Berapa Insentif Prakerja 2024? Ini Nominal dan Cara Mendapatkannya!

insentif prakerja
Image by benzoix on Freepik

Sudah tahu belum kalau Sobat Cakap termasuk dalam daftar penerima Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan insentif Prakerja? Hal ini tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi peserta selain dengan bantuan lainnya berupa saldo pelatihan Prakerja. 

Kali ini kita akan membahas tentang insentif pelatihan Prakerja, mulai dari jenis, cara mencairkannya, hingga penyebab gagal cairnya. Simak penjelasan selengkapnya bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar Kartu Prakerja maupun yang sudah terdaftar sebagai peserta. 

Table of Contents

Apa itu Insentif Prakerja?

Insentif prakerja adalah bantuan dana yang diberikan oleh pemerintah kepada peserta Kartu Prakerja yang sudah memenuhi sejumlah persyaratan. Dana tersebut nantinya akan di transfer lewat bank atau e-money peserta dan bisa digunakan oleh yang bersangkutan. 

Berbeda dengan saldo pelatihan Kartu Prakerja yang hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan, penggunaan insentif Prakerja tidak memiliki batasan. Meski demikian, insentif ini hanya akan cari setelah kamu menyelesaikan pelatihan yang sudah kamu beli. 

Jumlah insentif yang akan didapatkan oleh peserta prakerja bisa dilihat secara langsung di dashboard akun prakerja masing-masing. Dana insentif tersebut nantinya akan di transfer ke rekening bank atau e-money peserta dalam jangka waktu 3-5 hari kerja setelah penjadwalan. 

Berapa Insentif Prakerja 2024?

Peserta Kartu Prakerja akan mendapat bantuan dana dari pemerintah dengan total Rp4,2 juta. Sebesar Rp3.500.000 dari nominal tersebut adalah saldo pelatihan yang hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan. 

Sedangkan dana yang termasuk bagian dari insentif berjumlah Rp700.000 dengan pembagian sebagai berikut: 

  • Insentif biaya mencari kerja → diberikan sebanyak 1 kali dengan jumlah sebesar Rp600.000 (enam ratus ribu Rupiah). 
  • Insentif pengisian survei evaluasi → dengan jumlah sebesar Rp50.000 (lima puluh ribu Rupiah) dan diberikan paling banyak 2 kali.

Berapa kali insentif Prakerja 2024 cair?

Dari jenis-jenis insentif yang telah dijelaskan, pencairan insentif akan dilakukan dalam beberapa kali. Biaya mencari kerja hanya didapatkan 1x dan mengisi survei evaluasi yang akan tampil di dashboard, kamu bisa mendapatkan insentif sebanyak 2x.

Cara Mendapatkan Insentif Prakerja

Insentif Prakerja tidak akan langsung cair meskipun kamu telah resmi terdaftar sebagai penerima program. Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan agar insentif milikmu dapat dicairkan.

Temukan Pelatihan Kartu Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap

1. Insentif Biaya Mencari Kerja

Kamu bisa mencairkan insentif biaya mencari kerja, ketika sudah melakukan hal-hal berikut:

  • Membeli kelas pelatihan
  • Menyelesaikan pelatihan yang sudah dibeli minimal 1 kelas pelatihan dan ditandai dengan adanya sertifikat penyelesaian.
  • Memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan tersebut di dashboard milik peserta.
  • Jika Penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya. 
  • Berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-money yang sudah tervalidasi di situs Kartu Prakerja
  • Nomor rekening bank atau e-money yang didaftarkan sudah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

     

2. Insentif Pengisian Survei Evaluasi

Insentif pengisian survei evaluasi baru bisa dicairkan setelah penerima Kartu Prakerja mengisi survei evaluasi yang muncul di dashboard akun Kartu Prakerja. Peserta nantinya akan diminta mengisi survei sebanyak dua kali. 

Kapan Insentif Prakerja Cair?

Untuk insentif tambahan, seperti insentif biaya mencari kerja, kamu baru bisa mendapatkan insentif tersebut setelah memenuhi syarat yang ditentukan (memenuhi poin-poin di atas). Kamu bisa memantau nominal saldo melalui dashboard Prakerjamu secara berkala, ya. 

Kapan insentif Prakerja Cair di ATM atau e-wallet?

Kalau kamu sedang mencairkan saldo pelatihan Prakerja yang tertulis di dashboard ke nomor rekening atau ke e-wallet, kamu bisa menunggu 3-5 hari kerja setelah melakukan pencairan sampai saldo terkirim ke rekening atau e-wallet. 

Hal-Hal yang Dapat Membuat Insentif Gagal Cair

Tidak sedikit penerima Kartu Prakerja yang mengeluhkan insentif Prakerja mereka tidak cair. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini: 

  • Belum mengisi ulasan (review) dan penilaian (rating) di dashboard Prakerja.
  • Nomor rekening bank atau e-money yang didaftarkan tidak aktif atau bermasalah. 
  • Akun e-money belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)
  • Batas transaksi 1 bulan dan saldo e-money telah melebih batas yang ditentukan oleh penyelenggara e-money atau undang-undang yang berlaku.
  • Data yang didaftarkan di e-money tidak sesuai dengan data yang didaftarkan di akun Prakerja. 

Nah, itu dia hal-hal seputar insentif prakerja yang wajib kamu ketahui. Sekarang Sobat Cakap sudah paham lebih paham tentang insentif Kartu Prakerja dan juga hal-hal yang harus dilakukan agar insentifnya cair. 

Pastikan juga untuk menggunakan saldo pelatihan yang diberikan dengan membeli kelas-kelas yang bermanfaat untuk meningkatkan skill yang kamu miliki. Kamu juga bisa membeli pelatihan Prakerja di Cakap, lho. Yuk, tunggu apalagi, buruan daftar kelasnya! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.