Mengapa Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik itu Bagus?

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik itu Bagus?

Lagu dan musik memang dapat membantu proses belajar. Tidak hanya untuk anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Ternyata lagu dan musik juga bisa membantu Sobat Cakap untuk belajar bahasa Inggris. Mengapa demikian?

  1. Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana musik dapat membantu pelajar bahasa kedua dengan memperoleh tata bahasa, kosakata dan meningkatkan ejaan. Lalu ada yang disebut “Efek Mozart,” konsep bahwa mendengarkan musik klasik meningkatkan kinerja tugas-tugas mental seperti belajar.
  2. Lagu dan musik hampir selalu mengandung banyak kosakata, frasa, dan ungkapan yang bermanfaat. Karena audiens yang dituju adalah penutur asli, lagu dan musik menyertakan bahasa dan percakapan sehari-hari. Bahasa yang digunakan dalam lagu adalah kasual dan sebenarnya dapat digunakan, jika Kamu memilih musik yang tepat.
  3. Biasakan diri dengan suara bahasa Inggris. Mendengarkan lagu juga akan memungkinkan kamu untuk fokus pada pelafalan dan pemahaman tentang ritme, nada, dan ketukan bahasa Inggris.

Cara Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik itu Bagus?
sumber: giphy

Sebelum memulai, kamu harus memilih lagu yang akan Kamu pelajari. Ini penting karena ada banyak potensi jebakan. Misalnya, lagu yang menggunakan bahasa yang sulit dan tidak biasa digunakan. Tidak hanya itu, nada yang terlalu cepat pun menjadi masalah karena kamu akan kesuliatan mendengar setiap kosakatanya.

Baca Juga

Berikut delapan tips saya untuk membantu kamu memilih musik yang tepat untuk belajar bahasa Inggris:

Pergi ke tempat yang tepat untuk menemukan lagu

Kamu dapat mencari situs berbagi video seperti YouTube dan Vimeo. Situs tersebut memiliki perpustakaan video musik dan beberapa juga akan diberi subtitle dengan lirik lagu dalam bahasa Inggris.

Kamu juga bisa memilih Spotify, sebuah layanan berlangganan yang fantastis karena mereka memiliki banyak pilihan yang dapat kamu gunakan saat bepergian. Ini juga berguna untuk melihat apa yang sedang tren dan populer. Selain itu, Cakap memiliki playlist yang keren untuk membantumu belajar bahasa asing.

Pilih lagu yang tepat.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik itu Bagus?
sumber: giphy

Pilih musik yang kamu sukai. Tidak ada gunanya belajar bahasa Inggris melalui lagu jika kamu tidak benar-benar menikmati musiknya. Temukan musik yang menggunakan jenis bahasa yang tepat. Lirik seharusnya menggunakan kata-kata yang umum digunakan dan tidak boleh terlalu mudah atau terlalu sulit untuk kamu.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahwa kadang-kadang penyanyi tidak mengucapkan suaranya dengan jelas. Kamu mungkin menginginkan lagu yang menceritakan sebuah kisah, yang bisa membuatnya lebih mudah untuk dipahami dan divisualisasikan. Jika kamu seorang pemula, kamu mungkin ingin mempelajari lagu anak-anak atau lagu-lagu Disney.

Lirik

Alangkah baiknya jika Kamu bisa belajar bahasa Inggris murni dengan mendengarkan musik. Dalam praktiknya, kamu harus meluangkan waktu untuk mencerna lirik dan artinya sehingga kamu lebih paham.

Pelajari lirik dan kosakata.

Selain mencerna konten, penting bagi Kamu untuk meninjau kosakata secara teratur. “Pecah” lagu, kata demi kata, dan cobalah untuk menguasai setiap kata sehingga itu menjadi bagian dari lirik yang kamu pahami. Kamu dapat melakukan ini melalui bantuan flashcard.

Bernyanyi bersama.

Mengapa Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu dan Musik itu Bagus?

Terlepas dari kecakapan menyanyimu, kamu harus mencoba bernyanyi dengan keras untuk musik. Ini memaksa mulutmu untuk mengadopsi bentuk yang tepat dan bergerak dengan irama lagu.

Cobalah bernyanyi dari ingatan

Setelah beberapa saat, kamu akan mulai menghafal lagu tersebut. Kemudian kamu siap untuk melakukan lompatan besar berikutnya dengan menyanyikan lagu itu tanpa melihat liriknya.

Tinjau secara berkala

Kamu tidak harus menyelesaikan dalam mempelajari satu lagu sebelum pindah ke lagu berikutnya. Bahkan, setelah kamu merasa nyaman dengan satu lagu, kamu dapat pindah ke lagu lainnya. Setelah cukup waktu berlalu, kamu dapat kembali ke lagu pertama. Ini disebut “pengulangan spasi” dan telah terbukti lebih efektif daripada mencoba mempelajarinya dengan baik sekaligus dalam satu waktu.

Temukan musik baru yang dibangun di atas apa yang telah kamu pelajari

 

Ini mungkin langkah yang paling sulit. Setiap lagu baru yang kamu pelajari harus memiliki keseimbangan yang tepat dari kosakata baru danpastikan juga memiliki kosakata yang sudah kamu pelajari. Tingkat tumpang tindih yang tepat ini membuat Kamu tetap termotivasi, dan juga secara alami memperkuat pembelajaranmu sebelumnya untuk manfaat maksimal.

Musik adalah bahasa universal dan bahasa yang dapat kita nikmati dan hubungkan. Dengarkan lagu-lagu bahasa Inggris setiap hari dan kamu akan segera terkejut melihat betapa banyak pelajaran bahasa Inggris yang dapat diambil dengan relatif mudah. Saat kamu menggabungkan pembelajaran bahasa ke dalam aktivitas yang menyenangkan seperti mendengarkan dan bernyanyi dengan keras pada musik, kamu bahkan tidak akan menyadari bahwa kamu sedang belajar bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris Mudah di Aplikasi Cakap. Download Sekarang!

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google