10 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris Terbaik

rekomendasi film untuk belajar bahasa inggris
Image by Drazen Zigic on Freepik

Menonton film berbahasa Inggris dapat melatih kemampuan berbahasamu, lho. Mulai dari melatih kemampuan listening, menambah perbendaharaan kata, hingga melihat contoh implementasi berbagai tata bahasa. 

Namun, belajar dengan menonton film akan sangat membosankan bila filmnya sendiri tidak bisa kamu nikmati. Kali ini Cakap akan memberikan rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang nggak hanya  seru, tetapi juga menawarkan nilai lebih untuk mendukung pembelajaranmu. Yuk, baca selengkapnya! 

Table of Contents

Finding Nemo (2003)

finding nemo

Pemeran

: Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould

Penilaian

: 8,2/10 (IMDb), 99% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Disney+ Hotstar, YouTube Movies

Menceritakan kisah petualangan ikan badut bernama Marlin yang penuh kekhawatiran karena sedang berusaha menemukan putranya, Nemo, yang hilang karena ditangkap. Marlin menghadapi rintangan dan bahaya di lautan yang luas untuk menyelamatkan putranya, sementara Nemo berjuang untuk membebaskan dirinya dan kembali ke sang ayah.

Film Walt Disney Pictures ini cocok untuk kamu tonton karena memiliki percakapan yang cenderung mudah dipahami dan mengandung banyak kosakata yang ada di laut. Cocok bila kamu ingin menonton film yang ringan. 

Toy Story (1995)

toy story

Pemeran

: Tom Hanks, Tim Allen, Don Rickles

Penilaian

: 8,3/10 (IMDb), 100% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Disney+ Hotstar, YouTube Movies

Berlatar di suatu dunia di mana setiap mainan memiliki nyawa dan akan hidup ketika tidak ada manusia yang melihat. Woody, boneka koboi favorit Andy, merasa tersaingi ketika Andy membeli mainan astronot baru bernama Buzz Lightyear. Film ini bercerita petualangan Woody dan Buzz yang tersesat hingga bekerja sama untuk kembali ke Andy.

Seperti halnya “Finding Nemo”, film animasi yang ditujukan untuk anak-anak memiliki dialog dan konflik yang tidak rumit sehingga mudah untuk dipahami semua orang. Selain itu, plot yang menarik juga akan membuatmu dapat menikmati film sampai selesai.

Film Serial Harry Potter (2001–2011)

harry potter

Pemeran

: Daniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson

Penilaian

: 7,6/10 (IMDb), 81% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Apple TV, Prime Video, YouTube Movies

Kisah fantasi ini berkisah tentang seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter. Pada usia sebelas tahun Harry mengetahui bahwa dirinya merupakan seorang penyihir dan diterima di Sekolah Sihir Hogwarts. Dalam rangkaian film Harry Potter kita akan dibawa untuk menyaksikan kisah Harry dan teman-temannya menghadapi tantangan dan ancaman dari penyihir jahat. 

Hal mencolok dari dialog pada film ini adalah aksen British yang digunakan oleh para karakter. Kamu dapat melatih kemampuan mendengar aksen British sekaligus mencoba untuk menirukannya, lho. Pada film pertama, Harry dan teman-teman masih anak-anak sehingga kosakata yang digunakan pun relatif lebih mudah untuk pemula. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Sing (2016)

sing

Pemeran

: Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Seth MacFarlane

Penilaian

: 7,1/10 (IMDb), 71% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Netflix, Prime Video, Apple TV, YouTube Movies

Ketika sedang berusaha menyelamatkan teaternya yang hampir bangkrut, koala bernama Buster Moon mengadakan kompetisi menyanyi berhadiah. Berbagai karakter hewan dengan impian dan bakat mereka masing-masing bersaing dalam kompetisi ini sambil menghadapi tantangan dan mengatasi rintangan dalam perjalanan mereka menuju panggung besar.

Selain dialog yang mudah dipahami, film ini cocok untuk ditonton sebagai bahan belajar bahasa Inggris karena setiap karakternya memiliki variasi aksen dan intonasi yang beragam. Lagu-lagu yang muncul pada film musikal ini juga memiliki lirik yang mudah untuk diingat.

Akeelah and the Bee (2006)

Pemeran

: Angela Bassett, Laurence Fishburne, Keke Palmer

Penilaian

: 7,4/10 (IMDb), 86% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Apple TV, Prime Video, YouTube Movies

Seorang gadis muda berbakat bernama Akeelah yang tinggal di lingkungan yang keras di Los Angeles menghadapi tantangan dan keraguan diri ketika memperjuangkan impian akademiknya dengan bergabung dalam kompetisi nasional mengeja atau spelling bee.

Sebagai tema utama film ini, yaitu lomba untuk mengeja kosakata sulit, kamu akan terpapar banyak kosakata baru yang jarang dipakai dalam bahasa sehari-hari. Perjalanannya berlatih juga akan memotivasi kamu untuk belajar lebih giat lagi.

The King’s Speech (2010)

the kings speech

Pemeran

: Colin Firth, Geoffrey Rush, Helena Bonham Carter

Penilaian

: 8/10 (IMDb), 94% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Prime Video, Apple TV, YouTube Movies

Mengangkat kisah nyata Raja George VI dari Britania Raya, yang berjuang untuk mengatasi kesulitan berbicara dan menghadapi tanggung jawabnya sebagai pemimpin di masa krisis. Dalam upayanya untuk memperbaiki pidato publiknya, sang Raja menjalani terapi wicara hingga mampu memberikan pidato yang berkesan untuk warganya. 

Dengan latar kerajaan, film ini banyak menggunakan bahasa Inggris yang formal sehingga dapat membantumu memperluas kosakata yang formal. Perjalanan Raja George VI saat terapi wicara juga menunjukkan banyak contoh pengucapan dalam bahasa Inggris. 

Forrest Gump (1994)

forrest gump

Pemeran

: Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise

Penilaian

: 8,8/10 (IMDb), 76% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Apple TV, Prime Video, YouTube Movies

Di sebuah halte, pria bernama Forrest Gump menceritakan ke orang asing yang ia temui tentang perjalanan hidupnya yang terjadi di tengah-tengah peristiwa bersejarah Amerika. Forrest Gump menemukan cara untuk menjalani hidupnya dengan sederhana dan tulus, sambil memengaruhi orang-orang di sekitarnya dengan cara yang tak terduga.

Aktor Tom Hanks yang memerankan Forrest Gump berbicara dengan pelan sehingga mudah untuk kamu ikuti ceritanya. Selain itu, narasi dari Forrest Gump yang menceritakan kisahnya di masa lalu menjadi contoh penggunaan bentuk kata lampau.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Cast Away (2000)

cast away

Pemeran

: Tom Hanks, Helen Hunt, Paul Sanchez

Penilaian

: 7,8/10 (IMDb), 89% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Netflix, Apple Tv, Prime Video, YouTube Movies

Ketika pesawat yang ia naiki mengalami kecelakaan hingga membuatnya terdampar sendirian di sebuah pulau, film ini menggambarkan bagaimana cara Chuck bertahan hidup dengan persediaan terbatas di alam liar.

Seperti halnya “Forrest Gump”, Tom Hanks yang juga memerankan Chuck di film ini berbicara dengan intonasi yang pelan sehingga mudah dipahami. FIlm ini juga didominasi dengan monolog sehingga tidak ada konflik rumit yang terjadi antarkarakter.

The Social Network (2010)

the social network

Pemeran

: Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake

Penilaian

: 7,8/10 (IMDb), 96% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Netflix, Apple TV, Prime Video, YouTube Movies

Film ini menceritakan pendirian Facebook oleh Mark Zuckerberg dan rekannya di Universitas Harvard. Film ini menggambarkan perjalanan Zuckerberg dari mahasiswa Harvard yang ambisius hingga menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia teknologi.

Dialog dalam film ini banyak menggunakan bahasa sehari-hari serta kosakata seputar bisnis dan teknologi. Latar cerita di lingkungan universitas juga membuatmu belajar bahasa yang digunakan anak muda di Amerika Serikat.

V for Vendetta (2005)

v for vandetta

Pemeran

: Hugo Weaving, Natalie Portman, Rupert Graves

Penilaian

: 8,2/10 (IMDb), 73% (Rotten Tomatoes)

Tersedia di

: Apple TV, Prime Video, YouTube Movies

Berlatar di masa depan di Inggris yang diperintah oleh rezim otoriter. Seorang pria misterius yang mengenalkan diri sebagai “V” memulai misi balas dendam terhadap pemerintah yang korup dengan menggunakan taktik terorisme yang mengesankan dan simbolisme yang kuat.

Film ini patut untuk ditonton sebagai bahan belajar bahasa Inggris karena tokoh V memiliki pemilihan kata yang unik dan khas ketika berbicara. Kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang kurang umum digunakan orang.

Lewat film-film di atas, Sobat Cakap dapat meningkatkan keterampilan bahasa dengan cara yang menyenangkan. Di luar belajar bahasa Inggris, setiap film juga menawarkan pelajaran berharga tentang budaya dan kehidupan. Menyenangkan, bukan? 

Apabila kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang nggak kalah menyenangkan, Cakap punya kelas bahasa Inggris dengan pengajar yang bisa kamu ajak diskusi mengenai film-film di atas. Dengan jadwal kelas yang fleksibel, kamu akan tetap punya banyak waktu untuk menonton film kesukaanmu. Yuk, daftar sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat