Apa itu Internship? Cek Arti, Jenis, Syarat, & Cara Mendapatkan

internship-adalah

Internship adalah istilah keren dari kata “magang”. Internship ini biasanya sangat diminati oleh anak-anak mahasiswa semester 5 atau juga para fresh graduate yang sedang intens mencari pengalaman kerja. Mengambil program internship adalah langkah yang tepat terutama bagi kamu yang ingin belajar banyak hal dari para profesional untuk dapat mengembangkan pengetahuan di bidang tertentu.

Lewat artikel ini, kamu akan mendapatkan banyak informasi baru seputar apa itu internship, jenis-jenis, manfaat, cara mendapatkan, dan syarat internship. So, stay tuned ya Sobat Cakap!

Table of Contents

Apa Itu Internship?

Internship adalah kata bahasa Inggris. Jika diterjemahkan, dalam bahasa Indonesia intership disebut magang. Lengkapnya, arti internship adalah  program pelatihan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan guna memperdalam pengalaman kerja dan mengembangkan keterampilan bagi para mahasiswa atau kamu muda-mudi lainnya.

Selama proses magang, kamu bisa bekerja langsung untuk perusahaan bahkan bisa juga berpartisipasi dalam sebuah proyek, rapat, dan lain sebagainya. Dan di akhir masa magang, kamu akan mendapatkan sertifikat atau bisa juga berupa surat keterangan magang dari perusahaan tersebut.  

Program internship adalah waktu dan peluang yang tepat sebagai masa transisi dari “belajar” ke “bekerja”. Di sana kamu bisa mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan bebas mengajukan pertanyaan seputar pekerjaan pada karyawan-karyawan profesional.

Berapa lama internship?

Durasi program magang atau internship di setiap perusahaan atau organisasi berbeda-beda. Peserta yang mengikuti biasanya akan mengikuti durasi pada peraturan perusahaan atau perusahaan yang akan menyanggupi permintaan durasi intern dari calon peserta yang berasal dari sekolah atau universitas. Tetapi secara umum internship biasanya berlangsung dari beberapa minggu hingga beberapa bulan. Namun, durasi rata-rata Internship adalah antara 3 hingga 6 bulan.

Jenis-Jenis Internship

Kamu mungkin pernah bertanya, apakah internship digaji? Jawabannya adalah bergantung dengan jenis internship-nya. Nah, berikut ini ada beberapa contoh dari berbagai jenis magang.

(1) Paid Internships

Ini adalah jawaban dari pertanyaan apakah internship digaji? Paid internships biasanya bisa ditemukan di perusahaan-perusahaan besar, baik sektor swasta maupun sektor publik yang mengalokasikan dana ekstra untuk program magang berbayar. Wah menarik bukan? Kapan lagi bisa belajar sambil dibayar.

(2) Unpaid Internships

Jika paid internships adalah program magang yang dibayar, maka sebaliknya, unpaid internships adalah program magang tanpa dibayar. Pada program magang ini, peserta difokuskan untuk mencari pembelajaran dan pengalaman selama kesempatan magang yang diberikan.

(3) Non-profit Internships

Pernah dengan tentang program internship ini sebelumnya? Singkatnya, non-profit internships adalah jenis program magang seperti program sukarela (volunteer). Beberapa orang sering menyebutnya program magang di organisasi amal.

(4) University Internships

Jenis program selanjutnya adalah university internships. Dewasa ini, banyak universitas yang menawarkan atau bahkan mengharuskan siswanya untuk melakukan magang. University internships ini biasanya dikelola langsung dengan ketat oleh dosen atau pihak kampus.

Baca juga : Tertarik Magang ke Jepang? Cek Syarat & Jalur yang Tersedia

Syarat Internship

Syarat internship yang berlaku di setiap perusahaan biasanya berbeda-beda. Namun, umumnya inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika kamu akan mendaftar program internship.

  • Mahasiswa yang memiliki jurusan relevan dengan program internsip yang dibuka
  • Memiliki surat rekomendasi (jika peserta merupakan mahasiswa yang mengikuti program wajib magang dari kampus)
  • Dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok
  • Bisa berkomitmen melakukan pekerjaan selama kurun waktu yang ditentukan
  • Memiliki minat yang tinggi dan mau belajar
  • Melakukan pendaftaran dengan memberikan berkas-berkas yang dibutuhkan, seperti CV, fotocopy KTP, dan lain sebagainya.

Manfaat Mengikuti Program Internship

Mengikuti program internship memiliki segudang manfaat. Selain memperdalam ilmu dan pengalaman, ada manfaat dan keuntungan lain yang ditawarkan oleh program internship. Berikut ulasannya:

(1) Kemungkinan Diangkat menjadi Full-time

Ini adalah bentuk keuntungan yang pertama ketika kamu mengikuti program internship. Dengan mengikuti internship, kamu bisa berpeluang menjadi pegawai full-time atau penuh waktu di perusahaan tempat kamu magang. Tentunya, hal ini juga berdasarkan berbagai pertimbangan. Misalnya, selama internship berlangsung, kamu menunjukkan kinerja yang baik, cepat belajar, dan memiliki komitmen yang tinggi.

(2) Menambah Koneksi di Lingkungan Kerja

Koneksi sangatlah penting terutama dalam dunia karier dan orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Dengan mengikuti internship, kamu bisa menjalin banyak koneksi dari berbagai divisi yang ada di kantormu. Hal ini tentunya sangat bermanfaat terutama untuk memberikan informasi seputar dunia kerja.

(3) Menambah Pengalaman di CV atau Resume

Salah satu manfaat atau keuntungan utama yang didapat dari internship adalah bisa menambah pengalaman di CV atau resume. Ketika kamu akan melamar kerja sebagai full-time, para HR atau pihak perusahaan pasti menaruh perhatian yang lebih besar kepadamu jika dalam CV fresh graduate yang kamu punya ada sekumpulan pengalaman internship. Di situlah peluang kamu diterima kerja jadi lebih besar.

(4) Berkesempatan Merasakan Dunia Kerja

Mengikuti internship juga bisa membuatmu berkesempatan merasakan dunia kerja dan mengenal orang-orang di dalamnya. Seperti diketahui, dunia sekolah dan dunia kerja adalah dua hal yang sangat berbeda. So, internship bisa membantumu bersiap-siap sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja secara nyata.

Baca juga : Cara Kuliah Sambil Kerja serta Pekerjaan dan Tipsnya agar Lancar!

Cara Mencari Tempat Magang/Internship

Sebenarnya, cara mencari tempat untuk magang/internship tidak jauh berbeda seperti cara kamu mencari kerja. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tempat magang.

(1) Situs Pencarian Kerja Online

Kamu bisa mencari informasi tentang perusahaan yang sedang mencari internship lewat website pencarian kerja online. Di sana ada banyak informasi dari berbagai macam sektor industri. Bahkan kamu juga bisa menemukan peluang di situs web pemerintah.

Selain situs pencarian kerja online, kamu juga bisa mencari informasi magang di sosial media, seperti Instagram atau Facebook.

(2) Universitas atau Institusimu

Jika kamu masih kuliah, kamu juga bisa lho mencari informasi tempat magang lewat kampus atau institusi yang menaungimu saat ini. Para dosen dan pihak TU juga biasanya akan membantu dan memiliki informasi yang sangat berguna. Dan jangan lupa untuk terus memantau poster atau selebaran di mading kampus.

(3) Lamar Internship di Perusahaan yang Kamu Inginkan

Setiap orang pasti memiliki tempat kerja yang menjadi impian masing-masing. Kamu juga bisa lho mencoba menghubungi perusahaan yang kamu inginkan. Cek situs web mereka secara berkala, who knows sedang ada peluang magang di sana. Atau kamu dapat mengirim email lamaran internship, paling tidak bisa masuk jadi kandidat untuk peluang selanjutnya.

That’s all, semoga artikel di atas bisa membantu kamu mendapatkan informasi lebih seputar internship, ya!

Menambah pengalaman dan meningkatkan keahlian tidak hanya lewat internship lho, kamu bisa mengikuti kursus online bersertifikat di Cakap Upskill untuk mengembangkan skill yang kamu miliki!

Referensi:
-indeed
-themuse.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.