Otsukaresama, Ucapan Selamat Bekerja dalam Bahasa Jepang

otsukaresama

Bekerja atau kuliah di Jepang sudah menjadi mimpi sejuta umat. Wajar rasanya jika melihat kualitas pendidikan dan perkembangan ekonomi Jepang yang terus meningkat. Nah, untuk menggapai mimpimu ini, kamu bisa mulai dengan belajar kosakata bahasa Jepang.

Contohnya seperti ketika kamu bekerja di Jepang atau di perusahaan Jepang, kamu perlu mengetahui frasa お疲れ様 (otsukaresama). Frasa ini adalah ucapan terima kasih dalam bahasa Jepang. Namun, kamu tahu apa arti sebenarnya? Cari tahu di bawah ini, yuk!

Arti Otsukaresama

Secara harfiah, kata 疲れ (tsukare) dari frasa お疲れ様 (otsukaresama) memiliki arti capek atau kecapekan. Sehingga, otsukaresama adalah frasa yang digunakan untuk menunjukkan rasa terima kasih atas kerja keras rekan kerjamu.

Tidak hanya dunia bisnis, frasa otsukaresama pun dapat digunakan oleh suatu kelompok yang bergerak ke tujuan yang sama. Contohnya seperti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, grup hobi, dan lain sebagainya.

Waktu yang Tepat untuk Mengucapkan Otsukaresama

Kamu bisa mengucapkan otsukaresama di beberapa situasi berikut ini:

1. Setelah Bekerja

Mengucapkan otsukaresama setelah bekerja merupakan situasi yang paling umum. Frasa yang dapat kamu pakai adalah お疲れ様でした (otsukaresama deshita) yang artinya adalah terima kasih atas usaha dan kerja keras yang diberikan. 

Frasa otsukaresama deshita merupakan bentuk lampau dari otsukaresama desu. Frasa ini bersifat formal sehingga dapat digunakan siapa pun, baik atasan kepada bawahan atau sebaliknya.

お疲れ様でした 

otsukaresama deshita

Terima kasih atas usaha yang diberikan

Psst, Ini Cara Mudah Nonton Anime tanpa Subtitle!

2. Saat Tiba di Kantor

Selain diucapkan pada hari akhir kerja, kamu juga bisa mengucapkan otsukaresama di awal hari. Frasa yang dapat kamu pakai adalah お疲れ様です (otsukaresama desu) yang artinya adalah selamat bekerja.

Sama dengan otsukaresama deshita, frasa ini bersifat formal sehingga dapat digunakan siapa pun. Ucapan ini juga bisa kamu pakai lho ketika mengakhiri sebuah presentasi atau menghargai usaha rekan kerjamu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

お疲れ様です

otsukaresama desu

Selamat Bekerja

Itu dia arti otsukaresama, sebuah ucapan selamat bekerja dalam bahasa Jepang. Kamu masih bisa memperkaya kosakata bahasa Jepang dengan ikut kelas bahasa Jepang di Cakap. Di sana, kepercayaan dirimu dalam berbahasa Jepang akan meningkat karena diajar tutor profesional secara langsung.

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks