Ini Cara Jawab “Alasan Bergabung dengan Perusahaan”

alasan bergabung dengan perusahaan

Dalam melakukan interview, tentu peluru yang paling sering ditembakkan kepada pelamar adalah tentang ‘alasan bergabung dengan perusahaan’. Pertanyaan mudah namun sangat menentukan nasibmu.

Bagi pewawancara atau perekrut, pertanyaan tersebut sangat penting karena dengan begitu mereka dapat mengetahui tujuan, ekspektasi serta antusiasmu terhadap perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, kamu wajib mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum menghadapi interview. Simak artikel ini sebagai bekal untuk wawancaramu!

Tips Menjawab Pertanyaan ‘Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?’

source: giphy.com

Pertanyaan tersebut sebenarnya mudah untuk dijawab,  namun seringkali kita kebingungan sendiri mencari cari cara dan alasan untuk menyampaikannya pada pewawancara.

Bagi beberapa orang malah sebaliknya yaitu mereka menganggap bahwa ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Tidak semua pewawancara akan menanyakan hal ini, tapi tidak ada salahnya jika kamu mulai menyiapkan jawab terbaik, bukan?

Berikut tips cerdas bagi kamu untuk menjawab pertanyaan tersebut:

  1. Menunjukkan antusiasme dengan fokus pada keunggulan perusahaan yang berkaitan dengan kelebihan atau keunggulan mu.
  2. Menjelaskan dan menghubungkan antara keahlian serta pengalaman kerjamu dengan posisi yang dilamar.
  3. Yakinkan pewawancara bahwa pekerjaan tersebut sangat penting dikaitkan dengan tujuan untuk membangun karir yang cemerlang.

Contoh Jawaban Untuk Menjawab Pertanyaan Diatas

source: giphy.com

Berikut dibawah ini, kami lampirkan beberapa contoh jawaban yang dapat menjawab kebingungan mu terhadap pertanyaan diatas. Simak dengan seksama ya!

“I applied for a job here because this company is one of the best companies and be able to compete in this sector”

“Saya melamar kerja disini karena perusahaan ini  merupakan salah satu perusahaan yang terbaik dan mampu bersaing dalam sektor ini”.

Sebelum menjawab seperti ini, ada baiknya jika kamu melakukan riset terhadap perusahaan terlebih dahulu. Selain itu kamu juga dapat menambahkan alasan yang mengatakan bahwa kamu memiliki potensi untuk berkembang di perusahaan ini.

“When I saw this company opening vacancies and with the skills and work experience I had, I wanted to take part in the development and success of this company”.

“Saat melihat perusahaan ini membuka lowongan dan dengan kemampuan serta pengalaman kerja yang saya miliki, saya ingin ikut ambil peran dalam pembangunan dan kesuksesan perusahaan ini”.

Melalui jawaban ini, maka disini kamu sedang berusaha untuk menunjukkan kepada pewawancara bahwa dirimu memiliki keahlian yang mereka butuhkan. Dengan menceritakan secara singkat tentang pengalaman mu, tetaplah fokus pada kemampuanmu sebagai kuncinya.

“Being part of this company is one of the things that I want because through this company and position it can give me space and a place to work and build a career to make it even better”.

“Menjadi bagian dari perusahaan ini adalah salah satu hal yang saya inginkan, karena melalui perusahaan dan posisi ini dapat memberikan saya ruang dan tempat untuk berkarya dan membangun karir agar semakin bagus”.

Berusahalah untuk menunjukkan seberapa besar ketertarikan dan keinginan mu untuk bergabung dengan perusahaan ini. Kamu dapat memberikan keterangan yang jelas bahwa potensi yang kamu miliki dapat disalurkan ke perusahaan ini untuk dikembangkan. Tapi ingat, jangan berlebihan ya!

Kesalahan yang Umum Terjadi saat Menjawab

source: giphy.com

Ada beberapa akibat yang sering terjadi apabila kamu lalai dan tidak serius dalam menjawab pertanyaan ini. Cari tahu apa aja supaya kamu ngga jatuh ke lubang yang sama.

Jawaban Terlalu Umum

Yang dimaksudkan adalah kamu sebagai pelamar memberikan jawaban yang sangat umum, dimana hal yang disebutkan berlaku untuk semua perusahaan (tidak spesifik).

Dengan memberikan jawaban yang umum maka kamu telah membuat perekrut menganggap bahwa kamu adalah tipe orang yang tidak bisa dipercaya.

Belum Melakukan Riset

Seperti yang telah disebutkan diatas pada contoh jawaban pertama, jika kamu kurang atau bahkan tidak melakukan riset sama sekali maka sudah pasti kamu akan kesulitan untuk menemukan dan mengungkapkan keunggulan dari perusahaan yang kamu lamar.

Hal yang terlihat simple namun dapat berperan besar dalam merusak peluang dan kesempatan mu untuk bekerja di perusahaan idamanmu.

Tidak Terlihat Antusias

Hindarilah jawaban serta sikap yang sangat jelas menunjukkan bahwa kamu tidak antusias. Hal ini tentunya akan membuat pewawancara berpikir lagi tentang niat dan keinginan mu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Peringatan keras bagi kamu supaya dapat menghindari jawaban ‘perusahaan ini sedang membuka lowongan’ dan ‘saya dalam kondisi sangat membutuhkan uang’.

Persiapkan dirimu dengan maksimal sebelum mengikuti tes wawancara supaya kamu nggak gelagapan atau grogi ketika menjawab pertanyaan. Kamu juga bisa bekali diri dengan belajar mengenai interview dalam bahasa Inggris, itu dapat menjadi point plus bagimu.

Kalau kamu belum lancar, kamu bisa belajar bahasa Inggris di Cakap. Pastinya kamu bakal fasih bak native speaker karena diajar sama guru profesional. So, tunggu apa lagi? Kalau nggak sekarang, kapan kamu mau Makin Cakap?

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google