukan buku yang dicari dengan mudah serta berkomunikasi dengan pengunjung lain, pastinya kamu harus bisa berbahasa Korea. Sehingga, liburan kamu lebih mengesankan dan tak terlupakan. 

Nah, kamu sangat beruntung, karena sekarang Belajar Bahasa Korea bisa dengan mudah dilakukan bersama Cakap. Sebagai penyedia kursus bahasa Korea, Cakap menawarkan harga terjangkau dengan tutor profesional. Yuk, pilih kelasmu sekarang dan tampil percaya diri selama liburan di Korea!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat