13 Kata-Kata Mutiara Bahasa Jepang dan Artinya

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Bahasa Jepang

Engga heran kalau banyak orang suka sama kata mutiara. Pasalnya, rangkaian kata demi kata yang tersusun dalam kata mutiara itu berisi maksud yang sangat bagus untuk kesenjangan umat manusia.

Apabila bisa diibaratkan, kata mutiara ini seperti suntikan semangat untuk orang-orang yang sedang lelah dalam hidupnya. Bagaimana tidak, apabila kita bisa memahami kata-kata mutiara, tentu saja kita akan mengangguk paham dan mulai memahami betapa indahnya hidup di dunia ini.

Merunut pada pengertiannya, kata mutiara ini dapat diartikan sebagai suatu akar kata yang memiliki arti yang sangatlah mahal, bahkan bisa jadi kata-kata mutiara tersebut setara dengan hal-hal yang bersifat mulia, seperti halnya perhiasan-perhiasan yang mahal dan yang mana bisa dipergunakan untuk kehidupan manusia dan memuliakan manusia.

Sebelum itu, kamu harus tahu tentang huruf jepang  yaitu hiragana dan katagana. Barulah setelah itu kamu mempelajari tentang kumpulan kata-kata mutiara bahasa Jepang. 

Oleh karena itu, tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk, mari kita lihat apa saja kumpulan kata-kata mutiara bahasa Jepang yang bisa memberikan suntikan semangat kepada kita semua:

1. Kata Mutiara Bahasa Jepang Pertama

 

あなたは何が起こっても、あきらめるべきではありません。 私は、あなたが降りてくるのではなく昇るための道具としてあなたに何が起こってもそれを使うべきです

Anata wa nani ga okotte mo, akiramerubekide wa arimasen. Watashi wa, anata ga orite kuru node wanaku noboru tame no dōgu to shite anata ni nani ga okotte mo sore o tsukaubekidesu

Kamu seharusnya tidak menyerah terhadap apapun yang terjadi padamu. Maksudku, kamu seharusnya menggunakan apapun yang terjadi padamu sebagai alat untuk naik, bukan turun

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah: Dalam hidup ada baiknya kita tidak boleh mudah menyerah. Pada dasarnya, meskipun berkali-kali kita menemui kegagalan dalam hidup, kita harus bisa tetap berjuang melawan masalah-masalah yang mendera agar bisa hidup dengan baik.

Hal yang harus diingat, kegagalan adalah katrol yang akan menaikkan derajat kita ke tingkatan yang lebih tinggi lagi. Jadi, meskipun gagal, teruslah berjuang untuk naik dan naik ke tahapan yang lebih kuat.

2. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kedua

 

人生は贈り物であり、人生はより良い人間になるための特権、機会、責任を私たちに与えてくれます

Jinsei wa okurimonodeari, jinsei wa yoriyoi ningen ni naru tame no tokken, kikai, sekinin o watashitachi ni ataete kuremasu

Hidup adalah sebuah pemberian, dan hidup memberikan kita keistimewaan, kesempatan, dan tanggungjawab untuk menjadi seseorang yang lebih baik

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah: Bahwasanya hidup ini merupakan pemberian dari Yang Maha Kuasa, yang mana harus kalian pertanggung jawabkan. Di dunia ini, kalian tidak akan pernah tau kapan waktunya sebuah anugerah tiba, dan kapan waktu musibah akan mendera nantinya.

Namun yang jelas, setidaknya, dalam hidup kalian harus bisa melakukan sesuatu agar supaya bisa mendapatkan hasil yang setimpal. Setiap orang yang berbuat baik, akan mendapat anugerah yang setimpal. Pun juga setiap orang yang berbuat buruk juga akan mendapat musibah yang setimpal pula.

Jadi, lakukan usaha-usaha terbaik dalam hidup agar hidup kalian berarti, sehingga apabila kelak kita mati, semua orang akan mengenang kita sebagai orang baik.

3. Kata Mutiara Bahasa Jepang Ketiga

 

神は一つの理由ですべてが起こるようにします。 すべてが学習プロセスであり、あなたはあらゆるレベルを通過しなければなりません

Kami wa hitotsu no riyū de subete ga okoru yō ni shimasu. Subete ga gakushū purosesudeari, anata wa arayuru reberu o tsūka shinakereba narimasen

Tuhan membiarkan semuanya terjadi dengan satu alasan. Semua itu adalah sebuah proses belajar dan kamu harus melewati setiap tingkatannya

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwasanya kehidupan merupakan tempatnya kita untuk belajar. Ya, jadikan kehidupan sebagai kesempatan untuk kita belajar segala hal. Jangan pernah menyerah ketika hambatan muncul atau kegagalan yang tiba-tiba menerpa. Namun, percayalah selalu bahwa hambatan dan kegagalan itulah yang kelak akan membawa kita menuju jalan keberhasilan.

Intinya, kita tidak pernah tau bagaimana hidup kita esok hari apabila ketika menghadapi masalah saja kita sembunyi, dan tidak mau terus-terusan belajar. Jadi, majulah untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

4. Kata Mutiara Bahasa Jepang Keempat

 

あなたのチャンスを作ってください! 人生は機会です。 一般的に最も遠くに運転した人は、何かをしたいと敢えて望む人です

Anata no chansu o tsukutte kudasai! Jinsei wa kikaidesu. Ippantekini mottomo tōku ni unten shita hito wa, nanika o shitai to aete nozomu hitodesu

Buatlah kesempatanmu! Hidup adalah sebuah kesempatan. Seseorang yang melaju paling jauh pada umumnya adalah dia yang ingin dan berani melakukan sesuatu

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah kita jangan pernah berdiam diri dan membayangkan akan hal indah yang kita cita-citakan. Namun, ada baiknya kita melakukan aksi untuk mencapai yang diinginkan agar supaya kita tidak termakan ilusi sesaat.

Percayalah, apabila kita mau bangkit dan berusaha, Tuhan pasti melihat kemauan kita dan kita bisa merubah nasib untuk menjadi manusia yang lebih baik. Oleh karena itu, kunci utama dari bermimpi dan mendapatkan kesempatan adalah dengan beraksi.

5. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kelima

幸せな家族は早く来る天国です

Shiawasena kazoku wa hayaku kuru tengokudesu

Sebuah keluarga yang bahagia merupakan sebuah surga yang datang lebih awal

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwasanya keluarga merupakan anugerah terindah yang dimiliki setiap orang ketika hidup. Ada banyak inspirasi, pembelajaran, dan juga hal-hal lainnya yang bisa kita dapatkan ketika bersua bersama keluarga.

Ketika masalah mendera, ketika stres tiba, ketika bimbang melanda, keluargalah yang menjadi tempat utama untuk berbagi. Jadi, cintailah keluarga kita sebagaimana kita mencintai surga yang ada di hadapan kita kelak.

Mau Les Bahasa Jepang Tanpa Keluar Rumah? Yuk Gabung Cakap!

6. Kata Mutiara Bahasa Jepang Keenam

すぐに虫を得る鳥

Sugu ni mushi o eru tori

burung yang cepat akan mendapatkan cacing

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwa seseorang yang cekatan dan rajin, kelak dia akan mengalahkan orang-orang yang malas dalam hidupnya. Dari kata mutiara bahasa Jepang ini kita bisa melihat bagaimana kepribadian orang Jepang yang tidak pernah mau membuang-buang waktu.

Tapi tentu saja, kita harusnya bisa mencontoh orang-orang Jepang yang tidak suka membuang waktu. Pada dasarnya, orang yang hanya membuang-buang waktunya kelak dia akan menjadi manusia yang merugi dan penuh penyesalan di dalam hidupnya. Jadi, jangan pernah menjadi orang yang diakhir nanti merasa menyesal tak henti-henti ya.

7. Kata Mutiara Bahasa Jepang Ketujuh

他の人が話すときは、完全に聴きなさい。 ほとんどの人は聞いていない

Hokanohito ga hanasu toki wa, kanzen ni kiki nasai. Hotondo no hito wa kiite inai

Ketika orang lain berbicara, dengarkan sepenuhnya. Kebanyakan orang tidak mau mendengar

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwa kebijaksanaan kita kelak akan muncul ketika kita banyak mendengarkan. Dengan mau untuk mendengar, kita akan bisa mendapatkan inspirasi hidup yang baru untuk menunjang kehidupan yang lebih baik. Inspirasi itu menjadi kata-kata mutiara dalam kehidupan sehari-hari yang lebih menghidupkan.

Kita akan bisa menemukan cara-cara baru yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Jadi, belajarlah untuk mau mendengar, bukan hanya dengan telinga tetapi juga dengan perasaan. Dengarkan sepenuhnya keluhan dan cerita orang, nah disitulah jalan hidup kalian kelak akan ditentukan.

8. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kedelapan

人生は成長を続けています。 私たちが肉体的、精神的に成長を止めれば、私たちは死んだ人々のようなものです

Jinsei wa seichō o tsudzukete imasu. Watashitachi ga nikutai-teki, seishintekini seichō o yamereba, watashitachiha shinda hitobito no yōna monodesu

Kehidupan terus berkembang. Jika kita berhenti berkembang, secara fisik dan mental, kita sama saja dengan orang mati

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah kita harus bisa melihat kehidupan ini dengan kacamata yang baik, dan yakinlah bahwa setiap kedipan mata yang kita lakukan, dunia senantiasa berubah dengan cepat. Jadi, dengan perubahan dunia yang berangsur cepat, kita pun juga harus bisa merubah diri menjadi lebih baik lagi.

Ubahlah diri kita dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kelak akan berdampak besar bagi diri kita. Kita bisa berkembang karena kita ingin jadi lebih baik, jadi lakukan yang terbaik selagi masih diberi kesempatan.

9. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kesembilan

私は人生のあらゆる出来事が恐怖ではなく愛の機会に起こると信じています

Watashi wa jinsei no arayuru dekigoto ga kyōfude wanaku ai no kikai ni okoru to shinjite imasu

Saya percaya bahwa setiap kejadian dalam hidup terjadi dalam kesempatan untuk cinta, bukanlah ketakutan

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwasanya setiap kejadian yang menerpa hidup kita, seharusnya bisa membuat kita semakin mencintai hidup. Itulah seni dari kehidupan.

Kegagalan, keberhasilan, kenikmatan, dan kesengsaraan merupakan bumbu-bumbu kehidupan yang kelak pasti akan kita jalani. Jadi, biasakanlah. Kegagalan terlalu fana untuk membuat kita takut. Kesulitan hidup terlalu sepele untuk membuat kita menyerah. Kesengsaraan hidup terlalu singkat untuk membuat kita berhenti berjalan. Jadi, percayalah bahwa setiap lekuk kehidupan yang kita jalani, kelak ada banyak jalan kebahagiaan yang bisa kita temui disana.

10. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kesepuluh

誰もが共感感を持っていると思う。 ただ、私たちはそれを示す勇気はありません

Daremoga kyōkan-kan o motte iru to omou. Tada, watashitachi wa sore o shimesu yūki wa arimasen

Saya rasa semua orang mempunyai rasa empati. Hanya, kita yang tidak mempunyai keberanian untuk menunjukkannya

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki jutaan emosi dan juga ekspresi. Di antara jutaan emosi dan juga ekspresi itu, terselip rasa empati di dalamnya. Itulah yang menjadi kelebihan dari manusia, ketimbang makhluk hidup lainnya.

Namun, ada beberapa orang yang mungkin kurang menyadari hal tersebut, sehingga masih banyak orang yang tidak tau dimana letak empatinya. Namun yang jelas, setiap orang pasti memiliki rasa empati.

11. Kata Mutiara Bahasa Jepang Kesebelas

愛があれば何も必要ありません。 しかし、もしあなたがそれを持っていなければ、あなたが持っているものはそれに価値がないでしょう

Ai ga areba nani mo hitsuyō arimasen. Shikashi, moshi anata ga sore o motte inakereba, anata ga motte iru mono wa sore ni kachi ga naideshou

Kalau kau memiliki cinta, kau tak akan memerlukan apapun. Tapi kalau kau tidak memilikinya, apapun yang kau punyai tak akan terasa berharga

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah tentang peringatan bahwa ada banyak hal yang berharga dalam hidup. Setiap orang tau bahwa kesuksesan, harta, dan tahta merupakan sumber kebahagiaan yang dicari umat manusia. Namun, terlepas dari semua hal itu, ada satu hal yang menjadi patokan utama untuk berbahagia.

Cinta.

Bagaimana orang kaya, sukse, berharta, dan berpangkat tinggi akan bahagia dalam hidupnya apabila dia tidak memiliki cinta?

12. Kata Mutiara Bahasa Jepang Keduabelas

人生はあなたに起こるもののとあなたの反応の

Jinsei wa anata ni okorumonono 10-pāsento to anata no han’nō no 90-pāsento

Hidup terdiri dari sepuluh persen apa yang terjadi padamu dan sembilan puluh persen bagaimana kau meresponnya

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah bahwa orang-orangyang sukses di luar sana itu tidak mendapatkan kesuksesan secara instan begitu saja. Jangan pernah mengira bahwa diri kitalah yang pernah mengalami masa-masa sulit, sedangkan orang sukses itu jalannya mulus-mulus saja.

Namun, percayalah bahwa setiap orang pasti pernah menapaki jalan terjal di dalam hidupnya. Hanya saja, bisakah kita tetap menjalani hidup beserta masalah-masalah di dalamnya tanpa mengeluh dan menyerah?

13. Kata Mutiara Bahasa Jepang Ketigabelas

人生での悲劇は、私たちが年を取ることですが、遅すぎて賢明ではありません

Jinsei de no higeki wa, watashitachi ga toshi o toru kotodesuga, oso sugite kenmeide wa arimasen

Tragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua, namun terlambat untuk jadi bijaksana

Makna dari kata mutiara bahasa Jepang ini adalah untuk mengingatkan kepada kita untuk lekas bergerak ketika kita menginginkan atau memimpikan sesuatu. Terkadang, memang ada rasa ragu dan rasa malas yang membelenggu.

Hingga nantinya, tanpa kita sadari, waktu telah berjalan sangat cepat meninggalkan impian-impian yang kita rencanakan. Sedihnya, waktu itu tidak akan pernah kembali.

Jadi, jangan pernah ada penyesalan ketika waktu-waktu itu bergulir cepat meninggalkan kita. Lakukan yang terbaik untuk mencapai asa dan cita yang kita impikan.

Nah, kira-kira itulah kumpulan kata-kata mutiara bahasa Jepang yang harus kalian ketahui secara jelas. Harapan kami di sini membagikan pembelajaran mengenai kata-kata mutiara bahasa Jepang adalah untuk memompa semangat kalian akan kehidupan, pun juga akan gairah kalian untuk belajar bahasa Jepang.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat