Surat Keterangan Magang: Contoh, Fungsi, dan Cara Mendapatkan

Bagi kamu yang sedang berencana mencari tempat magang, satu hal yang sebelumnya perlu kamu pahami, yaitu mengenai surat keterangan magang. Dokumen ini penting karena di dalamnya berisi rekomendasi dari pihak universitas untuk menambah kredibilitas kamu sebagai mahasiswa.

Beberapa universitas menjadikan magang sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa hingga mendapatkan gelar. Namun, perlu kamu ketahui bahwa setelah menyelesaikan magang, kamu juga akan mendapatkan surat keterangan magang dari perusahaan. Lantas apa perbedaannya dengan surat dari kampus? Yuk simak di sini!

Apa itu Surat Keterangan Magang?

Surat keterangan magang adalah surat rekomendasi yang diberikan oleh kampus kepada mahasiswa sebagai pengantar atau persyaratan ketika akan melakukan magang di suatu perusahaan. Dengan adanya surat keterangan magang, maka kredibilitas kamu sebagai mahasiswa tidak diragukan lagi.

Surat keterangan magang berisikan informasi terkait mahasiswa yang bersangkutan disertai permohonan izin secara resmi kepada perusahaan terkait kegiatan magang yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Dokumen ini sekaligus sebagai bentuk konfirmasi bahwa kamu merupakan mahasiswa yang terdaftar secara sah di universitas tersebut.

Perbedaan Surat Magang dari Universitas dan Perusahaan

Perlu kamu ketahui juga bahwa surat keterangan magang tidak hanya diterbitkan oleh pihak kampus namun bisa juga dikeluarkan oleh pihak perusahaan. Bedanya, surat dari perusahaan lebih banyak berisikan keterangan bahwa kamu telah menyelesaikan periode magang di sana. 

Selain itu, melalui dokumen ini pihak perusahaan dapat menyertakan komentar mengenai kinerja selama di melaksanakan kegiatan magang. Nah, surat ini bisa saja memberikan pengaruh terhadap karirmu kedepannya, lho.

Apakah sertifikat magang berguna untuk melamar pekerjaan? 

Ya, surat ini dapat berfungsi sebagai rekomendasi untuk melamar pekerjaan di kemudian hari bahkan bisa menjadi nilai lebih. Tidak jarang juga perusahaan akan membutuhkan surat keterangan magang ini sebagai bukti kamu benar melakukan magang dengan baik di perusahaan tersebut. 

Fungsi Surat Pernyataan Magang

Freepik

Baik surat keterangan magang dari kampus maupun perusahaan, keduanya berfungsi sebagai lampiran ketika kamu membuat laporan magang untuk diserahkan kepada pihak kampus. Perlu diingat bahwa status sebagai mahasiswa magang berbeda dengan aryawan.

Sehingga, kamu perlu membuat laporan setelah menyelesaikan periode magang agar kegiatan magang yang sudah kamu jalankan dapat diterima secara sah oleh kampus. Di samping itu, surat keterangan magang juga bisa masuk dalam CV kamu, lho.

CV adalah informasi mengenai profil hingga pengalamanmu yang digunakan untuk melamar pekerjaan. Melalui CV ini, HRD perusahaan akan melakukan skrining terkait calon karyawan yang lolos ke tahap selanjutnya. Dan tentu saja dengan adanya surat keterangan magang dari perusahaan akan memberikan nilai lebih pada CV milikmu.

Bagaimana Cara Mengajukan Magang ke Perusahaan?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan memulai magang adalah mencari perusahaan atau tempat magang yang sesuai, baik sesuai dengan program studi atau bakat dan minatmu. Namun, jika ditujukan sebagai syarat kelulusan, kamu lebih disarankan untuk memilih tempat yang sesuai dengan bidang studimu.

Tak jarang pihak universitas menjalin kerjasama dengan beberapa perusahan, baik itu company atau startup untuk memudahkan mahasiswanya mencari tempat magang atau pekerjaan di masa depan. Cobalah untuk memasukkan CV di perusahaan tersebut. Siapa tahu kamu lolos!

Kamu juga bisa mencari tempat magang secara mandiri, lho. Jangan lupa mempersiapkan segala administrasi yang dibutuhkan, salah satunya surat keterangan magang kemudian CV dan portofolio. Ketiga dokumen tersebut harus sudah kamu siapkan sebelum melamar ke tempat magang.

Jika semua dokumen sudah siap, maka kamu bisa langsung memasukkan CV tersebut ke perusahaan. Tunggu beberapa waktu, apabila kamu lolos, maka kamu akan mendapatkan undangan untuk melakukan interview bersama HR. Setelah itu tinggal mengikuti arahan dari HR, ya!

Contoh Surat Keterangan Magang 

Apabila kamu tidak mendapatkan template surat dari pihak kampus, contoh surat magang berikut ini bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Contoh Surat Keterangan Magang dari Kampus

Jakarta, 05 Januari 2023

Nomor:
Lampiran:
Perihal:

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan (nama perusahaan)
(alamat perusahaan)

Dengan hormat,

Sehubungan dengan visi dan misi Universitas (nama kampus) untuk mencetak generasi terbaik dalam bidanya, maka diperlukan pengetahuan dan wawasan mengenai pekerjaan secara profesional agar mampu menghadapi persaingan di dunia kerja.

Oleh karena itu, melalui surat ini kami bermaksud mengajukan izin keikutsertaan kegiatan magang atas nama mahasiswa di bawah ini:

Nama:
NIM:
Program Studi:
Semester:

Untuk menjalankan program magang selama (periode magang) mulai (waktu masuk magang) hingga (waktu selesai magang) di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

(Nama dan jabatan)

Contoh Surat Keterangan Magang dari Perusahaan

PT. Maju Nugraha Permata

Surat Keterangan Magang

Nomor:
Lampiran:
Perihal:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama: 
Jabatan / posisi: 
Divisi:

Menerangkan bahwa : 

Nama: 
Asal universitas: 

Telah menjalankan program Magang Kerja Kampus Merdeka di PT. Maju Nugraha Permata sebagai Graphic Designer selama 3 bulan sejak 12 Juli 2022 sampai 30 September 2022 dengan SANGAT BAIK. Pihak bersangkutan telah menyelesaikan tugas dan mampu memberi inovasi yang membantu project agar berkembang. 

Demikian surat keterangan magang kerja ini kami sampaikan dengan benar. Terima Kasih.

Hormat kami,

(Nama dan jabatan)

Tips Magang bagi Mahasiswa

Freepik

Selain mempersiapkan surat keterangan magang dan kawan-kawanya, apa saja tips yang bisa kamu terapkan sebagai mahasiswa agar dapat menjalankan kegiatan magang dengan lancar? Yuk simak tips-tips berikut ini.

1. Rajin Mencari Lowongan Magang dari Jauh Hari

Sebelumnya, kamu dapat mencari tahu apakah universitas tempatmu kuliah memiliki kerjasama dengan perusahaan untuk program magang. Jika iya, maka kamu dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mendapatkan tempat magang. 

Namun, apabila kamu menginginkan perusahaan lain yang tidak ada dalam daftar kerjasama, maka rajin-rajinlah untuk mengecek apakah perusahaan tersebut membuka lowongan magang. Saat ini bahkan sudah banyak lowongan magang yang tersedia, baik onsite maupun online, sehingga memudahkan kamu untuk magang dari mana saja.

2. Menyiapkan CV yang Menarik

Meski kamu sudah menyiapkan CV sejak awal, pastikan kamu tidak asal dalam membuatnya, ya. Perhatikan beberapa skill yang perlu dimasukkan dalam CV, misalnya hard skill dan soft skill kamu. Masukkan semua pengalaman yang pernah kamu kerjakan, baik itu organisasi, komunitas, dan sebagainya.

Intinya, buat CV semenarik mungkin untuk menunjukkan bahwa kamu adalah mahasiswa yang aktif, menyukai tantangan baru, serta berkeinginan kuat untuk berkembang. HRD akan lebih menyukai CV yang tidak bertele-tele tetapi mampu memperlihatkan nilai dari orang tersebut.

3. Nikmati Pengalaman Magang 

Terakhir, ketika kamu sudah magang dan memulai kegiatanmu, usahakan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Gunakan segala kesempatan untuk mempelajari hal baru dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Jangan takut atau malu untuk bertanya dengan senior atau rekanmu, ya.

Dengan memiliki pengalaman magang, nantinya kamu akan lebih siap untuk terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Melalui program magang ini juga kamu akan lebih memahami ke mana arah karirmu kedepannya, akan lebih mudah dalam menemukan apa yang kamu suka dan tidak sukai dalam hal pekerjaan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu surat keterangan magang, termasuk juga di dalamnya perbedaan surat magang universitas dan perusahaan, fungsi, contoh, hingga tips magang untuk mahasiswa. Kegiatan ini selain menjadi persyaratan kelulusan juga memberikan pengalaman bagi kamu, lho!

Nah, saat ingin memulai magang, tentu saja kamu disarankan untuk menguasai bahasa Inggris sebagai salah satu skill dasar yang kini dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Buat kamu yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris, yuk ikuti kelas online bahasa Inggris dasar untuk mahasiswa di Cakap Upskill!

Referensi

  • Glints
  • Cakeresume

Baca juga : 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap