Temukan Bunga Sakura di 4 Negara Asia Tenggara!

bunga sakura

Bunga sakura memang identik dengan negara Jepang. Tapi, apa artinya kamu harus ke negara matahari terbit untuk foto-foto bareng bunga pink tersebut? Surprisingly, bunga sakura juga bisa kamu nikmati di berbagai negara, mulai dari negara di benua Eropa, Amerika, hingga Asia.

Wah, kenapa bisa begitu? Nggak hanya sushi, animasi studio ghibli, dan anime yang sudah tersebar di banyak negara, begitu pula bunga sakura. Benih bunga sakura banyak didistribusikan ke berbagai negara, seperti Taiwan, Myanmar, Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Bunga sakura dapat tumbuh di negara yang bersuhu rendah atau sejuk.

Percaya nggak, kalau bunga sakura juga bisa ditemukan di negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia? Nggak harus jauh-jauh lagi ke Jepang, ini dia negara-negara ASEAN yang bisa kamu kunjungi untuk nikmatin bunga sakura!

Thailand

source: giphy.com

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Thailand di bulan Desember hingga Februari, masukan melihat bunga sakura ke dalam bucket list  kamu! Di Provinsi Chiang Mai yang terletak di bagian utara Thailand, kamu dapat menemukan bunga sakura di kota kecil bernama Khun Chang Kian. 

Memang agak jauh dari ibukota Bangkok. Hal ini karena suhu udara di Chiang Mai lebih dingin dibandingkan kota lain di Thailand sehingga membuat bunga sakura bisa tumbuh. Bunga sakura di Thailand dikenal sebagai nang phaya sua krong. Kamu bisa menemukan kecantikannya di Khun Chang Khian Highland Agriculture Research Centre di Chiang Mai.

Selain lebih dekat dibanding Jepang, lebih murah untuk pergi ke Thailand bukan?

Vietnam

source: giphy.com

Berfoto dengan bunga sakura cocok di pagi hari dengan cahaya matahari pagi dan sore hari dengan cahaya matahari golden hour. Dua waktu tersebut merupakan waktu yang pas untuk melihat bunga sakura di Da Lat, Vietnam. Bunga sakura akan hadir di Da Lat pada bulan Januari-Februari. 

Selain di Da Lat, kamu juga bisa menemukan bunga sakura di bagian utara Vietnam, di daerah bernama Ha Giang. Selain terkenal dengan bunga sakuranya, Ha Giang juga terkenal dengan keindahan alamnya. Kamu juga bisa menemukan bunga plum putih di berbagai jalanan di Ha Giang.

Singapura

source: giphy.com

Kali ini justru lebih dekat lagi dari Indonesia. Setiap bulan Maret, Singapura mengadakan “Sakura Matsuri Festival” di Gardens at Bay. Kamu bisa menemukan lebih dari 20 jenis bunga sakura di sini.

Dalam “Sakura Matsuri Festival”, kamu juga bisa menikmati upacara minum teh, kios makanan jalanan ala Jepang, dan juga pertunjukkan budaya. Buat kamu penggemar budaya populer Jepang, kamu bisa menikmati pertunjukkan J-Pop, menonton anime, dan berfoto dengan cosplayer.

Indonesia

source: giphy.com

Yup, bunga sakura juga bisa kamu temukan di negara kita lho. Salah satu provinsi di Indonesia yang bisa ditumbuhi oleh bunga sakura adalah Jawa Barat, tepatnya di Cibodas. Kamu dapat melihat bunga sakura di Cibodas pada bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Bunga sakura di Cibodas merupakan bibit yang pertama kali ditanam di Indonesia, yaitu pada tahun 1953. Udara Cibodas yang dingin cocok untuk pertumbuhan bunga sakura. Selain di Cibodas, bunga sakura juga dapat ditemukan di beberapa provinsi lainnya di Indonesia, yaitu di Bali dan Nusa Tenggara Timur.

  Bunga sakura selalu menjadi salah satu wisata Jepang yang wajib dikunjungi. Di Jepang sendiri, bunga sakura menyimbolkan harapan dan rasa syukur akan kehidupan. Yang menjadikannya semakin unik adalah bunga yang satu ini cepat gugur sehingga terbatas banget waktu untuk mengaguminya!
Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google