11 Kemungkinan Penyebab Gagal Prakerja yang Harus Kamu Tahu!

Program Kartu Prakerja memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk mendapatkan peningkatan keterampilan. Meski demikian, tidak semua yang mendaftar program ini akan otomatis lolos dan mendapatkan manfaatnya. 

Kali ini kita akan membahas penyebab kegagalan dalam mendaftar program Kartu Prakerja agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama. Yuk, baca penjelasannya lebih lanjut dalam artikel ini! 

Table of Contents

Cara Melihat Penyebab Gagal Prakerja

Kamu dapat mengecek penyebab gagal Kartu Prakerja di bagian dashboard akun Kartu Prakerja milikmu dengan melakukan langkah-langkah berikut: 

  • Login ke dalam akun Kartu Prakerja 
  • Di dashboard Kartu Prakerja klik “Riwayat Gelombang”
  • Dalam “Riwayat Gelombang” tersebut kamu bisa mengetahui tentang riwayat gelombang pendaftaran yang pernah kamu ikuti mulai dari tanggal, status kelulusan hingga alasan kegagalan.

Penyebab Gagal Prakerja

Setelah mengetahui cara melihat penyebab gagal Kartu Prakerja, kamu wajib memahami alasan kegagalan tersebut. Dengan demikian kamu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama ketika mendaftar kembali. 

Namun demikian ada juga beberapa penyebab kegagalan yang tidak dapat diperbaiki sama sekali atau dengan kata lain kamu bisa jadi tidak berhak untuk mengikuti program tersebut. Berikut beberapa penyebab gagal Kartu Prakerja yang umum terjadi. 

1. Kuota Penerimaan Sudah Penuh

Dalam setiap gelombang pendaftaran, pemerintah biasanya membatasi kuota penerimaan dalam jumlah tertentu. Jika kuota tersebut telah terpenuhi maka kamu secara otomatis tidak akan lolos dalam gelombang pendaftaran tersebut. 

Jika hanya ini penyebab kegagalannya maka kamu bisa mendaftar kembali pada gelombang pendaftaran selanjutnya. 

2. Kesalahan Dalam Menginput Data

Ketika mendaftar, ada banyak data-data pribadi yang harus kamu isi dengan baik dan benar. Kesalahan dalam mengisi data-data tersebut dapat menyebabkan kamu tidak lolos program Kartu Prakerja. 

Jika hal ini terjadi, kamu harus segera memperbaiki data-data tersebut agar kesempatan lolos pada gelombang pendaftaran selanjutnya jadi lebih besar. 

3. Telah Melampaui Batas Maksimal KK

Agar program ini dapat berjalan dengan adil, pemerintah telah membatasi penerima Kartu Prakerja maksimal 2 orang per Kartu Keluarga (KK). 

Oleh karena itu, apabila dalam keluargamu sudah ada 2 orang yang lolos program Kartu Prakerja maka otomatis kamu tidak akan bisa lolos seleksi karena telah melampaui batas yang ditentukan. 

4. Tidak Memenuhi Persyaratan Usia

Perlu diketahui bahwa program Kartu Prakerja memiliki batasan umur yang wajib dipatuhi oleh para pendaftar. Adapun usia minimal untuk mendaftar program ini adalah 18 tahun dan usia maksimalnya adalah 64 tahun. 

Apabila usiamu kurang atau lebih dari batas yang telah ditentukan maka kamu akan otomatis gagal dalam proses seleksi. 

5. Email Tidak Aktif

Ketika mendaftar program Kartu Prakerja kamu akan diminta untuk mencantumkan email yang masih aktif. 

Hal ini bertujuan untuk proses verifikasi oleh pihak Kartu Prakerja, dengan cara mengirimkan sebuah kode OTP ke email kamu. Apabila email milikmu tidak aktif, maka kamu tentunya tidak akan bisa melakukan proses verifikasi tersebut. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

6. Tidak Lolos Tes Seleksi

Salah satu penyebab gagal Kartu Prakerja yang paling umum berikutnya adalah tidak lolos tes seleksi. Maka dari itu pastikanlah untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan sungguh-sungguh. 

Dengan demikian hasilnya dapat melebihi standar yang telah ditentukan sehingga peluang untuk lolos Kartu Prakerja jadi lebih besar. 

7. KTP yang Diunggah Tidak Jelas

KTP yang diunggah di platform Kartu Prakerja haruslah jelas dan sesuai dengan yang sudah ditetapkan jika tidak kamu bisa dipastikan secara otomatis gagal dalam tahap administrasi. 

Pastikan juga KTP yang kamu unggah berada dalam keadaan baik dan tidak rusak, sehingga data-data yang ada disana dapat terbaca dengan jelas.

8. Foto yang Diunggah Tidak Sesuai Ketentuan

Masyarakat yang mendaftar program Kartu Prakerja juga diwajibkan untuk mengunggah foto selfie atau swafoto secara langsung dari kamera smartphone yang bersangkutan. 

Adapun foto yang diambil wajib memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan, mulai dari wajah yang terlihat jelas tanpa aksesoris dan diambil dengan gaya close up.

9. Termasuk Dalam Daftar Orang yang Dilarang

Ada beberapa kelompok orang yang dilarang untuk mengikuti program Kartu Prakerja dan secara otomatis gagal jika ikut mendaftar. 

Adapun kelompok yang dimaksud adalah penerima Bantuan Sosial lainnya, ASN, pejabat negara, anggota TNI/Polri, Kepala dan Perangkat Desa, hingga direksi atau komisaris BUMD dan BUMN. 

10. Tidak Menekan Tombol Allow

Meskipun terlihat sepele, tidak menekan tombol allow pada saat mengakses situs Kartu Prakerja bisa jadi salah satu penyebab kegagalan dalam proses seleksi. 

Maka dari itu pastikan selalu memberikan izin bagi situs untuk mengetahui lokasi mu dengan cara menekan tombol allow yang muncul ketika mengakses situs Kartu Prakerja.

11. Tidak Membuat Surat Pernyataan Gagal

Apabila kamu sudah mendaftar program Kartu Prakerja sebanyak 3 kali berturut-turut namun masih belum lolos maka kamu harus membuat surat pernyataan gagalSetelah dibuat, kirimkan surat pernyataan gagal tersebut ke email [email protected]

Perlu dicatat bahwa penyebab gagal Kartu Prakerja ada yang dapat diperbaiki dan ada yang tidak. Selama masih bisa diperbaiki maka kamu bisa terus berupaya untuk lolos dalam proses seleksi selanjutnya. 

Apabila penyebabnya tidak bisa diperbaiki atau diubah maka kamu harus menyadari bahwa dirimu belum berhak untuk mengikuti program Kartu Prakerja tersebut. 

Nah, itu lah cara melihat penyebab gagal Kartu Prakerja lewat akun Kartu Prakerja yang kamu miliki. Dengan memahami penyebab kegagalan tersebut, kamu dapat memperbaikinya sehingga meningkatkan kesempatan lolos pada gelombang pendaftaran selanjutnya. 

Sementara menunggu dan mencoba, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu berbagai kursus di kelas Prakerja yang tersedia di Cakap Upskill, lho. Pastikan kamu mengambil kursus Kartu Prakerja di Cakap, ya! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.