Arti Tho (Though) dan Cara Menggunakannya

tho artinya

Jika kamu sering scrolling down sosial media, pasti kamu pernah beberapa kali melihat kata tho ada di meme. Kata ini merupakan bentuk informal dari kata ‘though’ dan menjadi bagian dari bahasa slang Inggris. Jadi wajar rasanya jika anak muda banyak menggunakannya.

Meski begitu, masih banyak lho yang gagal paham sama arti kata tho. Kalau kamu salah satunya, di sini kamu bisa cari tahu tho artinya apa dan bagaimana cara menggunakannya. Ayo cek penjelasannya di bawah ini!

Apa Artinya Tho?

source: giphy.com

Tho (though) merupakan adverb(kata keterangan) atau conjunction (kata sambung). Dalam bahasa Indonesia, tho artinya adalah namun, meskipun, atau meskipun demikian. Tho memiliki persamaan kata, yaitu however, despite this, although, nevertheless.

Kesalahan yang sering terjadi ketika menggunakan kata tho adalah menempatkannya di awal kalimat. Jika menempatkannya di awal kalimat, maka kalimat tersebut terkesan terlalu formal dan tidak natural untuk percakapan sehari-hari.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Belajar Bisa Sambil Rebahan!

Cara Menggunakan Kata Tho

source: giphy.com

Baik sebagai adverb maupun conjunction, tho berfungsi untuk menyatakan pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Kata ini ditempatkan di tengah atau di akhir sebuah kalimat sehingga membuat pernyataan sebelumnya menjadi kurang kuat atau kurang penting.

Tho di Akhir Kalimat

Tho di akhir kalimat merupakan tho yang berfungsi sebagai adverb (kata keterangan). Untuk menggunakan kata ini, maka kamu harus membuat pernyataan yang bertentangan dengan pertanyaan sebelumnya. 

Berikut rumus kalimatnya:

Independent clause [S + Predicate (V +/- modifier +/- complement)] + Independent clause [S + Predicate (V +/- modifier +/- complement) + tho

Contoh kalimat:

English is tough. Learning with Cakap is easy tho. (Bahasa Inggris itu susah. Namun belajar dengan Cakap itu mudah)

Independent clause adalah sebuah kalimat yang di dalam predikatnya terdapat komponen-komponen lain sehingga membentuk sebuah pemikiran. Contohnya seperti, modifier dan complement.

Kamu bisa saja tidak menggunakan kata ‘tho’ pada kalimat contoh di atas, namun menambahkan kata ‘tho’ di akhir kalimat membuat kemampuan bahasa Inggris terasa lebih advance

Nah, terkadang kamu juga melihat native speakers menambahkan kata ‘but’ di tengah kalimat, sehingga membentuk kalimat seperti berikut:

English is tough, but learning with Cakap is easy tho. (Bahasa Inggris itu susah. Namun belajar dengan Cakap itu mudah)

Mengapa kata ‘tho’ tetap dipakai jika sudah ada kata ‘but’? Yap, fungsi keduanya sama yaitu untuk menyatakan pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Namun, kata ‘tho’ di atas berfungsi sebagai penekanan.

Tho di Tengah Kalimat

Tho di tengah kalimat merupakan tho yang berfungsi sebagai conjunction. Jika kamu menggunakan tho sebagai conjunction, maka kamu dapat menggantinya dengan ‘as tho’ atau ‘even tho’. Keduanya memiliki makna yang sama dengan tho sebagai conjunction

Berikut rumus kalimatnya:

Independent clause [S + Predicate (V +/- modifier +/- complement)] + adverbial clause (tho + S + V)

Contoh kalimat:I love my bike even tho I rarely use it. (Aku menyukai sepedaku meskipun aku jarang menggunakannya)

Psst, Ini Cara Cepat Mahir Bahasa Inggris dari Rumah!

Tho di Meme

Pernahkah kamu melihat meme ‘dat face tho’ atau apapun itu yang memiliki akhiran kata tho? Pada kebanyakan meme, pernyataan yang diakhiri kata ‘tho’ tidak diawali dengan sebuah pertanyaan. Padahal, pada penjelasan di atas tho berfungsi untuk menyatakan pertentangan dengan pernyataan sebelumnya. Lalu, apa artinya?

Tho di dalam meme artinya adalah suatu hal yang sangat impresif atau mengesankan. Contohnya, ketika kamu dan temanmu sedang melihat foto-foto aktor dan temanmu memberikan komentar, “that smile tho”. Itu artinya temanmu sedang mengomentari senyum seorang aktor yang indah atau mengesankan.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkap seputar tho atau bahasa gaul Inggris lainnya, kamu bisa gabung kursus bahasa Inggris di Cakap. Bersama tutor profesional berpengalaman, kamu bakal belajar bahasa Inggris secara LIVE, sehingga kamu bisa melatih kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks