Cara Cek Kartu Prakerja yang Sudah Terdaftar [Terbaru]

cara cek kartu prakerja yang sudah terdaftar

Kartu Prakerja adalah program pemerintah dalam memberikan pelatihan kerja bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya sehingga mendapat peluang yang lebih tinggi dalam berkarier. Setelah dibukanya pendaftaran akun Kartu Prakerja pada awal Januari lalu, pendaftaran untuk Kartu Prakerja Gelombang 63 akan dibuka sesaat lagi.

Sobat Cakap yang sudah membuat akun Kartu Prakerja? Berarti kamu hanya perlu menunggu informasi mengenai pembukaan gelombang selanjutnya dari akun media sosial resmi Kartu Prakerja. Untuk mengetahui cara daftar dan cek hasil seleksi gelombang, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini. 

Table of Contents

Cara Mengikuti Seleksi Gelombang Prakerja

Sebelum mengetahui apakah status pendaftaran Kartu Prakerja-mu, pastikan kamu sudah mendaftar Kartu Prakerja sebelumnya. Jika kamu sudah mendaftar, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti seleksi Gelombang. Berikut langkah-langkahnya. 

1. Masuk akun Kartu Prakerja

masuk dashboard prakerja

Akses situs dashboard.prakerja.go.id/ melalui aplikasi browser HP kamu. Lalu, masukkan alamat e-mail dan password sesuai yang dibuat saat mendaftarkan akun.

2. Buka menu “Info Gelombang”

pendaftaran gelombang belum dibuka

Setelah berhasil masuk ke halaman utama, klik menu “Info Gelombang” yang dapat kamu temukan di bawah. Jika yang muncul adalah tulisan “Gelombang Tidak Ditemukan” seperti gambar di atas, maka kamu perlu menunggu info pembukaan gelombang dari Instagram @prakerja.go.id.

cara daftar gelombang prakerja

Jika yang muncul adalah tampilan seperti gambar di atas, klik tombol “Gabung Gelombang” dan klik kembali tombol “Gabung” pada kotak konfirmasi yang muncul setelahnya.

konfirmasi gabung gelombang prakerja

Cari Pelatihan Prakerja Terbaik dan Terlengkap Hanya di Cakap!

3. Isi persetujuan Prakerja

syarat dan ketentuan pendaftaran gelombang

Ketika halaman “Persetujuan Prakerja” muncul, kamu dapat memastikan bahwa data pribadi kamu sudah benar dan memahami setiap poin pernyataan yang harus disetujui. Selanjutnya, klik “Saya Menyetujui”. 

4. Pendaftaran Berhasil

pendaftaran gelombang berhasil

Setelah semua langkah-langkah di atas dilakukan, maka kamu telah berhasil melakukan pendaftaran Gelombang. Kamu akan menemukan notifikasi “Yay! Pendaftaran Kamu Sudah Kami Terima” yang artinya kamu hanya perlu menunggu hasilnya. 

Cara Mengetahui Status Pendaftaran Gelombang

Informasi hasil seleksi akan diumumkan melalui SMS dan e-mail pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang. Kamu juga bisa mengecek status pendaftaran gelombang pada dashboard Kartu Prakerja pada hari pengumuman. 

Sebaliknya, jika kamu tidak lolos, kamu akan menemukan tulisan “Kamu Belum Lolos Gelombang XX” atau “Kamu Belum Berhasil”. 

gagal pendaftaran gelombang

Apabila kamu belum lolos dalam seleksi gelombang Prakerja, maka pada menu “Info Gelombang” kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Kamu dapat melihat penyebab kegagalan seleksi gelombang pada halaman “Riwayat Gelombang” di sebelah kanan.

Jika kamu berhasil lolos dalam seleksi Gelombang, maka di dashboard akan muncul tampilan yang menyatakan “Selamat, kamu menerima Kartu Prakerja!”

lolos pendaftaran gelombang prakerja

Nah, jika dinyatakan lolos seleksi, selanjutnya kamu harus menonton 3 video Kartu Prakerja dan menyambungkan rekening/e-money. Setelah itu, kamu akan dapat melihat nomor Kartu Prakerja milikmu dan menggunakannya untuk membeli pelatihan Prakerja di platform digital. 

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengecek status pendaftaran Kartu Prakerja kamu. Jangan khawatir bila Sobat Cakap belum lolos karena kamu bisa mengikuti seleksi gelombang selanjutnya, kok! Informasi lebih jauh dapat Sobat Cakap temukan dengan mengunjungi situs resmi Kartu Prakerja

Bila kamu lolos dalam seleksi gelombang, kamu bisa mengeksplor pelatihan-pelatihan yang tersedia di kelas Prakerja Cakap. Ada banyak pilihan kelas dalam berbagai bidang baik secara online untuk meningkatkan kompetensimu. Yuk, daftar kelas Prakerja Cakap! #SiapaCakapDiaDapat 

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup