Wajib Tahu! 5 Fakta Menarik Tentang Huruf Kanji Jepang

huruf kanji jepang

Kamu mungkin sudah tahu bahwa huruf kanji merupakan salah satu dari tiga jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang. Huruf kanji berasal dari Tiongkok yang kemudian diformulasikan ke dalam bahasa Jepang. Nah, kali ini akan dibahas beberapa fakta tentang tulisan kanji Jepang yang kamu mungkin belum tahu. Baca sampai selesai ya!

1. Satu kanji memiliki lebih dari satu cara baca

Photo by freepik – freepik.com

Ada dua cara membaca huruf kanji dalam bahasa Jepang, yaitu onyomi (音読み) yang merupakan cara baca serapan dari Tiongkok dan kunyomi (訓読み) adalah cara baca Jepang. Menariknya lagi, satu kanji bisa saja memiliki lebih dari satu onyomi maupun kunyomi!

2. Kanji asli Jepang: Kokuji

Photo by freepik – freepik.com

Meskipun sebagian besar kanji merupakan adaptasi dari hanzi Tiongkok, faktanya Jepang juga memiliki beberapa tulisan kanji original yang disebut kokuji. Oleh karena itu, huruf kanji original Jepang ini umumnya tidak memiliki cara baca onyomi sebagaimana kanji yang berasal dari Tiongkok.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

3. Aturan cara menulis kanji 

Photo by freepik – freepik.com

Hitsujun (筆順) atau Kakijun (書き順) adalah urutan cara penulisan atau urutan coretan pada huruf kanji bahasa Jepang. Dengan mengikuti cara penulisan yang benar, maka huruf kanji akan tertulis dengan sempurna sehingga dapat meminimalisasi salah baca dan salah arti. 

4. Okurigana, bagian kanji yang ditulis dengan hiragana

Photo by freepik – freepik.com

Dalam penulisan huruf kanji bahasa Jepang seringkali kamu akan menemui bagian yang ditulis dengan hiragana. Misalnya pada kanji 祭り (matsuri), di mana huruf り dalam kanji tersebut adalah okurigana dari kanji yang berarti “perayaan” tersebut.

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

5. Furigana, cara baca kanji dalam hiragana

Photo by freepik – freepik.com

Dalam penggunaan sehari-hari, beberapa kanji mungkin sangat jarang digunakan sehingga banyak orang tidak familiar dengan kanji tersebut. Nah, biasanya akan ada bantuan cara baca yang ditulis di atas atau di samping kanji tersebut dengan huruf hiragana yang lebih kecil disebut dengan furigana. 

Setelah membaca kelima fakta di atas, kamu tentunya semakin tertarik untuk mendalami huruf kanji bahkan bahasa Jepang, bukan? Nah, kursus bahasa Jepang online dari Cakap sudah tersedia untuk kamu ambil! Selain belajar dengan sensei secara langsung, kamu juga bisa berdiskusi di Japanese Club untuk membahas beragam topik menarik. Aplikasi Cakap sudah tersedia di Play Store dan App Store, lho! Download sekarang, yuk!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks