50 Istilah Bahasa Jaksel Kekinian yang Perlu Kamu Tahu

bahasa-jaksel

Well, literally gue lebih prefer nongkrong di cafe ini, tempatnya cozy banget. Siapa sih yang nggak tahu bahasa Jaksel? Salah satu ragam bahasa ini kerap kali memunculkan istilah-istilah bahasa Inggris gaul dalam sebuah percakapan. Bisa dibilang kalau percakapan dalam bahasa Jaksel merupakan campur kode antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Salah satu istilah bahasa Jaksel yang paling populer adalah “literally”. Di samping kosakata itu, masih ada puluhan bahasa Jaksel terkenal lainnya. 

Biar nggak kalah gaul dan tetap eksis di tongkrongan, yuk stay tuned dan cari tahu apa itu bahasa Jaksel, asal-usulnya, dan beragam kosakata populernya!

Table of Contents

Apa Itu Bahasa Jaksel?

Beberapa tahun ke belakang, ada sebuah fenomena bahasa yang eksis hingga kini, yaitu bahasa Jaksel. Disebut bahasa Jaksel karena bahasa tersebut muncul di wilayah selatan Jakarta atau lebih tepatnya Jakarta Selatan. Yap, bener banget bahasa ini berkembang dan populer digunakan dikalangan anak-anak muda daerah Jakarta Selatan. Bisa dikatakan bahwa bahasa Jaksel adalah bahasa gaul yang kerap kali digunakan para generasi milenial.

Peran globalisasi dan kecanggihan teknologi tentunya menjadi dua di antara banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan bahasa gaul yang satu ini. Kalau kamu ingin bisa mempraktikkan bahasa Jaksel, maka kamu harus menguasai dulu beberapa kosakata-kosakata bahasa Inggris. Jika dilihat dari sisi positif, sebenarnya bahasa Jaksel ini bisa membantumu meng-improve bahasa Inggris kamu lho.

Bahasa Jaksel Paling Populer

Di bawah ini, terdapat kumpulan istilah bahasa Jaksel yang paling populer dan menjadi salah satu ikon dari bahasa itu sendiri.

(1) Literally

Literally sangat identik dan merupakan kosakata ikonik ala anak Jaksel. Kosakata yang satu ini seakan menjadi hal basic yang harus kamu gunakan ketika ingin menggunakan bahasa Jaksel. Kata “literally” sendiri memiliki arti “secara harfiah”,”arti sebenarnya”, dan “bukan konotasi”.

(2) Which is

Which is atau yang kerap dilafalkan menjadi “wicis” ini juga termasuk kosakata yang paling sering muncul kalau anak Jaksel lagi ngobrol. Kosakata ini memiliki arti “yang mana” dan “di mana”.

(3) Basically

Selanjutnya ada basically! Kosakata ini biasanya muncul di depan atau awal sebuah kalimat/percakapan ketika akan menjelaskan sesuatu. Kata basically memiliki arti “pada dasarnya”.

(4) Ghosting

Siapa nih yang pernah di-ghosting? Berbicara soal ghosting, kamu sudah tahu belum apa arti sebenarnya dari istilah itu? Istilah yang populer di media sosial tersebut digunakan untuk menyebut orang yang suka ngilang tiba-tiba tanpa ngasih penjelasan dan kepastian.

(5) Honestly

Honestly merupakan kata bahasa Inggris yang berarti “jujur” atau “sejujurnya”. Seiring waktu, kata ini digantikan dengan variasi lain perpaduan bahasa Indonesia dan Inggris, yaitu “jujurly”. 

Daftar Istilah Bahasa Jaksel Lainnya

Top five bahasa Jaksel di atas rasanya belum cukup buat kamu yang ingin kenal lebih jauh tentang bahasa yang satu ini. So, yuk lanjut simak daftar istilah bahasa Jaksel lengkap, mulai dari kosakata sehari-hari, hingga kosakata unik yang berhubungan dengan dunia percintaan dan dunia kerja semuanya ada!

 

Istilah Bahasa Inggris ala Jaksel

Arti dalam Bahasa Indonesia

Like-Unlike

Seperti-tidak seperti

Prefer

Lebih suka

Better 

Lebih baik

Normally 

Secara normal

Somehow 

Bagaimanapun 

While 

Sementara 

End up

Akhiri 

That is 

Itu adalah 

Surely 

Pastinya, tentunya

You know 

Kamu tahu

Probably 

Mungkin 

Actually 

Sebenarnya 

Whereas 

Sedangkan 

Make sure

Pastikan 

Supposed 

Diperkirakan 

Confirm 

Konfirmasi 

Because why

Karena kenapa

Denial 

Menyangkal 

Assess 

Menilai 

Seldom 

Jarang 

Ever 

Pernah 

Figuratively 

Secara kiasan

Perhaps later 

Mungkin nanti

The point is

Pada intinya

Hence 

Oleh sebab itu

Not yet

Belum 

Confuse 

Membingungkan 

Surely 

Pastinya 

Attitude 

Sikap 

Red flag 

Bendera merah (saat menjalin hubungan)

Gaslighting 

Manipulatif (memanipulasi keadaan)

Couple goals

Pasangan panutan

Love language

Bahasa cinta

Healthy relationship

Hubungan sehat

Toxic relationship

Hubungan yang tidak sehat

Bro mens

Persahabatan dua laki-laki

Bestie

Sahabat/teman baik (untuk perempuan)

Strict parents

Orang tua yang tidak memberi kebebasan

Clingy 

Tergantung (bergantung)

Split bill

Patungan (berbagi tagihan)

Emotional abuse

Memanipulasi melalui ancaman

Overwork 

Terlalu banyak pekerjaan

Overwhelm 

Berlebihan 

Hectic 

Sibuk sekali

Personal space

Ruang pribadi

Brainstorming 

Curah pendapat/mencari ide bersama

Anxiety 

Cemas/kecemasan 

Mental health

Kesehatan mental

Self love 

Cinta diri sendiri

Sandwich generation 

Generasi sandwich (berada di antara generasi muda dan tua)

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai apa itu bahasa Jaksel dan beberapa kosakata-kosakata populernya. Berbekal dengan daftar di atas, sekarang kamu bisa nongkrong bareng teman dengan bahasa gaul ala Jaksel.

Nah, buat kalian yang ingin lebih jago lagi berbahasa Inggris dan memahami materi-materinya, yuk gabung di kelas bahasa Inggris online Cakap!

Referensi:
-anstiki.ac.id
-senora.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.