Cara Menghapus Halaman Kosong di Word dengan Mudah

cara menghapus halaman di word

Setelah belajar cara membuat tabel di Excel, hari ini kita akan belajar tentang cara menghapus halaman di Ms. Word dengan mudah.

Meskipun penggunaannya cukup mudah, namun salah satu masalah yang sering terjadi saat menggunakan Word adalah adanya muncul halaman kosong atau page break yang berlebih.

Halaman kosong yang ada di dokumen Word bisa berada di tengah atau di akhir. Halaman kosong tersebut bisa sengaja ditambahkan, misalnya dengan menyisipkan melalui Page Break di tab Insert  (Ctrl + Enter).

Atau yang tidak disengaja seperti halaman kosong di akhir dokumen karena penekanan tombol non – printing character seperti Enter yang tidak disadari.

Terdapat beberapa cara  menghapus halaman kosong di Word. Simak bacaan berikut untuk mengetahui cara mudahnya, ya!

Menghapus Halaman Kosong di Halaman Awal

Berikut cara menghapus halaman kosong di Word yang berada di awal halaman:

  1. Klik bagian pojok kanan bawah halaman. Lalu tekan tombol delete atau backspace pada keyboard sampai halaman tersebut berhasil dihapus.
  2. Jika halaman berada di akhir dokumen, tekan CTRL+ End + Backspace untuk langsung menuju ke halaman terakhir.
  3. Setelah itu, hapus halaman tersebut dengan menekan tombol delete atau backspace pada keyboard.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

Menghapus Halaman Kosong di Halaman Tengah

Untuk menghapus halaman kosong di halaman tengah dalam dokumen Ms. Word, kamu dapat menggunakan fitur Navigation Pane. Berikut cara menghapus halaman kosong di Word yang berada di tengah halaman:

1. Klik tab View, lalu pada kolom kelompok Show beri tanda centang dalam kotak yang bertuliskan Navigation Pane.

cara menghapus halaman di word

2. Bila di sidebar Navigation kemudian muncul di sebelah kiri yang menampilkan thumbnail dari semua halaman. Klik Page, gunakan slider untuk menemukan halaman kosong, klik pada halaman kosong untuk menyeleksi lalu klik tombol delete atau backspace untuk menghapusnya.

cara menghapus halaman di word

Psst, Ini Cara Mahir Berbahasa Inggris dari Rumah!

Menghapus Page Break

Page break di Word adalah fitur yang memperbolehkan pengguna untuk memulai konten di sebuah halaman baru berikutnya. Secara default, page break adalah karakter yang tidak tercetak atau non-printing character dan tersembunyi.

Untuk menampilkan page break, kamu dapat klik tab Home, lalu pada kelompok paragraph klik ikon Paragraph Mark.

Kemudian untuk menghapusnya (Page Break), lakukan double click Page Break untuk menyeleksi dan kemudian tekan tombol delete atau backspace.

Menghapus Halaman Kosong di Akhir

Berikut cara menghapus halaman kosong di Word yang berada di akhir halaman:

  1.  Di dalam dokumen Ms. Word, klik tab Home lalu dalam group paragraph, selanjutnya pilih dan klik Show/Hide kemudian klik Ctrl + SHIFT + 8.
  2. Setelah itu akan muncul simbol-simbol bagian kosong karena memang tugas dan fungsi tombol diatas adalah untuk menampilkan halaman yang kosong.
  3. Setelah itu, klik Ctrl + END agar kita dapat langsung ke halaman akhir yang ada di akhir dokumen.
  4. Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah sorot simbol yang menunjukkan halaman kosong tadi lalu klik delete atau backspace untuk menghapusnya.
  5. Jika terdapat dua atau lebih halaman kosong, maka kamu bisa menggunakan tombol Ctrl + SHIFT + End. Ini digunakan untuk menyorot semua halaman kosong yang ada di baris mulai dari posisi kursor hingga baris paling akhir yang ada di Word.

Itu dia cara menghapus halaman kosong di Word dengan mudah yang bisa kamu gunakan. Halaman kosong dalam dokumen dapat berada di awal, tengah maupun akhir dokumen. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih salah satu cara diatas yang paling sesuai ya!

Selain kemampuan mengoperasikan Ms. Office, masih banyak skill yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam merekrut karyawan. Untuk itu, kamu bisa belajar mengenai berbagai skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan di Cakap Upskill. Yuk, ikut kelasnya, gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks