Mengulik Tema Hari Perempuan Sedunia Tahun 2018-2022

hari perempuan internasional
Mengulik Tema Hari Perempuan Sedunia Tahun 2018-2022

International Women’s Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional yang juga disebut sebagai Hari Perempuan Sedunia dirayakan setiap tanggal 8 Maret. Sejarah Hari Perempuan Internasional dimulai dengan gerakan buruh wanita pada awal abad ke-20. 

IWD adalah hari di mana pencapaian wanita dalam bidang budaya, politik, dan sosioekonomi diakui tanpa memandang latar belakang. Selain itu IWD juga menjadi gerakan yang membawa isu kesetaraan gender, hak reproduksi, serta isu kekerasan terhadap perempuan. 

Nah, kali ini Cakap akan mengajak kamu untuk membahas beberapa gerakan yang diusung pada Hari Perempuan Sedunia lima tahun terakhir. 

1. 2018: #PressforProgress

Photo by freepik from freepik

Isu utama yang diusung dalam Hari Perempuan Sedunia tahun 2018 adalah kesetaraan gender. Kampanye ini didasari masih terbatasnya gerakan yang berfokus pada wanita sehingga menggalakkan untuk terus berkampanye mengenai isu-isu wanita secara kolektif. 

2. 2019: #BalanceforBetter

international womens day
Photo by freepik from freepik

Pada tahun 2019 kampanye IWD masih seputar kesetaraan, namun dalam fokus profesional dan sosial. Salah satu isu yang diangkat adalah isu kesetaraan gaji di mana masih banyak perusahaan yang memberikan ketimpangan gaji berdasarkan gender. 

3. 2020: #EachForEqual

women's day
Photo by freepik from freepik

#EachforEqual bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia bahwa kesetaraan gender bukanlah isu perempuan melainkan isu ekonomi. Kampanye ini juga menyuarakan bahwa kesetaraan gender sangat dibutuhkan dalam perkembangan ekonomi dan sosial. 

4. 2021: #ChoosetoChallenge

hari perempuan
Photo by atlascompany from freepik

Kampanye IWD pada tahun 2021 #ChoosetoChallenge bertujuan mengajak masyarakat dunia untuk menantang ketidaksetaraan gender. Selain itu, kampanye ini juga mengajak untuk merayakan pencapaian wanita, termasuk untuk dapat menyesuaikan hidup di era pandemi. 

5. 2022: #BreaktheBias

hari perempuan 2022
Photo by freepik from freepik

Tahun ini International Women’s Day mengusung tema #BreaktheBias yang menentang bias gender dalam masyarakat, tempat kerja, serta institusi pendidikan. Salah satu hal yang dilakukan adalah berkampanye dengan pose tangan menyilang. 

Dalam lima tahun terakhir, meskipun dengan tema yang berbeda, kampanye untuk Hari Perempuan Internasional secara konsisten mengusung kesetaraan. Selain itu, gerakan ini pun juga mengajak kita untuk merayakan pencapaian perempuan dalam berbagai aspek sosial dan ekonomi. 

Ada banyak cara untuk berpartisipasi dalam gerakan ini, salah satunya adalah dengan memposting foto dengan tangan menyilang sebagai kampanye #BreaktheBias. Selain itu, hal paling utama adalah untuk meningkatkan kesedaran mengenai berbagai isu gender dalam berbagai aspek kehidupan.

Baca juga: