Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

Musik adalah salah satu bentuk seni yang paling mudah diakses di dunia. Kamu dapat menikmatinya karena musik dapat membuatmu merasa bahagia, sedih, atau rileks ketika didengarkan. Tetapi tahukah kamu bahwa musik juga merupakan cara yang bagus untuk belajar bahasa Inggris?

Untuk menghormati Hari Musik Nasional, Cakap akan mengajakmu untuk berbicara tentang musik untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggrismu. Jika kamu berencana untuk belajar bahasa Inggris, atau telah belajar, musik dapat menjadi hal yang berharga untuk mengembangkan keterampilan bahasa Inggris. Tapi bagaimana mungkin?

Di bawah ini adalah daftar lagu-lagu yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu:

Perkuat kemampuan menyimak dan perkaya kosakatamu

Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu
sumber: giphy

Saat mendengarkan lagu, kamu akan mendengar kosakata baru yang belum pernah terdengar sebelumnya atau kamu dapat memperhatikan beberapa kata yang digunakan dalam konteks yang berbeda dengan makna yang berbeda. Mendengarkan satu lagu baru per minggu, kamu dapat mempelajari kosakata dan frasa baru dari 52 lagu dalam setahun.

Misalnya, mendengarkan lagu seperti “7 Days” oleh Craig David adalah cara yang bagus untuk menghafal nama hari-hari dalam percakapan. Latihan ini juga akan membantu otakmu agar menjadi lebih baik dalam mendengar bahasa Inggris.

Berbicaralah seperti penduduk asli

Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu
sumber: giphy

Lirik lagu berisi bahasa gaul, metafora, dan simbolisme yang mungkin tidak digunakan dalam bahasa sehari-hari. Namun, kamu dapat mempelajari tata bahasa untuk situasi informal dari lagu dan akronim yang dapat digunakan dalam pesan teks atau terminologi khusus Internet.

Baca Juga
Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu
sumber: giphy

Setelah mempelajari liriknya, kamu dapat berlatih pelafalan dan mengeksplorasi aksen yang berbeda. Aksennya tergantung pada negara tetapi juga pada area penyanyi yang berasal. Bernyanyi akan membantumu mempelajari pelafalan kata yang benar dan juga akan membantumu mengingat kosakata baru dengan mudah.

Kamu dapat mencobanya dengan lirik lagu “Oh My God” oleh Mark Ronson dan Lily Allen dengan aksen bahasa Inggris yang kental, tentu saja, jika Kamu mendengarkannya terus-menerus dapat membantumu belajar pelafalan bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris Online, di CAKAP Aja!

Peka terhadap kesalahan tata bahasa

Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

 

sumber: giphy

Jika kamu memiliki mata tajam untuk kesalahan, kamu dapat menemukan banyak kesalahan tata bahasa yang digunakan dalam lagu. Kadang-kadang penyanyi perlu menyesuaikan lirik dengan irama lagu sehingga mereka mengambil kebebasan untuk berkreativitas dan sengaja menggunakan kesalahan tata bahasa. Cara ini sangat bagus untuk membantu pengetahuan tata bahasa yang kamu miliki.

Misalnya, dalam lirik lagu Lady Gaga berjudul “Bad Romance.” mengatakan, “I want your love and. I want your revenge. You and me can write a bad romance” padahal yang benar adalah “You and I”

 

Belajar tentang budaya Inggris dan Amerika

Playlist Keren untuk Belajar Bahasa Inggris Lewat Lagu

 

sumber: giphy

Musik juga dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran budaya. Banyak lagu berbicara tentang kisah-kisah hebat dan dapat mengajarkan tentang banyak hal seperti cinta, kehidupan, tradisi, sejarah, filsafat, sastra, dan banyak lagi. Salah satu contoh yang baik dari bercerita melalui lagu adalah “Hurricane,” sebuah kisah indah tentang olahraga, rasisme dan sejarah yang diceritakan oleh Bob Dylan dan dia mendapatkan Hadiah Nobel untuk Sastra karena itu.

Untuk membantumu belajar bahasa Inggris melalui lagu, buatlah sebuah daftar putar atau playlist sehingga kamu tidak perlu memilih lagu setiap kali ingin belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya, jangan khawatir, kamu dapat mengunjungi daftar putar dari Cakap di Spotify untuk membantumu belajar bahasa Inggris dari lagu-lagu di sini. Yang harus Kamu lakukan adalah mendengarkan, belajar, dan menghafal.

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google