Cara Mengatasi Lupa Email & Password Akun Prakerja Terbaru

lupa akun prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang terbaru sudah dibuka, nih! Bagi Sobat Cakap yang sudah pernah membuat akun, kamu hanya perlu masuk dan melakukan pendaftaran gelombang. Lalu bagaimana jika kamu sudah punya akun tetapi tidak bisa log in?

Kendala umum lupa akun Prakerja adalah lupa email dan lupa password. Bagi Sobat Cakap yang mengalami kendala tersebut, nggak usah khawatir karena kali ini kita akan bahas  langkah-langkah yang harus dilakukan. Simak penjelasannya, yuk! 

Table of Contents

Lupa Email Akun Prakerja

Lupa email akun Prakerja cukup umum terjadi bagi yang sudah memiliki akun tetapi belum berhasil terdaftar sebagai Penerima Kartu Prakerja. Begitu gelombang selanjutnya dibuka, kamu mungkin lupa email mana yang harus digunakan untuk log in. Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

1. Cek Kotak Masuk Email

Perlu diingat ketika melakukan pendaftaran, segala prosesnya akan terhubung dengan email yang didaftarkan di awal. Dengan kata lain, kotak masuk email Sobat Cakap pasti pernah menerima email dari Kartu Prakerja. 

Kamu bisa membuka kotak masuk email dan memanfaatkan fitur pencarian dengan kata kunci “Prakerja”. Lakukan di semua akun jika kamu punya beberapa akun email. Akun yang memiliki riwayat pesan masuk dari Kartu Prakerja berarti adalah email yang kamu daftarkan untuk log in

2. Mengisi Formulir Pengaduan

Cara selanjutnya yang bisa Sobat Cakap lakukan adalah menghubungi layanan Contact Centre melalui Formulir Pengaduan. Pada formulir tersebut, Sobat Cakap akan diminta mengisi identitas dan juga menjelaskan kendala yang dialami seputar akun Kartu Prakerja. 

Kamu juga bisa menambahkan file gambar atau screenshot untuk memperjelas kendala lupa email-mu. Pastikan kamu memasukkan email aktif yang bisa dihubungi karena nantinya balasan akan dikirimkan langsung ke email. 

3. Hubungi Call Centre Kartu Prakerja

Jika Sobat Cakap ingin kendala lupa akun Prakerja segera mendapatkan respon, kamu juga bisa menghubungi layanan hotline bebas pulsa di 0800-150-3001. Nomor ini hanya bisa dihubungi di jam tertentu yaitu Senin–Minggu pukul 08.00–20.00. 

Sampaikan kendalamu dengan jelas begitu sudah tersambung dengan tim narahubung dari Kartu Prakerja. Pastikan kamu memberikan penjelasan yang tidak bertele-tele agar komunikasi lebih efektif dan kendalamu dapat segera diatasi. 

Lupa Password Akun Prakerja

Kendala lupa akun Prakerja yang selanjutnya adalah lupa password. Hal ini pun juga sering dialami peserta yang sudah pernah mendaftar tetapi belum lulus saat percobaan pertama atau kedua. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Temukan Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap!

1. Pilih menu “Lupa password?” di halaman log in Kartu Prakerja.

2. Pada halaman Lupa Password, kamu diminta memasukkan salah satu dari NIK, email, atau No. handphone untuk mendapatkan tautan (link) reset password

halaman lupa password prakerja

Reset Password dengan Email

  1. Masukkan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun Kartu Prakerja lalu klik “Kirim”.
    reset password prakerja email
  2. Setelah itu, layar akan memunculkan notifikasi untuk cek email, klik tombol “Kembali” untuk log in ulang setelah reset password.
    reset password prakerja email login
  3. Tautan reset password akan dikirimkan melalui email. 

Reset Password dengan NIK

  1. Masukkan NIK dan tanggal lahir kemudian tekan tombol “Kirim”.
    reset password prakerja nik
  2. Selanjutnya, akan muncul notifikasi untuk cek email/SMS dan kamu bisa memilih “Kembali” untuk log in ulang setelah reset password.
    reset password prakerja nik login
  3. Tautan reset password akan dikirim melalui email dan SMS ke No. handphone yang terdaftar di akun Kartu Prakerja. 

Reset Password dengan No. Handphone

  1. Masukkan No. handphone terdaftar di akun Kartu Prakerja dan juga tanggal lahir. Setelah itu, pilih “Kirim”.
    reset passwrod prakerja no hp
  2. Muncul notifikasi cek email dan email/SMS, klik “Kembali ke log in” untuk log in ulang setelah reset password.
    reset password prakerja no hp login
  3. Tautan reset password akan dikirim melalui email dan SMS ke No. handphone yang terdaftar di akun Kartu Prakerja. 

Email dan SMS Reset Password

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Cakap akan mendapatkan email dan/atau SMS yang berisi tautan reset password sesuai dengan input yang dilakukan. 

  • Email/NIK/No. Hp → Email
  • NIK dan No. Hp → SMS

Selain itu, alamat email yang terdaftar Kartu Prakerja juga akan diinformasikan melalui SMS reset password

email dan sms password prakerja

Itu dia pembahasan mengenai lupa akun Prakerja untuk kamu yang lupa email dan juga password. Semoga membantu! 

Bagi Sobat Cakap yang sudah dinyatakan lolos sebagai Penerima Kartu Prakerja, kamu bisa mengambil berbagai pelatihan di kelas Prakerja Cakap, lho. Kamu bisa mengambil kelas webinar maupun pembelajaran mandiri dengan topik mulai dari bahasa, bisnis, hingga perkantoran dan manajemen. Yuk, kepoin segera sebelum kehabisan! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.