Macam-macam Metode Pembelajaran yang Bisa Diaplikasikan di Kelas

macam-macam-metode-pembelajaran

Tidak hanya untuk menyalurkan ilmu, mengajar merupakan seni yang juga dapat mentransfer kreativitas guru pada murid. Setiap pengajar, baik dari lembaga formal maupun lembaga nonformal pasti memiliki ciri khas atau metode pembelajaran tersendiri. Untuk para guru atau pengajar di luar sana, yuk coba gali lagi tentang metode pembelajaran dan macam-macam metode pembelajaran efektif yang cocok untuk murid!

Pengertian Metode Pembelajaran

siswa sedang belajar di dalam kelas

Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara teratur yang digunakan para guru atau pengajar untuk mengimplementasikan rencana belajar. Metode pembelajaran disusun dan dirancang melalui kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Atau secara sederhana dapat diartikan bahwa metode pembelajaran merupakan alur kegiatan belajar mengajar yang digunakan guru untuk mengajar di kelas (dari awal sampai akhir semester).

Macam-macam Metode Pembelajaran

guru sedang mengajar matematika di kelas

Ada begitu banyak metode pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru. So, buat para guru yang sedang mencari metode pembelajaran baru, yuk cek siapa tahu ada metode yang cocok diterapkan di kelas kalian.

Metode Studi Kasus

Satu dari beberapa macam metode pembelajaran yang cukup terkenal adalah metode studi kasus atau case study. Metode ini memanfaatkan kasus tertentu yang coba dilempar oleh guru pada murid. Misalnya, guru bisa memberikan sebuah studi kasus atau cerita berkonsep pada murid. Setelah itu, murid bisa berdiskusi dan menganalisa kasus atau masalah yang sedang dipelajari.

Metode Jigsaw

Selanjutnya ada metode jigsaw. Metode pembelajaran ini mengarahkan murid untuk melakukan kerja kelompok. Kemudian, setiap anggota kelompok akan mendapatkan tugas masing-masing yang nantinya akan digabungkan. Sehingga akan mendapatkan satu pemahaman yang utuh. Metode jigsaw bisa menjadi alternatif metode pembelajaran efektif yang bisa dipilih, karena lewat metode ini, murid dapat mendengar dan belajar dari satu sama lain.

Metode Discovery

Metode ini bertujuan untuk mendorong murid agar menemukan pengetahuan atau konsep baru secara mandiri. Dalam metode ini, guru berperan sebagai pemberi motivasi agar murid dapat  menyimpulkan konsep  yang sedang dipelajari.

Metode Bermain Peran

Ini adalah salah satu metode pembelajaran yang cukup fresh. Guru mengarahkan murid untuk memecahkan masalah dengan memerintah mereka memainkan peran tertentu. Dengan metode ini, murid akan lebih mudah mengamati peran yang dimainkan. Mereka juga dapat belajar bagaimana cara mengatasi masalah yang dihadapi oleh peran yang dimainkannya.

Metode Pembelajaran Daring/Online

Seperti yang diketahui beberapa tahun ke belakang, dunia pendidikan Indonesia semakin akrab dengan metode pembelajaran yang satu ini. Metode pembelajaran daring mengarahkan murid untuk belajar secara online menggunakan perangkat komputer dan internet. Metode pembelajaran ini biasanya dilengkapi dengan modul pembelajaran, rekaman video, atau pun rekaman audio.

Tips Memilih Metode Pembelajaran yang Efektif

menemukan metode belajar yang tepat

Untuk mengurangi rasa bosan dan menarik minat murid terhadap mata pelajaran yang diajarkan, guru juga disarankan untuk menampilkan metode pembelajaran yang variatif. Berikut ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan saat guru akan memilih metode pembelajaran untuk anak didiknya.

Tujuan Pembelajaran

Sebelum memilih metode pembelajaran bagi para murid, guru perlu tahu goals atau tujuan apa yang ingin dicapai. Misalnya, guru menginginkan di akhir semester siswa dapat menguasai materi tertentu atau menguasai soft skill tertentu.

Karakteristik Murid

Penting bagi para guru untuk memahami karakteristik murid sebelum memilih metode pembelajaran. Hal tersebut diperlukan agar guru bisa memahami kekurangan dan kelebihan murid, sehingga guru dapat menemukan minat dan bakat, serta gaya belajar yang sesuai untuk muridnya.

Lakukan Evaluasi

Evaluasi harus selalu dilakukan agar guru mengetahui apakah tujuan pembelajarannya sudah tercapai melalui metode yang dipilih atau sebaliknya. Dari situlah akan diketahui apakah metode pembelajaran sudah berjalan efektif atau belum.

Itu dia penjelasan seputar metode pembelajaran dan macam-macam metode pembelajaran efektif yang bisa diimplementasikan guru di ruang kelas. 

Bagi para guru yang tertarik untuk menambah ilmu dan wawasannya dalam mengajar, yuk segera bergabung dan menjadi bagian dari Cakap Teacher Academy. Sebuah program pelatihan guru bersertifikat yang dibuka untuk masyarakat umum. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan tingkatkan skill mengajarmu!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.