Apa itu Musisi? Ini Arti, Sumber Pendapatan, dan Musisi Terkenal

Musisi: Mengenal Pengertian, Tokoh Paling Dikenal, & Sumber Pendapatan
musisi-adalah

Musisi? Siapa sih yang disebut musisi? Apakah orang dengan bakat musik dan mampu memainkan alat-alatnya? Salah satu kata-kata bijak tentang apa itu musisi disampaikan oleh Abraham H. Maslow yang mengatakan bahwa “Musisi harus menciptakan musik. Pelukis harus menggoreskan lukisannya. Penyair harus menulis sajaknya”.

Lantas, sebenarnya apa itu musisi? Yuk, cari tahu pengertian dan beberapa tokoh musisi Indonesia yang terkenal dan paling berpengaruh!

Apa Itu Musisi?

musisi-indonesia
Photo from Pexels

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, musisi atau musikus adalah orang yang mencipta, memimpin, atau menampilkan musik; pencipta atau pemain musik. Pengertian tersebut jugalah yang melekat dalam pemahaman masyarakat tentang musisi.

Berbicara tentang etimologi dari istilah musisi sendiri, ada beberapa pendapat berbeda. Pendapat pertama mengatakan bahwa kata musisi berdasar dari kata musik dalam bahasa Yunani, yaitu muses. “The muses” adalah sebutan untuk 9 anak perempuan ZEUS yang menjadi perwakilan untuk seni dan sains. Pendapat lainnya mengatakan bahwa kata musik berasal dari Timur Tengah, yaitu “Musa dan isqi”.

Musisi Terkenal di Indonesia

berapa-pendapatan-musisi
Photo from Freepik

Siapa musisi Indonesia favoritmu? Biasanya, musisi favorit juga sejalan dengan genre musik dan lagu favorit seseorang. Mengesampingkan tentang genre, berikut ada beberapa musisi terkenal dan paling berpengaruh di Indonesia dengan karya-karyanya yang luar biasa.

Benyamin Sueb

Para generasi 90-an pasti udah nggak asing lagi dong dengan nama musisi yang satu ini. Benyamin Sueb merupakan seorang musisi legenda Indonesia yang juga piawai di dunia seni peran. Salah satu sinetronnya yang paling terkenal adalah Si Doel Anak Sekolahan. Benyamin Sueb dikenal sebagai musisi yang memiliki andil besar dengan lagu-lagu jenakanya yang melegenda. Beberapa lagunya tak luput dimakan zaman, seperti Ondel-Ondel, Hujan Gerimis, dan lain-lain.

Iwan Fals

Musisi terkenal Indonesia selanjutnya ada Iwan Fals. Musisi yang satu ini sangat lekat dengan karya-karyanya yang memelopori lagu-lagu politis Indonesia. Nama Iwan Fals sepopuler lagu-lagunya, maka tak heran kalau Iwan Fals masuk ke jajaran musisi terkenal dan berpengaruh di Indonesia.

Chrisye

Tak perlu diragukan lagi, Chrisye merupakan salah satu musisi dengan karya-karya yang melekat di hati para pendengarnya. Beberapa lagunya yang paling terkenal adalah Kisah Kasih di Sekolah, Badai Pasti Berlalu, dan masih banyak lagu lainnya.

Nike Ardila

Siapa sih yang nggak kenal dengan musisi cantik satu ini? Nike Ardila menjadi salah satu penyanyi yang memecahkan rekor di Indonesia, bagaimana tidak, kala itu di usianya yang masih 14 tahun, albumnya berhasil terjual sebanyak 2 juta copy.

Sumber Penghasilan Musisi

Musisi Main Gitar Akustik
Photo from Pixabay

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, kira-kira dari mana saja ya sumber pendapatan seorang musisi? Ternyata, ada banyak arus bagi para musisi untuk menghasilkan uang, lho. Tidak hanya melalui streaming, konser, dan download saja, para musisi bisa mendapat sumber penghasilan dari berbagai cara. 

Di era yang serba digital ini, para musisi bisa mendapatkan sumber penghasilan dari

  • membership,
  • ads revenue,
  • live performance (off-air atau virtual),
  • music producing,
  • merchandise,
  • royalti hak cipta,
  • investment,
  • dan lainnya.

Gimana? Sekarang udah makin tahukan apa itu musisi, tokoh musisi terkenal Indonesia, dan sumber penghasilannya? So, buat kamu yang ingin jadi musisi, yuk terus berlatih dan kembangan bakat bermusikmu!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.