Cara Membuat Tanda Tangan di Word, Mudah dan Anti Ribet

cara tanda tangan di word

Pada era yang serba digital ini, konsep paperless mulai diterapkan dalam berbagai dokumen. Karena itu, kerap kali kita diharuskan menambahkan tanda tangan digital di Word. Hal ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi para pekerja kantoran.

Namun, sebagai dari kamu mungkin masih bingung bagaimana cara menambahkannya. Nah, bagian yang belum paham, pada artikel kali ini, kamu akan belajar mengenai cara tanda tangan di Word. So, bagaimana cara mudahnya? Yuk, simak di sini!

Table of Contents

Cara Tanda Tangan di Word

Kini, tanda tangan digital banyak diterapkan, mengingat era digital semakin terdepan dan beberapa perusahaan mulai mencanangkan konsep paperless. Tidak hanya bisnis saja, namun dalam akademik, pengetahuan ini juga dibutuhkan. Simak tutorialnya berikut ini:

1. Siapkan File Tanda Tangan

Cara membuat tanda tangan di Word yang pertama adalah buat file tanda tangan di latar kosong. Kamu bisa menuliskannya di kertas dengan bolpoin kemudian foto dengan HP atau langsung melalui fitur gadget, seperti note dan disimpan sebagai gambar.

2. Scan File Tanda Tangan dan Simpan dalam Device

Kemudian, cara memasukkan tanda tangan ke Word adalah memindai tanda tangan tersebut dengan aplikasi scanning dan pindahkan hasil scan ke laptop.

3. Buka Dokumen yang Ingin Ditandatangani di Word

Pilihlah dokumen yang akan dimasukkan tanda tangan dan buka di Microsoft Word. Tunggu sampai Word menampilkan isi dokumen secara utuh.

4. Buat Kolom Khusus Menempatkan tanda Tangan agar Rapi

Agar dokumen lebih rapi, kamu bisa menambahkan kolom atau tabel untuk menempatkan tanda tangan. Cara membuat kolom tanda tangan di Word dengan mengklik menu Insert kemudian Table. Lalu, atur table dengan settingan no border. 

5. Pilih Menu Insert > Pictures

Untuk memasukkan gambar tanda tangan sebelumnya, kamu bisa menuju menu Insert dan klik Pictures pada sisi atas Microsoft Word. Lalu, pilihlah gambar tanda tangan yang sudah tersimpan lalu klik Insert.

6. Pilih Menu Format

Klik gambar tanda tangan kemudian klik tools Picture Format untuk mengatur tampilan foto/gambar. 

7. Pilih Color dan Set Transparent Color

Masih pada menu Format, atur tampilan gambar sesuai dengan ketentuan atau keinginan kamu. Pilihlah fitur Color dan Set Transparent Color untuk menghilangkan background pada gambar tanda tangan.

Warna kertas pada foto biasanya tidak sama dengan latar kertas Microsoft Word sehingga jika tidak dihilangkan akan mengganggu. Untuk itu, cara tanda tangan di Word perlu memperhatikan pengaturan warna juga. Pada menu Color, pilihlah Recolor dan klik Black and White agar terlihat natural.

8. Atur Posisi dengan Rapi

Setelah background dihilangkan dan tampilan tanda tangan rapi, maka cara tanda tangan di Word yang terakhir adalah mengatur posisi serta tata letaknya. 

Klik ikon Layout (bergambar seperti tapal kuda) kemudian pilih posisinya mau antara teks, antara spasi, depan atau belakang teks. Namun biasanya, untuk memudahkan pengaturan, lebih baik memilih posisi di belakang teks.

Cara Tanda Tangan di Word Melalui HP

Cara Tanda Tangan di Word Melalui HP

Source: Unsplash

Hal utama yang perlu kamu miliki adalah aplikasi Microsoft Word di HP. Sebenarnya, cara-cara dasarnya sama dengan di PC. namun, jika tidak terbiasa membuka Word di HP mungkin akan bingung. Untuk itu, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Download Aplikasi Microsoft Word

Untuk memasukkan tanda tangan, kamu harus memiliki aplikasi Microsoft Word. kamu bisa mengunduhnya di App Store atau Google Play Store secara gratis.

2. Siapkan File Tanda Tangan

Sama seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa menyimpannya di kertas manual atau membuat tanda tangan melalui aplikasi note di gadget.

3. Buka Microsoft Word dan Pilih Dokumen yang Akan Diberi Tanda Tangan

Buka Microsoft Word dan pilih dokumen yang akan diberi tanda tangan. Tampilan Word pada PC dan HP memang berbeda, pun dengan lokasi menu-menunya.

4. Klik Ikon Pensil pada Menu Bagian Atas

Ikon tersebut menandakan bahwa kamu ingin mengedit dokumen.

5. Pilih Ikon Tanda Panah Bawah di Atas Keypad

Ikon tersebut akan menampilkan pilihan menu seperti Home, Insert, dan sebagainya.

6. Pilih Menu Insert > Pictures

Jika belum dirubah, maka otomatis akan menampilkan menu Home, merubah pilihan menu ke Insert lalu pilih Pictures.

7. Masukkan dan Atur File Tanda Tangan

Jika menggunakan HP, pastikan kamu membuat gambar file tanda tangan dengan background putih sesuai kerta di Word. Hal ini karena aplikasi Microsoft Word di HP tidak dilengkapi fitur Color dan Set Transparent Color. Setelah memasukkan gambarnya, atur posisi tanda tangan hingga pas.

Tingkatkan Skill-mu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Cara Membuat Garis Tanda Tangan di Word

Terkadang di beberapa dokumen, antara tanda tangan dan nama terang dipisahkan dengan garis. Apakah kamu tahu cara membuatnya? Simak langkahnya di sini.

  1. Pilih ikon signature line pada menu Insert.
  2. Isi data seperti nama, jabatan dan email pada kolom Signature Setup.
  3. Klik OK jika semua data sudah terisi dengan benar. 
  4. Tampilan tanda tangan sudah ter-set dengan garis. 

Itulah penjelasan mengenai cara tanda tangan di Word, serta cara menyimpannya. Nah, kini kamu sudah memahaminya bukan? So, tidak perlu bingung lagi kalau diminta tanda tangan digital.

Dalam dunia kerja, kemampuan mengoperasikan Microsoft tools menjadi basic skill yang dibutuhkan. Nah, agar mahir menggunakannya, kamu bisa mengikuti pelatihan Microsoft Word untuk kerja dan bisnis di CAKAP Upskill sekarang juga #SiapaCakapDiaDapat.

Referensi

  • Skill Academy
  • Katadata
  • Dewa Web

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.