Apa Itu Imperative Sentence dan Bagaimana Contohnya?

imperative sentence

Setiap kalimat memiliki jenis dan kategorinya masing-masing. Salah satu fungsi dari jenis kalimat adalah memperjelas makna atau tugas apa yang ingin disampaikan oleh sebuah kalimat. Kalimat imperative atau imperative sentence menjadi salah satu jenis kalimat yang kedudukannya dapat menyatakan larangan atau keharusan.

Imperative sentence dikenal juga sebagai kalimat yang pelafalannya tidak dapat lepas dari intonasi. Kalimat ini juga sangat berkaitan dengan nada dari penutur, loh. Lantas, apa makna sebenarnya dari kalimat imperative? Dan bagaimana contoh penggunaanya? Cari tahu jawabannya dalam penjelasan di bawah ini!

Pengertian Imperative Sentence

source: giphy.com

Secara sederhana, kalimat imperative adalah kalimat yang mengandung makna larangan atau perintah (command). Namun, lebih dari sekedar itu imperative sentence juga dapat berfungsi sebagai kalimat yang berisi peringatan (warning), instruksi (instruction), ajakan (invitation), nasehat (advice), dan permintaan (request).

Imperative sentence sangat berkaitan dengan intonasi. Biasanya intonasi ini menyesuaikan dengan isi dan makna apa yang ingin disampaikan. Hal itulah yang biasanya menjadi pembeda antara kalimat imperative dengan kalimat biasa.

Agar pemahamanmu mengenai imperative sentence semakin jelas, perhatikan contoh penggunaan imperative sentence di bawah ini!  

Contoh penggunaan Imperative Sentence

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, imperative sentence memiliki banyak fungsi dan bisa digunakan untuk berbagai hal, dari yang berbau perintah sampai hal yang berbau permintaan. Di sini kamu akan tahu satu persatu fungsi dan penggunaan dari imperative sentence lengkap dengan contohnya.

14 Hari Belajar Bahasa Inggris Gratis di Cakap, Khusus untuk Pengguna Baru

Perintah (Command) dan Prohibition

Kalimat ini digunakan untuk menyampaikan larangan atau perintah. Imperative sentence yang berfungsi sebagai kalimat perintah biasanya lekat penulisannya dengan tanda baca (!) yang disematkan di akhir kalimat atau penggunaan kata ‘don’t’ sebagai pernyataan larangan itu sendiri. Biasanya, untuk lebih memperhalus intonasi dan makna, kalimat ini bisa disisipi dengan kata ‘please’

  • Please don’t go anywhere. (Tolong jangan pergi ke mana-mana).
  • Get out of my sight as far as possible! (Pergi dari pandanganku sejauh mungkin!)

Instruksi (Instruction)

Imperative sentence yang berfungsi sebagai instruksi ini biasanya sering ditemukan dalam kemasan sebuah produk. Instruksi ini bertujuan untuk memberi pengarahan dan pencerahan kepada pembaca.

  • External medicine, not for consumption. (Obat luar, tidak untuk dikonsumsi).
  • Best before 22 June 2023. (Baik digunakan sebelum 22 Juni 2023).
  • Combustible material, avoid use above 30 Celcius. (Bahan mudah terbakar, hindari pemakain di atas suhu 30 Celcius).

Invitation

Invitation atau ajakan. Kalimat ini mengandung makna ajakan pada lawan bicara untuk ikut serta dengan ajakan si pembicara.

  • Join me for the party, will you? (Ikut aku pesta, yuk).
  • Come to my graduation party next week. (Datang ke pesta wisudaku ya minggu depan).

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Advice

Advice dalam kalimat imperative mengandung unsur harapan atau perintah agar saran tersebut bisa dijalankan.

  • Extend hope, even though life is full of choices. (Perpanjang harapan, walau hidup penuh pilihan).
  • Spread kindness then you will reap happiness. (Sebar kebaikan, maka kamu akan menuai kebahagiaan).

Request

Request atau permintaan dalam imperative sentence ini juga berkaitan dengan keinginan atau harapan.

  • Have a good day! (Semoga harimu menyenangkan!)
  • Wish you had a best holiday. (Semoga liburanmu menyenangkan).
  • Please, leave me here now. (Tolong tinggalkan aku di sini sekarang).

Imperative sentence memiliki banyak fungsi yang relevan untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari. Karena kamu sudah mengetahui penggunaanya, sekarang kamu bisa menggunakan imperative sentence dengan lebih percaya diri!

Setelah mempelajari imperative sentence, masih banyak loh materi Bahasa Inggris mengenai jenis-jenis clause dan sentence yang bisa kamu pelajari. Yuk daftarkan dirimu di kursus online Bahasa Inggris Cakap! Di Cakap, kamu bisa menemukan sensasi pembelajaran yang menarik dan kreatif.

Baca Juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks