8 Jurusan Kuliah dengan Potensi Besar Kerja di Jepang

jurusan kuliah yang bisa kerja di jepang
Image by Freepik

Sobat Cakap tahu nggak, sih? Ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang lulusannya banyak banget dibutuhkan untuk bekerja di Jepang, lho! Kamu yang ingin kuliah dan bekerja di negara matahari terbit ini, pilihan jurusan yang tepat bisa jadi kunci kesuksesanmu, nih. 

Selain terkenal dengan anime, makanan lezat, dan teknologi canggihnya, Jepang juga punya industri yang berkembang pesat. Nah, dari sekian banyak jurusan, ada delapan yang paling relevan dan diminati di sana. Yuk, simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

Table of Contents

Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak

Permintaan akan lulusan di bidang ini tinggi karena perkembangan teknologi yang pesat di Jepang. Negeri sakura tersebut butuh banyak ahli untuk mengembangkan dan memelihara infrastruktur teknologi informasi mereka. Selain itu, tenaga ahli untuk merancang solusi inovatif dengan perangkat lunak juga masih terus dibutuhkan. 

Ilmu Komputer dan Sains Data

Nggak jauh-jauh dari teknologi, Jepang juga membutuhkan lulusan ilmu komputer dan sains data untuk dalam menghadapi tantangan analisis data yang kompleks.  Mereka akan berperan penting dalam mengelola data, mengembangkan kecerdasan buatan, dan memperkuat keamanan siber. 

Teknik Mesin dan Otomotif

Bicara tentang mesin dan otomotif, Jepang akan selalu jadi yang terdepan dan dikenal dengan kualitas dan inovasinya. Dalam industri manufaktur dan otomotif, lulusan teknik mesin dan otomotif dibutuhkan untuk merancang, memproduksi, dan memelihara peralatan dan kendaraan. 

Teknik Elektro dan Elektronika

Masih nggak jauh-jauh dari teknik, Jepang juga memiliki industri elektronik yang besar dan maju. Tenaga ahli di bidang elektronika dibutuhkan untuk mengembangkan dan memelihara perangkat elektronik, sistem kendali, dan teknologi telekomunikasi. Nggak heran kalau lulusan teknik elektronika termasuk yang banyak dibutuhkan di Jepang. 

Teknik Kimia dan Bioteknologi

Jika kamu lulusan Kimia atau Bioteknologi, kamu juga memiliki peluang kerja di Jepang, lho. Lulusan dalam bidang ini dibutuhkan dalam industri kimia, farmasi, dan bioteknologi untuk mengembangkan dan memperbaiki proses produksi dan teknologi di Jepang. 

Maksimalkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Kedokteran dan Kesehatan

Dengan populasi yang semakin menua, Jepang menghadapi tantangan dalam sistem perawatan kesehatan. Lulusan dalam bidang kedokteran, perawat, dan ilmu kesehatan lainnya sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan perawatan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jepang. 

Desain dan Seni

Selanjutnya adalah kabar baik untuk kamu yang tertarik dalam bidang industri kreatif. Selain teknologi, Jepang juga dikenal dengan inovasi mereka dalam bidang hiburan seperti game. Oleh karena itu, industri kreatif di Jepang saat ini masih membutuhkan profesional dalam desain grafis, animasi, dan seni digital.  

Lihat pilihan rekomendasi universitas : 7 Kampus Terbaik di Jepang untuk Kuliah Seni, Simak Yuk!

Bahasa dan Sastra

Dengan perkembangan bisnis internasional dan pariwisata di Jepang, profesional yang menguasai bahasa Jepang dan bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Jadi, lulusan Sastra Inggris di Jepang atau lulusan Sastra Jepang yang jago berbahasa Inggris memiliki banyak peluang untuk bekerja di Jepang. 

cara kerja di jepang
Image by Freepik

Cara Kerja ke Jepang untuk yang S1 di Indonesia

Cara paling realistis untuk bekerja di Jepang adalah dengan kuliah terlebih dahulu di sana dan mengambil salah satu jurusan di atas. Dengan demikian kamu sudah akan sudah lebih menguasai bahasa Jepang serta budaya dan masyarakatnya sebelum masuk ke dunia kerja. 

Meski demikian, kalau kamu sedang atau sudah menyelesaikan pendidikan S1-mu di dalam negeri, kamu masih punya peluang bekerja di Jepang. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Do your research!

Cari tahu dulu tentang karier di Jepang yang cocok buat kamu dan latar belakang pendidikanmu. Pelajari industri dan perusahaan yang mungkin butuh lulusan dari luar negeri, terutama dalam bidang yang kamu kuasai. 

2. Upgrade kemampuan bahasa Jepangmu

Selanjutnya, tingkatkan kemampuan bahasa Jepangmu! Makin fasih, makin bagus peluangmu. Cari kursus bahasa Jepang dan jangan lupa segera persiapkan dirimu untuk ujian JLPT minimal N3 agar kesempatan makin terbuka lebar. 

3. Cari lowongan kerja di Jepang

Kamu bisa menemukan lowongan kerja di Jepang lewat berbagai situs lowongan kerja internasional. Selain itu, kamu juga bisa mencari perusahaan multinasional yang menawarkan penempatan di Jepang. Coba cari tahu dari sekarang, ya! 

4. Persiapkan proses rekrutmen

Pastikan kamu mengirimkan CV terbaikmu dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris (sesuai diminta). Jika mendapat panggilan untuk mensetsu atau wawancara, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

5. Bersiap untuk berangkat ke Jepang

Selamat bagi kamu yang berhasil mendapatkan tawaran kerja! Mulai persiapan keberangkatanmu dengan mengurus visa kerja dan pastikan kamu melengkapi semua persyaratannya, ya! 

Nah, begitulah jurusan kuliah untuk kerja di Jepang dan cara bekerja di Jepang buat kamu yang punya gelar S1 di Indonesia! Dengan persiapan yang matang dan semangat pantang menyerah, kamu bisa menggapai mimpi kerja di negara matahari terbit ini. 

Jadi, jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut, tingkatkan bahasa Jepangmu, dan jangan lupa untuk berusaha dengan sungguh-sungguh dalam melamar pekerjaan. Kamu juga bisa menambah skill sesuai kebutuhan di Cakap Upskill, lho! Keep fighting and ganbatte! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 4+ years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap