Mengenal Kata Ganti “Aku” & Kata Ganti Lainnya dalam Bahasa Mandarin

bahasa-mandarin-aku

Kata ganti atau pronomina adalah kata yang sering ditemukan dan digunakan dalam suatu bahasa, baik lisan maupun tulisan. Apa sih fungsi dari kata ganti itu sendiri? Secara sederhana, kata ganti berfungsi untuk menghindari pengulangan nama orang, benda, dan tempat dalam suatu dialog atau tulisan. Kali ini, kamu akan berkenalan dengan kata ganti dalam bahasa Mandarin, terutama kata ganti aku. Kira-kira apa ya bahasa Mandarin-nya aku dan kata ganti lainnya yang biasa digunakan?

Without further ado, yuk langsung saja simak materi dasar bahasa Mandarin tentang kata ganti “aku” dan kata ganti lainnya! Check this article out!

Bahasa Mandarin Aku

 

kata-ganti-bahasa-mandarin
Photo by Gpointstudio from Freepik

Kalau dalam bahasa Indonesia, kamu mungkin mengenal kata ganti “aku, saya”. Kata ganti “aku” sendiri merupakan kata ganti yang digunakan untuk subjek orang tunggal. Dalam bahasa Mandarin, kata “aku” memiliki beberapa variasi yang bisa digunakan. Inilah bahasa Mandarin-nya aku!

我 (Wǒ)


Bahasa Mandarin-nya “aku” yang pertama adalah 我 (Wǒ). Kata 我 (Wǒ) dapat berarti aku dan saya. Kata ganti tersebut dapat digunakan untuk setiap situasi dan percakapan lisan, jadi tidak ada hirarki formal atau informal yang mengharuskanmu menggunakan atau tidak menggunakan kata 我 (Wǒ). 
Contoh:
我爱你 (wǒ ài nǐ).
Aku cinta kamu / aku cinta padamu.

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

我 的 (Wǒ de)


Selanjutnya ada 我 的 (Wǒ de). Bahasa Mandarinnya “aku” yang satu ini digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Jadi, jika kamu ingin menyatakan suatu benda atau apa pun sebagai milikmu, kamu bisa menggunakan kata 我 的 (Wǒ de).
Contoh:
这 个 包 是 我 的 (Zhè ge bāo shì wǒ de).
Tas ini milikku.

我 自 己 (Wǒ zì jǐ)


我 自 己 (Wǒ zì jǐ) adalah
kosakata bahasa Mandarin yang memiliki arti “saya sendiri”. Kamu bisa menggunakan kosakata ini untuk mengatakan bahwa dirimu sendirilah yang melakukan atau menyatakan sesuatu.
Contoh:
我 自 己 喜 欢 (Wǒ zì jǐ xǐ huān).
Saya sendiri menyukainya.

本人 (Běn rén)


Jika tadi sudah mengenal bahasa Mandarin aku yang dapat digunakan dalam konteks percakapan lisan, maka saatnya mengenal 本 人 (Běn rén), kata ganti aku dalam bahasa Mandarin yang hanya digunakan sebagai bahasa tulis.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Kata Ganti Orang dalam Bahasa Mandarin

 

aku-dalam-bahasa-mandarin
Photo by Gpointstudio from Freepik

Nah, setelah memahami beberapa variasi bahasa Mandarinnya kata “aku”. Sekarang saatnya kenalan dengan kata ganti bahasa Mandarin yang lainnya. Simak baik-baik tabel berikut, ya!

你 (Nǐ)

Kamu (lelaki atau perempuan)

您 (Nín)

Anda

你 们 (Nǐ men)

Kalian

他  (Tā)

Dia (laki-laki)

她 (Tā)

Dia (perempuan)

她 们 (Tā men)

Mereka 

我 们 (Wǒ men)

Kami

Gimana? Sekarang sudah tahu bukan apa bahasa Mandarin-nya aku dan kata ganti orang dalam bahasa Mandarin lainnya? Yuk, belajar bahasa Mandarin lebih dalam lagi di kursus bahasa Mandarin online Cakap! Di sina kamu bisa belajar bareng teachers profesional dan bisa praktik conversation langsung. Dijamin kemampuan bahasa Mandarinmu akan semakin meningkat!

Baca Juga: