Cuan, Istilah Bisnis Orang Hokkian yang Populer

arti cuan

“Wah cuan banget nih!” pasti kamu pernah dengar kalimat itu ketika teman kamu lagi beli barang diskon. Kalau kamu penggemar film, mungkin pernah denger kalimat “hidup ya harus cuan” di film Filosofi Kopi.

Yap, cuan. Kata yang banyak orang pakai belakangan ini. Jika dilihat di google trend, tren kata cuan terus beranjak naik sejak tahun 2015 lho. Nah biar gak kelamaan, yuk kita kupas soal istilah ini!

Arti Cuan

source: giphy.com

Cuan merupakan kata yang diserap dari bahasa Hokkien yang memiliki arti untung. Cuan awalnya digunakan oleh orang Hokkian ketika suatu keadaan sedang berpihak padanya. 

Bahasa Hokkien merupakan salah satu cabang bahasa di Taiwan tepatnya di Provinsi Fujian. Pada jaman dahulu, orang Hokkian banyak yang merantau ke berbagai negara salah satunya Indonesia.

Istilah cuan bisa mendarat di Indonesia karena telah terjadi akulturasi budaya dari orang Hokkian di Indonesia. 

Selain cuan, masih ada beberapa kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Hokkien. Contohnya seperti bakso, siomay, cawan, encang, encing, guci, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Asal Mula Gabut, Mager, dan Baper, Kenapa Bisa Populer ya?

Cuan, Istilah Bisnis dan Istilah Gaul

source: giphy.com

Cuan memang erat kaitannya dengan dunia bisnis. Istilah cuan bisa menjadi salah satu istilah bisnis karena pada jaman dulu orang Hokkian banyak yang menjadi pedagang. 

Kini istilah cuan juga sering dipakai para trader. Seiring perkembangan jaman, angka pemain dunia saham semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan kata cuan semakin sering lalu lalang di kuping orang Indonesia. 

Saat ini, kata cuan juga populer di kalangan anak muda sehingga cuan menjadi salah satu istilah gaul di dekade ini. Nah karena cuan telah menjadi istilah gaul, para marketer menggunakan istilah tersebut saat memasarkan produk agar lebih relate dengan anak muda.

Baca Juga: 20 Slang Bahasa Inggris Sering Muncul di Internet

Nikmati Cuan tiap Ajak Teman Gabung CAKAP,

Cari Tau Caranya Sekarang Juga!

“Hidup ya Harus Cuan”

source: giphy.com

Salah satu penggalan kalimat dari film Filosofi Kopi ini digadang-gadang sebagai awal mula kata cuan menjadi populer di kalangan anak muda. Namun bagaimana sih hidup yang cuan itu?

Hidup yang cuan berarti kamu bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari usaha yang kamu keluarkan. Prinsip hidup ini bisa kamu coba lho di Cakap. Dengan mengajak teman gabung Cakap, kamu bisa dapetin banyak keuntungan. Salah satunya voucher belanja senilai 250.000.

So kalau hidup kamu mau cuan, coba CAKAPin Temanmu. Cuman ngajak doang bisa dapet keuntungan yang berlipat ganda. Yuk ajak temanmu sekarang juga!

banner bahasa asing

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google