Arti Cuan dalam Bahasa Gaul dan Istilah Bisnis dari Orang Hokkian

arti cuan

“Wah cuan banget nih!” pasti kamu pernah dengar kalimat itu ketika teman kamu lagi beli barang diskon. Kalau kamu penggemar film, mungkin pernah denger kalimat “hidup ya harus cuan” di film Filosofi Kopi.

Yap, cuan. Kata yang banyak orang pakai belakangan ini. Jika dilihat di google trend, tren kata cuan terus beranjak naik sejak tahun 2015 lho. Nah biar gak kelamaan, yuk kita kupas soal istilah ini!

Arti Cuan dalam Bahasa Indonesia

Cuan adalah kata yang diserap dari bahasa Hokkien yang memiliki arti untung. Cuan awalnya digunakan oleh orang Hokkian ketika suatu keadaan sedang berpihak padanya. 

Bahasa Hokkien merupakan salah satu cabang bahasa di Taiwan, tepatnya di Provinsi Fujian. Pada jaman dahulu, orang Hokkian banyak yang merantau ke berbagai negara salah satunya Indonesia.

Istilah cuan bisa mendarat di Indonesia karena telah terjadi akulturasi budaya dari orang Hokkian di Indonesia. 

Selain cuan, masih ada beberapa kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Hokkien. Contohnya seperti bakso, siomay, cawan, encang, encing, guci, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Asal Mula Gabut, Mager, dan Baper, Kenapa Bisa Populer ya?

Arti Cuan dalam Bahasa Gaul dan Istilah Bisnis

Cuan memang erat kaitannya dengan dunia bisnis. Istilah cuan adalah salah satu istilah bisnis, sebab pada zaman dulu orang Hokkian banyak yang menjadi pedagang. 

Kini istilah cuan juga sering dipakai para trader. Seiring perkembangan zaman, angka pemain dunia saham semakin tinggi. Hal ini mengakibatkan kata cuan semakin sering lalu lalang di kuping orang Indonesia. 

Selain itu, istilah cuan juga populer di kalangan anak muda sehingga membuatnya menjadi salah satu istilah gaul di dekade ini. Nah, karena cuan telah menjadi istilah gaul, para marketer menggunakan istilah tersebut saat memasarkan produk sehingga relate dengan anak muda.

Cuma Perlu Daftar Cakap, Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari

“Hidup ya Harus Cuan”

Salah satu penggalan kalimat dari film Filosofi Kopi ini digadang-gadang sebagai awal mula kata cuan menjadi populer di kalangan anak muda. Namun bagaimana sih hidup yang cuan itu?

Hidup yang cuan artinya kamu bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari usaha yang kamu keluarkan. Prinsip hidup ini bisa kamu coba lho di Cakap. Dengan mengajak teman gabung Cakap, kamu bisa dapetin banyak keuntungan.

So, kalau hidup kamu mau cuan, coba CAKAPin Temanmu. Cuman ngajak doang bisa dapet keuntungan yang berlipat ganda. Yuk ajak temanmu sekarang juga!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat