Persiapan Liburan Ke Korea serta Tips & Rekomendasi Seru!

liburan-ke-korea

Annyeong! Bagi kamu pecinta K-Pop dan K-Drama pasti sangat ingin mengunjungi Korea. Korea merupakan negara tujuan traveling yang populer, banyak hal menarik yang bisa di eksplorasi selain mempelajari kosakata bahasa Korea, mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata sejarah hingga wisata kulinernya. Untuk kamu yang berencana kesana, cek dulu yuk persiapan ke Korea serta beberapa rekomendasi tempat dan tips liburan ke Korea berikut ini, yuk!

Table of Contents

Rekomendasi Tempat Liburan di Korea

Berikut merupakan destinasi wisata di Korea yang populer yang bisa kamu kunjungi nanti.

(1) Namsan Tower

Rekomendasi tempat liburan di Korea yang pertama adalah Namsan Tower yang terletak di Seoul. Namsan Tower merupakan landmark kota Seoul yang terkenal, memiliki daya tarik bagi kalangan anak muda berupa spot romantis, karena pengunjung bisa memasang gembok cinta di sana. Di menara ini juga terdapat toko, museum, dan restoran yang bisa kamu kunjungi. Pemandangan Namsan Tower akan lebih indah di malam hari.

(2) Hanok Village 

Hanok Village terletak di Seoul, merupakan komplek perumahan di kota Seoul yang bangunannya masih mempertahankan arsitektur rumah tradisional Korea. Di sini kamu bisa menyewa hanbok dan berfoto, kamu juga bisa menginap di hotel di kawasan ini lho.

(3) Myeongdong District

Jika kamu suka belanja, Myeongdong adalah surganya.  Kamu bisa mengunjungi tempat ini untuk belanja trend fashion terbaru, dan belanja produk kosmetik Korea yang terkenal.

(4) Gangnam District

Jika kamu ingin berkunjung ke butik-butik pakaian merk terkenal di dunia, club, restoran, dan mall yang terbesar di Kota Seoul, datanglah ke kawasan Gangnam District. 

(5) Jeju Island

Jeju Island merupakan salah satu pulau yang paling terkenal di Korea Selatan, karena memiliki keindahan alam yang eksotik dan juga sering menjadi tempat tujuan bulan madu bagi warga lokal maupun wisatawan. Selain terdapat gunung berapi tertua, di sini juga surganya restoran seafood lezat.

(6) Nami Island

Pulau ini sangat indah, pemandangannya akan berubah mengikuti musim, tentunya juga banyak spot foto yang Instagramable. Untuk bisa  ke pulau ini kamu harus membeli tiket shuttle bus dan tiket masuk ke Pulau Nami di kantor perwakilan Naminara Republic.

(7) Gyeongbokgung Palace

Tempat ini terletak di jantung Kota Seoul, istana Gyeongbokgung merupakan istana terbesar yang ada di Korea Selatan. Kamu bisa menyewa Hanbok untuk berkeliling melihat keindahan istana dan berfoto-foto.

(8) Everland Theme Park

Everland Theme Park merupakan taman hiburan terbesar di Korea Selatan. Di taman hiburan ini banyak wahana yang bisa kamu coba untuk seru- seruan bareng keluarga, teman, maupun pasangan. 

(9) Hongdae Street

Hongdae Street merupakan tempat nongkrong anak muda Seoul. Di tempat ini kamu bisa nongkrong, belanja baju, ke cafe, dan menikmati berbagai jajanan kaki lima dengan harga cukup terjangkau.

(10) HYBE Insight

Kamu HYBE stand? Wajib banget datang ke sini ya. Hybe Insight merupakan museum musik yang dibangun oleh HYBE Labels yang secara khusus didekorasi dengan animasi, instalasi, dan video yang menampilkan produser dan idola K-Pop dari HYBE Labels.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Tips Liburan ke Korea

Buat kamu yang berencana berlibur ke Korea, berikut beberapa tips liburan ke Korea yang harus kamu tahu agar perjalanan kamu nyaman dan menyenangkan.

(1) Selalu Update Tentang Regulasi Perjalanan ke Korea

Seperti negara lainnya, Korea juga memiliki kebijakan sendiri tentang aturan perjalanan bagi wisatawan. Kamu perlu mengecek informasi dan regulasi perjalanan terlebih dahulu karena aturan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Tujuannya agar kamu bisa menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

(2) Unduh Aplikasi Penting

Ada beberapa aplikasi penting yang perlu kamu download sebelum berangkat ke Korea Selatan agar liburanmu nyaman dan lancar. 

Aplikasi itu antara lain Papago yaitu aplikasi yang bisa membantu kamu untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal. Naver atau Kakao Map untuk penunjuk arah. Aplikasi transportasi, seperti Kakao T, Subway Korea, dan Kakao Bus. Sebagai tambahan.

(3) Cari Tahu Musim di Korea

Hal ini penting agar kamu tidak salah menyiapkan baju yang akan kamu bawa, musim juga berpengaruh dengan tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Jika kamu K-Popers kamu bisa pergi di musim panas ya, karena akan ada banyak festival menarik disana.

(4) Pelajari Transportasi

Kamu bisa menggunakan transportasi umum, seperti bus, subway ataupun kereta. Sesuaikan jalur dengan tempat wisata yang akan dituju ya. 

(5) Belajar Kosakata Dasar Bahasa Korea

Walaupun kamu nanti bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris, namun di tempat-tempat tertentu, biasanya cukup sulit menemukan penduduk yang lancar berbahasa Inggris. Jadi sangat dianjurkan untuk bisa kosakata dasar bahasa Korea, misalnya untuk menanyakan alamat, transaksi jual beli dan lainnya.

 

Cek Panduan Liburan Korea Lengkap GRATIS Sebelum Berangkat

Persiapan Liburan ke Korea

Jika kamu baru pertama kali pergi ke Korea, berikut merupakan persiapan liburan ke Korea yang harus kamu siapkan jauh-jauh hari.

(1) Dokumen Perjalanan

Persiapan liburan ke Korea pertama yang paling penting adalah dokumen perjalanan, yaitu paspor, visa, tiket pesawat PP, dan  asuransi perjalanan. Pengurusan visa ke Korea bisa kamu cek pada artikel berikut : Panduan Cara Membuat & Syarat Visa Korea Terbaru

(2) Uang Tunai

Uang tunai yang harus kamu siapkan tentunya dalam bentuk won ya, kamu bisa tukar mata uang rupiah ke won sebelum berangkat. Kamu juga bisa menukar mata uang uang rupiah ke dolar kemudian baru menukarnya ke won setelah sampai di Korea.

(3) Persiapkan Barang yang Perlu Dibawa

Bawa barang seperlunya saja. Bawa baju sesuai musim di Korea, sepatu, dan jangan lupa juga dengan kebutuhan lainnya, seperti underwear, toiletries, P3K, dompet, kacamata, charger, atau kamera. Jika kamu suka ngemil kamu juga bisa bawa makanan ringan. 

(4) Buat Itinerary

Itinerary atau rencana perjalanan akan sangat membantu keberhasilan sebuah liburan, lho. Buat secara lengkap, tulis jadwal dan tempat wisata yang akan dikunjungi, agar perjalananmu lancar dan nyaman.

(5) Siapkan Budget Liburan

Setelah membuat itinerary lengkap, kamu bisa menghitung budgetnya, tentunya kamu harus menyiapkannya sebelum liburan. Hitung dengan rinci dan mendetail, dengan budget yang kamu punya saat ini, kamu bisa berlibur berapa hari dan bisa mengunjungi tempat mana saja. 

(6) Tiket Pesawat

Kamu bisa mencari informasi tawaran promo tiket ke Korea supaya bisa hemat budget, dan bisa menyiapkan tiketnya dari jauh-jauh hari.

(7) Booking Penginapan

Cari penginapan jauh-jauh hari agar bisa dapat tempat yang sesuai dengan kantong dan keinginan kamu. Pastikan untuk mencari tempat penginapan yang strategis dan dekat dengan tempat transportasi. 

(8) Internet Selama di Korea

Biar bisa update di sosial media selama liburan, kamu perlu pikirkan akses internetnya. Kamu bisa menggunakan WiFi portable atau dengan membeli SIM-card baru.  

Demikian beberapa tips dan persiapan serta rekomendasi tempat liburan di Korea yang bisa kamu jadikan referensi. Persiapkan dengan matang ya, semoga perjalananmu menyenangkan.

Sebelum liburan dan pergi ke Korea, yuk bekali dirimu dengan mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap! Di sana kamu bisa belajar banyak materi dan percakapan bahasa Korea langsung bersama para Ssaem Cakap.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat