Kumpulan Khutbah dan Ceramah dalam Bahasa Inggris Lengkap

ceramah-bahasa-inggris

Ceramah dan khutbah merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh individu untuk menyampaikan informasi pada khalayak ramai.  Biasanya kita bisa menjumpainya di tempat ibadah atau forum resmi lainnya. Khutbah dan ceramah memiliki peran strategis dalam ikut serta melakukan perubahan kondisi masyarakat menuju kearah yang lebih baik. Tak hanya disampaikan dengan bahasa Indonesia saja, khutbah dan ceramah juga bisa disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Berikut merupakan hal yang harus kamu perhatikan jika ingin menyampaikan khutbah atau ceramah dalam bahasa Inggris.

Table of Contents

Bahasa Inggris Khutbah dan Ceramah

Ceramah atau dalam bahasa Inggris disebut dengan lecture merupakan pembicaraan yang dilakukan di depan umum yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. 

Dikutip dari buku Tekun Berbahasa Indonesia (2020) karya Churin In Nabillah, ceramah merupakan jenis pidato yang berkaitan dengan masalah pendidikan, ilmu pengetahuan, atau keagamaan. Topik yang bisa disampaikan dalam ceramah antara lain tentang pendidikan, sosial, ekonomi hingga agama. 

Khutbah atau dalam bahasa Inggris disebut dengan sermons merupakan kegiatan dakwah yang bertujuan untuk mengajak dan meningkatkan ketakwaan serta keimanan pendengarnya. Dalam penyampaiannya khutbah disampaikan dalam forum resmi dan tempat yang dianggap sakral. 

Naskah ceramah bahasa Inggris yang baik adalah naskah yang memiliki struktur sesuai dengan tujuan pidato. Jika Anda ingin membuat pidato bahasa Inggris yang informatif, maka susunlah kerangka naskah secara kronologis sehingga Anda dapat menyampaikan informasi secara runtut dan jelas. Jika Anda ingin membuat ceramah yang persuasif, maka uraikan masalah yang ada dan kemudian memberikan solusi yang  dapat menjadi pintu keluar untuk pokok permasalahan tersebut.

Bagian atau Struktur yang Harus Ada Dalam Ceramah

Ceramah merupakan salah satu cara yang digunakan untuk komunikasi yang dilakukan oleh pembicara di depan umum. Maka dari itu, para penceramah harus memiliki public speaking yang bagus serta mampu menyusun isi teks ceramah yang berbobot dan bernilai.

Teks ceramah bertujuan untuk memberikan petunjuk, sebagai nasihat atau petuah secara lisan. Informasi yang disampaikan juga sesuai dengan tema yang dipilih. Berikut merupakan struktur yang harus ada dalam ceramah.

(1) Pembuka

Pada bagian pembuka ada beberapa hal yang harus ada, seperti salam pembuka, ucapan rasa syukur, dan pengantar ke arah topik utama.

(2) Bagian Isi

Isi yang harus disampaikan dalam khutbah atau ceramah haruslah sesuatu yang informatif. Kamu harus menyusun kalimat dengan baik dan logis dan gunakan sumber terpercaya untuk memvalidasi. 

(3) Bagian Penutup

Bagian terakhir dari struktur ceramah adalah penutup. Bagian ini berisi kesimpulan berdasarkan hal-hal yang sudah disampaikan. Hal yang juga tidak boleh dilupakan adalah menyampaikan permintaan maaf, ucapan terima kasih dan salam penutup.

untuk dapat membuat naskahnya, kamu bisa mulai dengan membuat naskah dalam bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris dengan tetap memperhatikan grammar-nya, ya.

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Contoh Khutbah dan Ceramah Dalam Bahasa Inggris

Salah satu catatan penting dalam membuat khutbah dan ceramah bahasa Inggris adalah materi yang update dan mampu memperkuat potensi yang ada pada jamaah.

Berikut merupakan contoh khutbah dan ceramah dalam bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh Ceramah “Perbaiki Kualitas Hidup pada Lailatul Qadar”

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahirabbil ‘alamin was-shalatu-was-salamu ‘ala asrofil ambiyai walmursalin wa’ala alihi wa ashabihi ajma’in. Amma ba’du.

First of all, let’s praise and give thanks to Allah. Let’s be grateful for the abundance of His grace and goodness. Only by the grace of Allah can we be healthy, and well to carry out our activities. Hopefully, our worship can complete our fasting in this blessed month. 

Secondly, shalawat and greetings, let us praise the Prophet Muhammad SAW (Peace be upon him), his family, companions, and followers who faithfully follow his example. May all our affairs be eased by Allah, and later in the hereafter we will receive his protection, amen.

On this occasion, I would like to discuss “Improving the Quality of Life in Lailatul Qadar”

Ladies and gentlemen, one of the things to look forward to in this Ramadan month is Laelatul Qadar. In the last third of this blessed month, there is the night of Lailatul Qadar, the night of determination or determination in a night glorified by Allah more than any other nights. On that blessed night, all human affairs or servants who “fight” and “hunt” for the blessings of the night of Laylatul Qadr can change and improve the “destiny” of the road and a better quality of life. Among the glory of the night is marked by a night full of blessings, as Allah says in QS Ad-Dukhan: 3-4

Meaning: “Indeed, We sent it down (the Qur’an) on a blessed night. And indeed, we are the ones who warn. That night explained all matters full of wisdom”.

There is a strong opinion about when Lailatul Qadar will come, namely the opinion of Ibn Hajar in Fathul Bari that Lailatul Qadar takes place on the odd night of the last ten nights and the time varies from year to year. Maybe in a certain year, it occurs on the twenty-seventh night, or in the following year, it occurs on the twenty-fifth night, depending on Allah SWT’s will. 

Ladies and gentlemen, in this case, can be concluded, for the remaining ten days, let’s try to hunt and pursue the night of Laylatul Qadr. May Allah, who rules over nature, allow and will us as a team to be granted the glory of the night of Laylatul Qadr. May Allah change our lives for better quality. Only to Allah can we find pleasure.

Thank you very much for your attention. I apologize deeply for any inconvenience caused. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, alhamdulillahirabbil ‘alamin was-shalatu was-salamu ‘ala asrofil ambiyai wal mursalin wa’ala alihi wa asabihi ajma’in. Amma ba’du.

Pertama-tama, mari kita berdoa dan bersyukur kepada Allah. Mari kita syukuri segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Hanya dengan rahmat Allah kita bisa sehat, bugar, dan menjalankan aktivitas kita. Semoga ibadah kita bisa menyempurnakan puasa kita di bulan yang penuh berkah ini.

Kedua, shalawat dan salam, marilah kita memuji Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia mengikuti teladannya. Semoga segala urusan kita dimudahkan oleh Allah, dan kelak di akhirat nanti kita mendapat perlindungannya. Aamiin

Pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas “Meningkatkan Kualitas Hidup di Lailatul Qadar”.

Ibu-Ibu dan bapak-bapak, salah satu hal yang dinantikan di bulan Ramadan ini adalah Lailatul Qadar. Di sepertiga akhir bulan yang diberkahi ini, terdapat malam Lailatul Qadar, yaitu malam penetapan di malam yang dimuliakan oleh Allah lebih dari malam lainnya. Pada malam yang diberkahi itu, semua urusan manusia atau hamba yang “berjuang” dan “berburu” berkah malam Lailatul Qadar dapat mengubah dan memperbaiki “takdir” jalan dan kualitas hidup yang lebih baik. Di antara kemuliaan malam ditandai dengan malam yang penuh berkah, sebagaimana firman Allah dalam QS Ad-Dukhan: 3-4

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam yang diberkahi. Dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Malam itu menjelaskan segala urusan yang penuh hikmah”.

Ada pendapat yang kuat tentang kapan Lailatul Qadar datang, yaitu pendapat Ibnu Hajar dalam Fathul Bari bahwa Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil sepuluh malam terakhir dan waktunya berbeda-beda dari tahun ke tahun. Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam ke dua puluh tujuh, atau pada tahun berikutnya terjadi pada malam ke dua puluh lima, tergantung kehendak Allah SWT.

Saudara-saudara sekalian, dalam hal ini dapat disimpulkan, selama sepuluh hari yang tersisa, mari kita coba berburu dan mencari malam Lailatul Qadar. Semoga Allah yang menguasai alam mengizinkan dan menghendaki kita sebagai satu tim dianugerahi kemuliaan malam Lailatul Qadar. Semoga Allah mengubah hidup kita menjadi lebih berkualitas. Hanya kepada Allah kita dapat menemukan kesenangan.

Terima kasih banyak atas perhatiannya. Mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

So, demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam khutbah dan ceramah bahasa Inggris. Kamu juga bisa menggunakan contoh tersebut sebagai bahan referensi saat akan membuat teks khutbah atau ceramah dalam bahasa Inggris di kemudian hari, ya!

Biar bahasa Inggrismu makin lancar dan cepat berkembang, yuk daftar kursus bahasa Inggris online Cakap! Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ambil, kamu juga bebas tentuin teacher-mu sendiri lho! Fleksibel banget bukan? So, tunggu apa lagi, cek dan daftar kelasnya sekarang!

(Konten telah ditinjau ulang oleh Teacher bahasa Inggris Cakap)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat