Arti Confess ke Crush dalam Bahasa Gaul yang Populer di Medsos

confess ke crush
Image by wayhomestudio Freepik

Berani confess ke crush kamu ngga? Sobat Cakap pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “confess ke crush” yang kerap sering digunakan di media sosial, bukan? Kata “confess” dan “crush” adalah istilah gaul dalam bahasa Inggris yang identik dengan perasaan dan percintaan. Lantas apa sih arti keduanya? Temukan pembahasannya dalam artikel ini, ya!

Table of Contents

Arti Kata Confess

Kata kerja bahasa Inggris confess berarti “mengaku” dan kata bendanya disebut dengan confession atau “pengakuan”. Kata ini memiliki beberapa makna seperti mengakui dosa atau mengakui kesalahan. Meski demikian, dalam konteks ini, kata confess  dalam bahasa gaul bahasa Inggris memiliki makna menyatakan sesuatu hal seperti fakta atau perasaan yang sedikit memalukan untuk diakui. 

Contoh kalimat: 

  • I must confess that I was surprised but I played it cool.
    Aku harus mengakui bahwa aku terkejut, tapi aku berusaha tenang. 
  • I don’t think that she will confess her true feelings to Tom.
    Aku tidak berpikir bahwa dia akan mengakui perasaannya yang sebenarnya pada Tom. 

Arti Kata Crush

Sementara itu, kata bahasa inggris crush sebagai kata kerja berarti “menghancurkan” atau “merembukkan”. Meski demikian, crush dalam “confess ke crush” adalah kata benda yang berarti seseorang yang disukai tetapi belum berada dalam hubungan spesial. Kata ini berasal dari istilah bahasa Inggris, had a crush on someone yang artinya “menyukai seseorang”. 

Contoh kalimat: 

  • He clearly had a crush on Jennie.
    Dia jelas menyukai menyukai Jennie. 
  • I’d crush on you so long, but on and on you get me wrong. (Obvious, Westlife).
    Aku sudah menyukaimu sejak lama, tetapi kamu terus-menerus salah paham. 

Arti Confess ke Crush

Nah, dengan penjelasan di atas, kamu pasti sudah bisa mengira-ngira apa artinya “confess ke crush” dong! Confess artinya “mengaku” dan crush artinya “orang yang disukai”, sehingga “confess ke crush” artinya adalah mengakui perasaan kepada orang yang disukai. 

Biasanya pengakuan ini hanya berupa pernyataan suka tanpa disertai ajakan untuk pacaran, terutama di Indonesia. Oleh karena itu, confess berbeda dengan istilah bahasa Indonesia “menembak” yang lebih identik dengan ajakan berpacaran. 

Meski demikian, beberapa orang juga melakukan “confess ke crush” dengan harapan diajak pacaran oleh orang disukai. Ada pula yang melakukan confess dan disertai ajakan untuk menjalin hubungan spesial kepada orang yang menerima pernyataan tersebut. 

Cara Confess ke Crush

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyatakan perasaan atau confess ke crush tanpa harus membuat situasi menjadi awkward, antara lain

  1. Secara langsung dan sekasual mungkin
  2. Menulis surat dan memintanya membaca langsung
  3. Membuat playlist spotify berisi ungkapan perasaan
  4. Mengungkapkan perasaan saat deep talk 
  5. Mengungkapkan perasaan dengan penampilan lagu

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah jangan hanya mengungkapkan perasaan lewat chat, karena terkesan tidak serius dan tidak berani. Hindari juga confess ke crush dengan heboh, seperti di keramaian, karena tidak semua orang akan menyukai hal tersebut. 

Kata-kata keren untuk Confess ke Crush

Jika kamu ingin mengungkapkan perasaan tanpa terdengar cringe, kamu harus bisa memilih kata-kata yang tepat dan mengungkapkannya pada momen yang tepat. Berikut adalah beberapa kata-kata bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan: 

  • “What would you say if I told you I like you?”
  • “This may come as a surprise, but I’ve developed feelings for you.”
  • “I know we’ve always been really good friends, but I think I should tell you that lately I’ve been thinking about more than just friendship.”
  • “I like you. In a big, more-than-friends kind of way.”
  • “No pressure, but if you’re free this weekend I’d love to go on a date with you.”

Nah, demikianlah penjelasan arti istilah “confess ke crush” serta cara dan kata-kata yang bisa kamu gunakan untuk melakukannya. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat Cakap yang membutuhkan, ya!

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.