Apa Perbedaan Ramadhan Kareem & Ramadhan Mubarak?

ramadhan kareem artinya

Saat memasuki bulan Ramadhan, pastinya kamu tidak akan ketinggalan untuk memberikan ucapan Ramadhan kepada teman-teman muslim kamu, kan? Meski sudah menjadi tradisi Ramadhan, ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang salah ketika memberikan ucapan.

Kesalahan yang sering ditemukan yakni menyamakan arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak. Padahal, kedua ucapan tersebut memiliki arti yang berbeda. Penasaran apa arti Ramadhan Kareem yang sesungguhnya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Arti Ramadhan Kareem

source: giphy.com

Ramadhan Kareem artinya “semoga Ramadhan bermurah hari kepada kamu” atau “semoga Ramadhan memberikan kebaikan kepada kamu”. Ungkapan ini menjadi subjek perdebatan dengan argumen bahwa bukan Ramadhan yang memiliki kemurahan hati, tetapi Allah SWT-lah yang menjadikannya demikian. 

Dilansir dari berbagai sumber, menurut Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin, kalimat Ramadhan Kareem memiliki hukum yang tidak benar. Hal ini karena bukan Ramadhan yang pemurah hingga bisa menjadi Kareem, melainkan Allah-lah yang menempatkan rahmat di dalamnya dan menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa. (Majmu’ Fatawa Syaikh Al-‘Ustaimin, 20/254)

Dapatkan Gratis 14 Hari English Club Hanya dengan Registrasi Cakap

Arti Ramadhan Mubarak

source: giphy.com

Dalam bahasa Indonesia, Ramadhan Mubarak memiliki arti “Ramadhan yang diberkati” atau “Ramadhan yang bahagia”. Sedangkan secara literal, Ramadhan Mubarak memiliki arti “Selamat Ramadhan” atau “Selamat menunaikan ibadah puasa”.

Mengutip dari laman The Express, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin dari Arab Saudi memberikan penjelasan bahwa ucapan Ramadhan Mubarak merupakan kalimat yang lebih tepat untuk diucapkan dibandingkan Ramadhan Kareem.

Terlebih lagi, Ramadhan Mubarak merupakan ucapan yang kerap diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:

“Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan mubarak (bulan yang diberkahi). Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi. ” (HR. Ahmad).

Namun pada saat yang bersamaan, Lembaga Fatwa Yordania menegaskan bahwa penggunaan frasa Ramadhan Kareem diperbolehkan karena pada dasarnya arti Ramadhan Kareem ini mencerminkan berkah yang Allah berikan kepada umat-Nya di bulan suci.

Walaupun arti Ramadhan Kareem menjadi sebuah perdebatan, ucapan ini masuk ke dalam ucapan yang populer untuk diucapkan oleh kalangan komunitas internasional, termasuk orang yang tidak merayakan Ramadhan.

Makin Produktif Selama Ramadhan dengan Belajar Bahasa Inggris di Cakap

Terlepas dari perdebatan arti Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak, tanggapi perbedaan pendapat dengan bijaksana untuk menjaga persaudaraan sesama muslim. Yang terpenting bukanlah ucapannya, namun bagaimana kamu menunaikannya dengan baik dan tetap produktif saat puasa.

Walaupun sedang berpuasa, kamu harus tetap produktif, kan? Untuk semakin produktif, kamu bisa daftar kursus Bahasa Inggris di Cakap. Di sana kamu bisa belajar secara dua arah dengan tutor profesional, dijamin cas cis cus deh! Tunggu apalagi? Ayo daftar!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks