Debat Bahasa Inggris: Arti, Jenis, Tips, dan Contoh Topik untuk Siswa

debat bahasa Inggris
Photo by Werner Pfennig from Pexels

Debat bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang hampir selalu ada di setiap sekolah. Ada yang memiliki klub tersendiri dan ada punya yang menjadikannya lomba tahunan yang rutin dilaksanakan. Kali ini kita akan membahas seluk beluk debat bahasa Inggris, mulai dari pengertian hingga tipsnya. Baca sampai habis, ya!

Table of Contents

Debat Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, debat disebut dengan debate. Menurut Merriam Webster Dictionary, definisi debate adalah “A regulated discussion of a proposition between two matched sides.” Dalam bahasa Indonesia, hal tersebut berarti “Sebuah diskusi yang diatur tentang proporsi antara dua sisi yang bertanding.”

Secara umum, debat bahasa Inggris adalah diskusi formal tentang suatu topik tertentu di mana argumen-argumen yang berlawanan dikemukakan dalam bahasa Inggris. Debat biasanya melibatkan dua atau lebih orang yang menyajikan pandangan mereka dan mempertahankan posisi mereka melalui penggunaan bukti, alasan, dan persuasi. 

Tujuan dari debat sendiri adalah untuk menentukan argumen terbaik dan untuk sampai pada kesimpulan berdasarkan evaluasi kritis terhadap bukti dan argumen yang disajikan. Nggak heran kalau debat sering diadakan di sekolah, karena melatih kita menyampaikan argumentasi secara ilmiah dan mempertahankannya. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Jenis Debat Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada banyak jenis debat baik dari segi formalitasnya, lingkungan, hingga cara dan pembahasannya. Berikut adalah beberapa jenis debat bahasa Inggris yang cukup umum diadakan:

1. Formal Debate

Debat formal adalah debat yang terstruktur yang mengikuti format tertentu dan biasanya digunakan dalam lingkungan pendidikan atau politik. 

2. Cross-examination Debate

Jenis baru dari debat perguruan tinggi dua lawan dua yang membagi debat menjadi beberapa segmen atau periode, termasuk pengajuan pertanyaan untuk klarifikasi. 

3. Parliamentary Debate

Jenis debat formal yang didasarkan pada debat dalam sistem parlemen, dimana dua tim pembicara menyajikan argumentasi mereka dan melibatkan diri dalam interogasi bersama. 

4. Lincoln-Douglas Debate

Jenis debat formal yang fokus pada prinsip-prinsip filosofis di balik masalah tertentu, bukan kebijakan atau undang-undang tertentu.

5. Informal Debate

Merupakan debat yang tidak terstruktur yang tidak mengikuti format tertentu dan seringkali lebih bersifat konversasional.

debat bahasa inggris
Photo by Pavel Danilyuk

Contoh Topik Debat Bahasa Inggris

Debat sering diadakan di lingkungan akademik, seperti di SMA atau tingkat universitas. Berikut adalah beberapa topik yang bisa Sobat Cakap jadikan inspirasi: 

Contoh Topik Debat Bahasa Inggris SMA: 

  • Should cellphones be allowed in the classroom? (Haruskah ponsel diperbolehkan di kelas?)
  • The effects of social media on youth. (Dampak media sosial pada remaja.)
  • The role of technology in education. (Peran teknologi dalam pendidikan.)
  • Should the voting age be lowered to 16? (Haruskah usia minimal pemilih untuk pemilu diturunkan menjadi 16 tahun?)
  • The impact of fast food on health. (Dampak makan cepat saji pada kesehatan.)

Contoh Topik Debat Bahasa Inggris Universitas:

  • The morality of the death penalty. (Moralitas hukuman mati.)
  • The effects of globalization on the economy. (Dampak globalisasi pada ekonomi.)
  • Climate change and the responsibilities of developed countries. (Perubahan iklim dan tanggung jawab negara maju.)
  • Should the government regulate social media content? (Haruskah pemerintah meregulasi konten media sosial?)
  • The ethics of artificial intelligence and robotics. (Etika kecerdasan buatan dan robotika.)

Cepat Fasih Berbahasa Inggris dengan Belajar Bersama Teacher Asing Cakap

Tips Debat dalam Bahasa Inggris

Debat bahasa Inggris, pada umumnya sama dengan debat secara umum, tetapi menggunakan bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa tips debat bahasa Inggris untukmu:

1. Lakukan riset dan persiapan

Perkaya dirimu dengan informasi yang berhubungan dengan topik debat dari sumber terpercaya. Selain itu, pastikan kamu memahami argumentasi pro dan kontra dengan jelas.

2. Buat argumentasi yang terstruktur

Bangun struktur yang jelas untuk argumentasimu, termasuk pernyataan pembuka, poin utama, dan kesimpulan. 

3. Tingkatkan penggunaan bahasa Inggris

Pastikan materi yang kamu sampaikan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar secara tata bahasa, kosakata, maupun pengucapannya. 

4. Jangan lupa latihan

Latihan sangat diperlukan dalam debat bahasa Inggris, selain untuk menguji argumen, juga untuk berlatih menyampaikan argumentasi dengan pelafalan yang benar. 

5. Tetap tenang selama berdebat

Perdebatan bisa saja menjadi emosional dan intens, tetapi penting bagimu untuk tetap tenang dan profesional selama debat berlangsung. 

6. Dengarkan pihak lawan dengan seksana

Pastikan kamu memahami argumentasi lawan debat dan usahakan untuk menanggapi poin mereka dengan argumen yang relevan. 

7. Fleksibel

Ketika berdebat, pihak lawan mungkin menyampaikan hal yang kamu belum tahu, oleh karena itu fleksibilitas dalam menyesuaikan argumen balasan sangat diperlukan. 

8. Jangan bertele-tele

Saat menyampaikan argumentasi dalam bahasa Inggris, hindari penyampaian detail dan distraksi yang tidak perlu. Selain itu, usahakan tetap fokus pada topik yang dibahas. 

9. Percaya diri

Sampaikan argumentasimu dengan percaya diri dengan penggunaan bahasa, nada, serta gesture yang menunjukkan kepercayaan diri tersebut.n

10. Sopan

Selama berdebat, sangat penting untuk menunjukkan respect kepada lawan debat, moderator, dan audiens. Hindari serangan pribadi dan penggunaan bahasa negatif. 

Nah, demikianlah pembahasan mengenai debat bahasa Inggris, mulai dari pengertian, jenis, contoh topik, hingga tipsnya. Sobat Cakap yang ingin bisa bicara dan berdebat dengan lancar dalam bahasa Inggris, bisa banget belajar bahasa Inggris di Cakap, lho! Daftar kelasnya sekarang, yuk! 

Referensi:

  • merriam-webster.com
  • study.com
  • myperfectwords.com

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat