Terus Memberi Dampak, Para Pendiri Cakap Masuk Daftar Fortune Indonesia 40 Under 40 2023

cakap founders 40u40

Tahun 2022 lalu, Cecilia Ong dan Margarita Tan dari Cakap masuk dalam daftar Forbes Indonesia 30 Under 30. Kabar membanggakan kembali hadir di awal tahun 2024 ini dengan terdaftarnya kedua pendiri Cakap yaitu Tomy Yunus dan Yohan Limerta dalam Fortune Indonesia 40 Under 40 2023. 

40 Under 40 Fortune Indonesia

Ini adalah ketiga kalinya majalah Fortune Indonesia merilis daftar 40 Under 40 yang terdiri dari 40 generasi muda Indonesia paling berpengaruh pada berbagai sektor, mulai dari bisnis, hingga hiburan. Mengutip Fortune Indonesia, “kehadiran mereka mendisrupsi dan patut diwaspadai”. 

Pertimbangan dalam pemilihan nama dalam daftar 40 Under 40 sendiri adalah pengalaman, prestasi, keberlanjutan karier, dan manfaat yang diberikan. Mereka yang terpilih ke dalam daftar ini memiliki karakter tegar, mendengar, dan tidak pernah berhenti belajar. 

Seperti terlansir, Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia Hendra Soeprajitno menyatakan, “Memang terlihat mudah ketika kita menilai output yang mereka hasilkan. Namun, di balik itu ada proses panjang sehingga mereka bisa berada di titik ini.”

Tomy Yunus dan Yohan Limerta sebagai Pendiri Cakap

Tomy Yunus dan Yohan Limerta memiliki peran penting dalam mendirikan Cakap sebagai platform pendidikan berbasis teknologi. Tomy saat ini menempati posisi Chief Executive Officer (CEO) sementara Yohan memegang peran sebagai Chief Technology Officer (CTO) di Cakap. 

Cakap sendiri merupakan platform upskilling yang menawarkan peningkatan skill, termasuk dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Indonesia untuk ekspatriat. 

Tidak terbatas untuk siswa dewasa, kelas bahasa asing di Cakap juga tersedia bagi anak-anak mulai dari usia 4 tahun untuk bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Tahun 2024 ini Cakap semakin melebarkan sayap merambah ke pendidikan blended learning (kombinasi pembelajaran online-offline) untuk anak-anak melalui Cakap Kids Academy. 

Tidak hanya itu, Cakap juga menawarkan berbagai kursus vokasi dalam Cakap Upskill dengan materi berkualitas dan pengajar dari para ahli di bidangnya. Cakap juga memiliki program pemberdayaan guru bahasa asing dengan nama Cakap Teacher Academy

Pencapaian dan Dampak dalam Bidang Pendidikan

Dengan visi mengasah potensi talenta anak bangsa Indonesia melalui solusi pembelajaran dan peningkatan karier yang transformatif, saat ini Cakap telah memiliki lebih dari 4,5 juta siswa, 2.100 pengajar, 17.000 modul, 600 mitra kerja sama, serta telah menyentuh 54 dari 63 daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). 

Melalui program Cakap untuk Bangsa, Cakap ingin menciptakan perubahan jangka panjang dengan berfokus pada 4 bidang utama yaitu pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi ketidaksetaraan. 

Keempat hal tersebut dapat terwujud dengan pendidikan berkualitas tinggi untuk memperbesar kesempatan kerja serta peluang lebih baik dalam mengurangi kesenjangan sosial. Dengan demikian, Cakap percaya bahwa Indonesia dapat menjadi pemimpin dunia pada tahun 2030. 

Dengan masuknya Tomy Yunus dan Yohan Limerta dalam daftar Fortune Indonesia 40 Under 40 2023, kontribusi mereka dan Cakap dalam bidang pendidikan semakin diakui. 

Selamat dan sukses selalu untuk para pendiri Cakap, Tomy Yunus dan Yohan Limerta! Semoga dapat terus memberi dampak bagi Indonesia dan menjadi inspirasi untuk generasi yang lebih muda. 

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.