9 Macam-macam Genre Film Populer yang Movie Hunter Wajib Tahu

genre-film

Jangan ngaku pencinta film kalau kamu cuma tahu genre film horor dan komedi, karena faktanya ada begitu banyak genre yang ada di dalam dunia perfilman. Buat kamu para movie hunter, wajib hukumnya untuk lebih mengeksplor lagi genre film lainnya. Kira-kira ada apa saja ya? Ada nggak genre film yang sama sekali belum pernah kamu kenal sebelumnya? Yuk, langsung saja check it out!  

Table of Contents

Pengertian Genre Film

Kata genre berasal dari bahasa Perancis yang berarti “jenis” atau “kategori”. Dalam KBBI, genre sendiri diartikan sebagai jenis, tipe, bentuk, ragam, dan rumpun. Genre film adalah kelompok yang mengkategorikan film berdasarkan elemen naratif dan gayanya. 

Adanya genre dalam sebuah film dapat membantu menentukan perwatakan karakter, latar, plot, dan nada. Genre juga dapat memudahkan para penulis naskah dan pembuat film dalam menentukan produksi dan menyusun naskah.

Banyaknya genre yang ada dalam sebuah film dapat memberikan pilihan bagi para penonton agar mereka tidak hanya menonton film-film yang monoton.

Perbedaan Tema dan Genre

Tema dan genre adalah dua hal yang sering dirasa sama, namun keduanya berbeda. Perbedaan tema dan genre salah satunya bisa dilihat dari definisi berikut. Tema adalah dasar cerita, pokok pikiran, inti, dan topik utama yang dipakai sebagai dasar mengarang sebuah cerita. Sedangkan genre merupakan kesepakatan sebuah cerita yang dapat dilihat dari ciri-ciri, pola, dan jenis atau kategori film apa yang nantinya akan dibuat.

Apa yang Dimaksud dengan Sub Genre?

Dalam dunia perfilman, dikenal juga istilah sub genre. Apa itu sub genre? Sub genre adalah gaya pembuatan film yang berbeda yang termasuk ke dalam kategori suatu genre film yang luas. Singkatnya, sub genre adalah pengembangan dari genre film tertentu.

Misalnya, sebuah film memiliki genre komedi, maka dari genre komedi tersebut dapat muncul beberapa sub genre, seperti black komedi, romantic komedi, dll.

Macam-Macam Genre Film dan Contohnya

Yuk, kenalan dengan jenis-jenis genre film mulai dari yang paling familiar hingga yang cukup jarang dijumpai di bioskop!

(1) Komedi

Siap nih yang suka nonton film komedi? Genre film ini menampilkan sandiwara ringan yang penuh dengan kelucuan. Tak jarang juga scene-scene lucu dalam film komedi ternyata bersifat satire atau menyindir. Genre film ini termasuk ke dalam kategori drama ria yang biasanya memiliki akhir cerita bahagia. Beberapa genre film komedi yang terkenal di Indonesia adalah film Cek Toko Sebelah, Warkop DKI Reborn, Srimulat, dll.

(2) Horor

Kalau genre film yang satu ini disarankan untuk si pemberani yang bisa nonton film tanpa teriak dan tutup mata selama di bioskop. Genre film horor menampilkan elemen-elemen yang menimbulkan perasaan ngeri atau takut yang amat sangat. Genre film horor ini memiliki beberapa sub genre, yaitu comedy horor dan supranatural horor. Contoh film horor yang paling terkenal adalah The Nun, Pengabdi Setan, The Ring, Insidious, The Conjuring, dll.

(3) Romance atau Romantis

Nah kalau genre film yang satu ini cocok banget buat para couple atau pasangan yang sedang dimabuk asmara. Genre film romantis menampilkan cerita romance atau love story. Ada banyak cerita cinta yang dibangun dalam genre romantis, seperti pengorbanan, perselingkuhan, pernikahan, dan berbagai macam hambatan yang pada akhirnya dapat menguatkan cinta kedua pasangan. Contoh film genre romantis yang paling terkenal adalah Dilan, Ada Apa dengan Cinta, dll. 

(4) Animation

Akhir-akhir ini genre film animasi sangat gencar dibicarakan. Genre film ini menyajikan bentuk rangkaian gambar yang digerakkan secara mekanik dan elektronis sehingga tampak bergerak. Beberapa film dengan genre animasi yang paling terkenal adalah Inside Out, Shaun The Sheep Movie, A Silent Voice, dan Coco.

(5) Drama 

Genre drama menampilkan kisah cerita yang melibatkan konflik dan emosi. Biasanya, skenario yang muncul dalam genre ini erat kaitannya dengan kehidupan nyata sehari-hari. Drama memiliki beberapa sub genre, yaitu drama sejarah, drama kostum, dll. Contoh film terkenal dengan genre ini adalah film The Godfather.

(6) Action

Film dengan genre action identik dengan adegan bergerak cepat, seperti perkelahian, kejar-kejaran, pahlawan super, atau bahkan bela diri. Genre ini cocok untuk kamu yang suka adegan laga dan aksi. Beberapa sub genre dari genre film action adalah action-comedy, martial arts, spy film, superhero, dll. Film-film Indonesia sekarang juga sudah banyak menampilkan genre action, lho. Beberapa yang paling terkenal adalah The Raid, Gundala, dll.

(7) Fantasi

Fantasi termasuk ke dalam genre film yang menayangkan aksi magic, khayalan, fiksi, dan imajinasi. Genre film ini bersifat spekulatif, namun tidak terikat dengan kenyataan atau fakta ilmiah. Salah satu film genre fantasi yang paling terkenal adalah serial film Harry Potter.

(8) Thriller

Selanjutnya ada genre film thriller. Meskipun sama-sama menampilkan adegan yang mengerikan, namun genre ini berbeda dengan genre horor. Thriller memadukan antara misteri dan ketegangan. Beberapa contoh film genre thriller adalah A Quiet Place, Parasite, dll.

(9) Westerns

Kamu pernah dengar atau pernah menonton genre film ini sebelumnya? Walaupun jarang ditemukan dalam dunia perfilman Indonesia, namun genre film ini cukup eksis, lho. Biasanya genre ini menyuguhkan cerita orang barat yang berperan sebagai koboi atau penembak jitu. Contoh film dengan genre western adalah film Unforgiven.

So guys, itu dia pemaparan lengkap tentang genre film, jenis-jenis genre film, dan perbedaanya dengan tema. Sekarang pastinya kamu sudah tahu dong ya kalau ada begitu banyak movie genre yang tersedia dan bisa dinikmati para movie hunter dan movie lovers.

Referensi:
-masterclass.com
-filmsite.org

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.