5 Tokoh Penting dalam Sejarah Kamus Bahasa Inggris

kamus bahasa inggris
5 Tokoh Penting dalam Sejarah Kamus Bahasa Inggris

Pada era digital ini, kamus bahasa Inggris online sangat bisa diandalkan karena praktis dan memiliki banyak keunggulan lainnya. Misalnya saja fitur audio di mana kita bisa mendengar bagaimana pengucapan suatu kata. 

Sebelum kamus bahasa Inggris dapat diakses melalui smartphone, kamus cetak adalah salah satu benda wajib yang harus dimiliki oleh pelajar. Lantas siapakah orang yang pertama menulis kamus bahasa Inggris? 

Sebenarnya, topik ini merupakan salah satu topik yang sering diperdebatkan dan tidak sedikit orang memiliki versinya masing-masing. Dalam artikel kali ini, kita akan mengulik tokoh-tokoh penting yang berkaitan dengan sejarah perkembangan kamus bahasa Inggris pertama. 

1. Robert Cawdrey

kamus bahasa inggris

 

Photo by jcomp – freepik

Banyak tokoh pendidikan sepakat bahwa penulis kamus bahasa Inggris pertama adalah Robert Cawdrey yang diterbitkan pada tahun 1604. Namun, judul karya yang ditulis oleh Cawdrey tidak memiliki kata ‘dictionary’, melainkan berjudul ‘A Table Alphabeticall’. 

Meskipun Cawdrey memasuki sekitar 2.500 kata secara alfabetik, ia tidak menjelaskan etimologi, pengucapan, maupun penggunaan kata-kata tersebut. Baik judul maupun tidak tersedianya format kamus seperti yang kita kenal saat ini membuat tidak sedikit yang menganggap karya Cawdrey bukanlah kamus.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

2. Henry Cockeram

kamus bahasa inggris henry cockeram
Photo by wirestock – freepik

Pada tahun 1623, Henry Cockeram menerbitkan ‘The English Dictionarie’ yang memuat sekitar 600 kata bahasa Inggris. Dalam halaman pembuka edisi pertama kamus ini, Cockeram menyatakan bahwa kamusnya dimaksudkan untuk membantu orang-orang memahami penulis terdahulu yang menggunakan bahasa Inggris. 

Kamus ini merupakan kamus bahasa Inggris pertama yang sudah menggunakan kata ‘dictionary’ pada judulnya. Meski demikian, The English Dictionarie juga mendapat banyak kritik salah satunya karena menyalin definisi yang ditulis oleh Robert Cawdrey. 

3. Nathan Bailey

kamus bahasa inggris nathan baley
Photo by fabrikasimf – freepik

Nathan Bailey menerbitkan ‘Dictionarium Britannicum’ pada tahun 1730 yang berisi sekitar 48.000 kata. Kamus ini adalah kamus bahasa Inggris paling populer dan paling komprehensif di antara kamus bahasa Inggris lainnya pada abad ke-18. Kamus ini adalah acuan yang digunakan oleh Samuel Johnson untuk merumuskan kamus miliknya yang terbit kemudian. 

‘Dictionarium Britannicum’ ditulis dengan menggunakan metode lebih baru di mana Bailey mengeksplorasi asal-usul kata dan petunjuk pelafalan. Selain itu, kamus ini tidak hanya memasukkan kata-kata sulit, namun juga dialek, slang, dan kata-kata yang bersifat tabu. 

4. Samuel Johnson

sejarah kamus bahasa inggris
Photo by Racool_studio – freepik

‘A Dictionary of the English Language’ yang ditulis oleh Samuel Johnson adalah kamus yang sering disebut sebagai kamus bahasa Inggris paling unggulan di masanya. Kamus ini merupakan karya individu Johnson bertahan sebagai kamus terbaik sebelum ‘Oxford English Dictionary’ diselesaikan 173 tahun kemudian. 

Kamus Johnson ini terbit pada tahun 1755 setelah memakan waktu pengerjaan selama tujuh tahun Sama dengan kamus-kamus lainnya, kamus Johnson pun banyak menuai kritik terkait etimologi sehingga ia harus melakukan revisi beberapa kali. 

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

5. London Philological Society

kamus bahasa inggris London Philological Society
Photo by fabrikasimf – freepik

Kamus bahasa Inggris dengan format yang sudah jauh lebih sempurna adalah ‘Oxford English Dictionary’ yang diterbitkan oleh Oxford University Press pada tahun 1884. Tidak seperti namanya, awalnya kamus ini dicetuskan oleh sekelompok Masyarakat Filologi di London yang sama sekali tidak terkait dengan Oxford University. 

Meski demikian, sepanjang perjalanan penyempurnaan kamus ini pihak Oxford pun turut berpartisipasi, termasuk untuk penerbitan. Salah satu sosok yang juga penting dalam penerbitan kamus ini adalah James Murray sebagai editor dari pihak Oxford University. 

Nama-nama di atas adalah tokoh yang dianggap paling berpengaruh dalam perkembangan kamus bahasa Inggris dari masa ke masa. Seiring berjalannya waktu, hasil jerih payah mereka pun terus dikembangkan seiring perubahan zaman dan perkembangan teknologi. 

Hasilnya, saat ini kita bisa mengakses kamus bahasa Inggris dalam format digital secara online dan praktis. Tidak hanya kamus, kamu bahkan bisa mengambil kursus bahasa Inggris online di Cakap. Selain pembelajaran di kelas, kamu juga bisa berdiskusi dalam Cakap English Club dan latihan percakapan di Cakap Chat. Daftar kursusnya sekarang, yuk!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat