Cakap Upskill: Tips Tingkatkan Produktivitas secara Maksimal

cara praktis tingkatkan produktivitas

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin kamu sudah sering mendengar kata produktif atau produktivitas. Bahkan, ketika bekerja, seringkali seseorang dituntut untuk menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. 

Apa sih sebenarnya produktivitas itu? Lalu, bagaimana ya untuk jadi lebih produktif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari? Simak selengkapnya seputar produktivitas yang telah dibahas dalam webinar Cakap Upskill Practical Tips to Increase Productivity, yuk!

Apa itu Produktivitas?

Produktivitas adalah kemampuan perusahaan, kelompok, atau individu untuk bekerja secara efisien dalam kurun waktu tertentu. Untuk menjadi produktif, diperlukan kemampuan perencanaan yang cerdas dan usaha yang terfokus.

Kalau kamu gimana nih, Sobat Cakap? Apakah kamu sudah produktif dalam kehidupan sehari-hari? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas, lho. Mulai dari menyortir pekerjaan hingga membuat jadwal tertentu untuk membuka gadget. 

Nah, webinar kali ini terinspirasi dari buku Practical Tips to Increase Productivity yang disusun oleh pembicara, pak Ronny Siagian. Wah, keren banget kan, dapat tips langsung dari sang coach yang berpengalaman di bidangnya! Yuk, cari tahu tips-tipsnya dibawah ini!

Jadikan Dirimu Makin Berkembang dan Terampil Bersama Cakap Upskill

Cara Meningkatkan Produktivitas

Ciptakan Tempat Kerja yang Nyaman

Sebelum mulai bekerja, kamu perlu mempersiapkan tempat kerja yang nyaman dan lengkap. Tempat kerja yang nyaman dapat membuat suasana hati lebih baik dan membantumu untuk lebih fokus pada pekerjaan. Tempat kerja yang lengkap juga membuatmu menghemat waktu agar tidak mencari-cari barang yang belum dipersiapkan.

Menyortir Pekerjaan

Ketika kamu dihadapkan dengan berbagai jenis pekerjaan, kamu perlu memilah kerjaan mana yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Buatlah daftar pekerjaan, kemudian mulai dari pekerjaan yang paling penting untuk dilakukan. Kamu bisa menggunakan membuat to-do list secara manual maupun menggunakan aplikasi agar lebih mudah.

Multitasking pada Pekerjaan yang Ringan

Ketika pekerjaan sudah terdaftar, seringkali ada tenggat waktu yang hampir sama. Disinilah diperlukan keterampilan untuk mengelola pekerjaan. Namun, perlu kamu ingat, lakukan multitasking hanya pada kerjaan yang ringan saja seperti mengunduh file, menduplikasi file, dan lain-lain. Jangan multitasking pada pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

Fokus

Lakukanlah pekerjaanmu secara fokus. Ketika kamu fokus, inspirasi dan kreatifitas pasti mengalir. Kamu bisa meningkatkan fokusmu dengan caramu sendiri seperti dengan mendengarkan lagu, dan lain sebagainya. Apapun pekerjaanya, jika dilakukan dengan fokus, akan menghasilkan sesuatu yang bagus.

Hindari Distraksi

Saat bekerja, seringkali seseorang terdistraksi dengan hal-hal yang lain, terutama dalam handphone. Matikanlah notifikasi jika tidak ada sesuatu yang penting dan mendesak. Kamu bisa menyediakan waktu khusus untuk membuka notifikasi dan gadget setelah atau sebelum bekerja.

Itu dia beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas. Kamu juga bisa menambah produktivitasmu dengan belajar berbagai hal baru di Cakap Upskill, lho! Ada banyak kursus yang bisa kamu ambil mulai dari bisnis, parenting, soft skills, dan masih banyak lagi. Yuk, download  aplikasi Cakap sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.